Beauty

6 Vitamin Ini Dapat Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat

  by: Kissy Aprilia       10/11/2019
  • Sudah mencoba berbagai produk skincare anti jerawat, namun tidak menghasilkan efek positif pada kulit? Cosmo sarankan kamu untuk memaksimalkan pengobatan tersebut dengan perawatan dari dalam tubuh. Berikut jenis-jenis vitamin berbentuk suplemen yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi masalah jerawat. 





    Vitamin E 

    Produk skincare yang mengandung vitamin E terkenal efektif untuk melembapkan kulit, mengurangi peradangan, serta menyamarkan noda hitam. Akan tetapi, mengonsumsi vitamin E dari dalam juga sama pentingnya jika kamu sedang dalam masa pengobatan jerawat, karena vitamin E mengandung antioksidan yang baik untuk kulit.


    Zinc

    Salah satu penyebab munculnya jerawat pada kulit adalah inflamasi. Mengonsumsi suplemen zinc secara teratur dapat menghindari masalah tersebut, karena zinc memiliki sifat anti peradangan dan telah terbukti dapat mengatasi jerawat. Zinc juga terkenal ampuh sebagai obat jerawat low cost yang efektif dan tidak memiliki efek samping.


    Omega-3 dan Asam Lemak Omega-6

    Kulit berjerawat seringkali dikaitkan dengan kurangnya asam linoleat (asam lemak omega 6) di dalam tubuh, dan faktanya, kandungan tersebut memang benar-benar berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dalam waktu 10 minggu, baik omega-3 atau asam lemak omega-6 akan menghasilkan penurunan inflamasi yang signifikan, dan artinya akan mengurangi tampilan jerawatmu




    Probiotik dan Prebiotik

    Dalam beberapa tahun ini, probiotik (mikroorganisme hidup) dan prebiotik (baketri baik) menjadi tren positif di dunia kesehatan. Kedua senyawa ini memberikan manfaat baik di dalam tubuh, salah satunya adalah menetralkan stres oksidatif (kelebihan kapasitas radikal bebas), mengurangi inflamasi, bahkan membuat mood menjadi lebih baik. Dan menurut studi penelitian, seluruh manfaat probiotik dan prebiotik ini berpengaruh positif untuk mengobati jerawat. Why don’t you try?


    Astaxanthin

    Tidak familier dengan astaxanthin? Senyawa ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Astaxanthin banyak ditemukan dalam suplemen kesahatan dan terbukti bermanfaat untuk kecantikan kulit, bahkan mengurangi garis-garis halus, flek hitam, dan tentu saja: inflamasi penyebab jerawat. 


    Vitamin A

    Turunan vitamin A, seperti retinol, seringkali digunakan dalam produk perawatan jerawat. Kandungan ini tidak hanya mampu mengurangi peradangan, tapi juga mencegah pengendapan sel-sel kulit mati dan penyumbatan pori-pori. Jika memiliki masalah jerawat yang cukup parah, gunakan vitamin A topikal, namun pastikan kamu tidak menggunakan secara berlebihan karena dapat membuat kulit kering dan terbakar. 


    (Kissy Aprilia, images: Julian Schröpel on Unsplash)