Better You

Sakit Flu? Konsumsi 8 Makanan Berikut Agar Cepat Pulih

  by: Alexander Kusumapradja       13/11/2019
  • Ladies, memasuki cuaca yang tak menentu antara panas dan hujan seperti saat ini berarti kita harus bersiap menghadapi ancaman flu yang mengintai. Bersikap preventif memang lebih baik dengan makan teratur, istirahat yang cukup, dan berolahraga. Namun bagaimana bila flu tetap berhasil hinggap? Selain istirahat dan minum obat, kita juga harus menjaga asupan makanan yang dapat memperkuat sistem imunitas tubuh.

    Walaupun saat terserang flu seringkali kita mengalami gejala kurang nafsu makan, namun justru di saat ini lah peranan makanan sangat penting untuk kesembuhan kita. Tak hanya menjadi sumber energi, pilihan makanan yang tepat dapat membantu tubuh kita melawan gejala penyakit dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah rekomendasi makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi bila kita terserang flu.




    1. Kaldu

    Entah terbuat dari ayam, sapi, atau sayuran, kaldu merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi ketika flu. Selain rasanya enak, kaldu mengandung kalori, vitamin, dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat, dan fosforus.

    Karena bentuknya yang cair, kaldu dapat mencegah dehidrasi dan suhunya yang hangat dapat meringankan rasa nyeri di tenggorokan dan napas yang terasa mampat. Kaldu menjadi salah satu pilihan terbaik ketika perut terasa tidak enak atau kamu merasa kurang enak menyantap makanan padat.

    Salah satu yang harus diperhatikan ketika membeli kaldu yang tersedia di toko adalah memilih kaldu dengan kandungan sodium yang rendah karena biasanya kaldu memiliki kandungan garam yang tinggi.


    2. Sup ayam

    Salah satu rekomendasi wajib untuk dikonsumsi orang yang sedang sakit ini menggabungkan manfaat yang terkandung dalam kaldu dengan bumbu-bumbu tambahan. Ayam yang dipotong-potong dapat memberikan asupan zat besi dan protein, sementara sayuran pelengkap seperti wortel, seledri, kentang memperlengkap nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam kadar besar ketika sedang sakit. Kita bisa menyantap sup ayam selama terkena flu atau demam untuk menjaga asupan nutrisi sekaligus mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang ketika kita buang air kecil atau berkeringat. Sebuah riset juga mengungkap bahwa sup ayam lebih efektif dalam mencairkan ingus di hidung dibanding cairan lainnya karena temperaturnya yang hangat melegakan pernapasan serta menghangatkan tubuh. Namun sekali lagi, perhatikan kadar garamnya ya. 


    3. Teh hangat

    Sama seperti sup ayam, teh hangat juga bermanfaat sebagai dekongestan alami yang mampu meringankan kongesti nasal atau hidung tersumbat akibat lendir. Teh juga mengandung polifenol, senyawa alami dalam tumbuhan yang punya banyak manfaat kesehatan dari mulai antioksidan, anti peradangan, hingga anti kanker. Salah satu polifenol yang terdapat dalam teh adalah tannin yang tak hanya berkhasiat sebagai antioksidan tapi juga memiliki manfaat anti virus, anti bakteri, dan anti jamur. 


    4. Bawang putih

    Tak hanya mempersedap masakan, bawang putih juga telah dimanfaatkan sebagai obat alternatif sejak lama. Suplemen bawang putih dapat memperkuat daya tahan tubuh dan meringankan gejala flu dengan cepat. Tak harus dalam bentuk suplemen, dalam bentuk mentah pun bawang putih pun tak kalah bermanfaat. Karena sifatnya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, mengonsumsi bawang putih bisa menjadi salah satu cara melawan flu ketika gejalanya muncul.


    5. Yogurt

    Selain mendinginkan kerongkongan yang terasa nyeri ketika flu, kandungan bakteri baik dalam yogurt juga dapat memperkokoh sistem imunitas tubuh. Yogurt menyediakan sekitar 150 kalori dan 8 gram protein per gelas selain juga kaya akan kalsium, vitamin, dan mineral. Probiotik dalam yogurt dapat membantu baik anak kecil maupun orang dewasa menjadi tidak mudah terserang flu dan sembuh lebih cepat saat sakit.


    6. Buah-buahan bervitamin C

    Vitamin C telah dikenal sebagai nutrisi penting yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang sangat dibutuhkan ketika kita sakit. Walaupun sudah banyak diproduksi dalam bentuk suplemen, namun vitamin C yang berasal dari makanan segar yang kita santap punya khasiat yang lebih alami dan aman. Beberapa buah yang tinggi akan vitamin C adalah stroberi, tomat, dan tentu saja, jeruk.




    7. Sayuran hijau

    Bayam, kangkung, hingga kol daun (kale) dapat memperkuat kekebalan saat kamu terserang flu karena kandungan vitamin, mineral, dan serat di dalamnya. Selain disantap mentah sebagai salad dengan cipratan minyak zaitun dan lemon atau dimasak bersama telur sebagai omelet, kamu juga bisa memblender sayuran hijau tersebut dengan campuran buah untuk dijadikan smoothie yang baik dikonsumsi selama sakit untuk mempercepat pemulihan. Sayuran hijau juga telah diteliti memiliki khasiat antibakteri dan antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan dan melawan peradangan.


    8. Oatmeal

    Semangkuk oatmeal panas adalah pilihan comfort mood yang tepat ketika sedang sakit. Oatmeal, seperti biji-bijian lainnya adalah sumber alami dari vitamin E yang mampu memperkuat imunitas dan juga mengandung antioksidan polifenol serta serat beta-glukan yang memperkuat kekebalan tubuh. Riset menunjukkan beta-glukan dapat meredakan peradangan dalam sistem pencernaan dan meringankan gejala seperti diare, kram perut, dan perut kembung. Hindari oatmeal olahan pabrik dengan tambahan gula yang berlebih dan ganti dengan sedikit madu atau buah untuk tambahan manfaat. 


    Apa yang harus dihindari?

    Setelah tahu apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, mengetahui apa saja yang harus dihindari saat sedang flu juga sama pentingnya. Hindari beberapa menu di bawah ini ketika flu:

    Alkohol. Memperburuk sistem kekebalan dan menyebabkan dehidrasi.

    Minuman berkafein. Minuman kafein seperti kopi, teh hitam, dan soda dapat membuat kamu merasa dehidrasi dan mengandung gula.

    Makanan keras dan garing. Keripik, biskuit renyah, kerupuk dan makanan lain dengan tekstur serupa dapat memperparah batuk dan membuat kerongkongan terasa sakit.

    Makanan olahan. Entah itu junk food cepat saji atau makanan instan olahan pabrik, semakin diolah, semakin sedikit nutrisi yang terkandung di dalamnya. Saat terserang flu, tubuh kita secara alami akan berusaha melawan bakteri agar sembuh, karena itu penting bagi kita untuk membantu proses tersebut dengan cara mengonsumsi makanan yang bernutrisi.


    (Alex K / Image: Toa Heftiba on Unsplash)