Better You

Ini 6 Aroma Khas Vagina yang Wajib Kamu Kenali!

  by: Giovani Untari       13/11/2019
  • We always proud with our Miss Cheerful, right? Uniknya, Miss Cheerful juga ternyata mengeluarkan wangi khas yang menjadi indikator kondisi kesehatan kamu. Temukan beberapa “kode” aroma Miss Cheerful kamu di sini!

    Beberapa advertising mengenai produk khusus Miss Cheerful kerap membentuk persepsi atas Miss Cheerful yang ideal bagi para perempuan. Salah satunya persepsi atas aroma Miss Cheerful yang kerap diasosiasikan harum segar (bahkan selayaknya wangi bunga!). Tetapi apa yang terjadi “di bawah” sana jelas berbeda 180 derajat, dear

    “Aroma Miss Cheerful selayaknya keringat-- di mana setiap orang memiliki wangi yang berbeda,” tukas Jessica Shepherd, M.D, seorang asisten profesor sekaligus Director of Minimally Invasive Gynecology at The University of Illinois College of Medicine di Chicago. Dan inilah sejumlah aroma yang bisa dihasilkan di area Miss Cheerful:




    1. MUSKY

    Terkadang Miss Cheerful mengeluarkan aroma khas dengan sentuhan musky di dalamnya. Aroma ini muncul lantaran keringat berlebih di area Miss Cheerful, misalnya saat kamu berolahraga. Aroma musky ini akan semakin diperparah saat kamu menggunakan underwear dengan bahan nylon atau polyester yang membuat Miss Cheerful kesulitan untuk bernapas. Solusinya? Pilihlah celana dalam dengan bahan kapas yang lebih breathable, serta selalu bersihkan area kewanitaan setiap selesai berolahraga dan berkeringat.


    2. FISHY

    Miss Cheerful tidak seharusnya mengeluarkan bau menyengat, bahkan sampai berbau terlalu fishy,” ungkap Lauren Streicher, M.D, seorang Associate Professor dari Clinical Obstetrics and Gynecology di Northwestern University Feinberg School of Medicine. Jadi saat menemukan aroma amis menyengat di Miss Cheerful, bisa jadi kamu  sedang terserang dua infeksi yaitu: Bacterial Vaginosis atau Trichomoniasis. Bacterial Vaginosis terjadi saat jumlah bakteri tumbuh secara berlebih di area Miss Cheerful. Biasanya hal ini pun disertai dengan gejala lainnya seperti rasa gatal, keputihan berwarna abu-abu atau putih, serta rasa terbakar saat sedang buang air kecil. 

    Sedangkan Trichomoniasis adalah penyakit menular seksual yang dibawa oleh parasit Trichomonas vaginalis. Gejalanya ditandai dengan bau amis, keputihan yang tidak biasa, serta nyeri saat berhubungan seksual. Kedua hal ini perlu segera mendapat penanganan dokter.




    3. SWEET

    Selayaknya aroma keringat tubuh yang mengikuti apa yang kamu konsumsi. Miss Cheerful pun punya sistem yang sama, ladies! Aroma manis yang berasal dari Miss Cheerful akan menguar saat mengonsumsi buah-buahan seperti nanas, jeruk, serta grapefruit. Kandungan acid dalam buah citrus tersebut ternyata dapat menurunkan kadar pH area Miss Cheerful (in good way). Sebaliknya makanan dengan aroma kuat seperti bawang putih, bawang merah, brokoli, serta asparagus dapat menimbulkan aroma nan menyengat di Miss Cheerful Anda. So please take a note!



     

    4. METALLIC / COPPERY 

    Miss Cheerful pun juga bisa mengeluarkan aroma seperti logam atau besi. Umumnya aroma logam ini akan muncul saat mendekati dan masa menstruasi kamu. Yang mana darah yang dikeluarkan pun memiliki wangi khas logam. Sebenarnya tidak ada yang perlu dicemaskan ketika muncul aroma logam pada Miss Cheerful-mu. Kecuali aroma ini selalu tercium ketika kamu idak berada di fase menstruasi, serta ditandai dengan gejala lainnya seperti demam atau rasa gatal berlebih di sekitar Miss Cheerful.


    5. BLEACHY 

    Beberapa alasan menjadi pemicu mengapa Miss Cheerful memiliki aroma seperti klorin atau produk bleaching yang menyengat. Tentu ini bukan disebabkan deterjen untuk membersihkan underwear, tetapi mengarah pada aroma urin yang dihasilkan. “Jika kamu berada dalam kondisi dehidrasi maka dapat memicu aroma bleach di area kewanitaan. Selain itu kondom serta pelumas yang digunakan juga berpotensi membuat aroma bleach muncul,” tambah Mary Jane Minkin, MD, seorang Clinical Professor of Obstetrics and Gynecology di Yale University School of Medicine in New Haven, Connecticut.



    6. YEASTY

    Pernah mencium aroma Miss Cheerful tidak sedap seperti roti beragi yang sudah lama disimpan? Wangi kurang menyenangkan ini timbul dipicu adanya infeksi jamur ragi (khususnya jamur Candida albicans) di area Miss Cheerful. Selain mengeluarkan tanda berupa bau khas, gejala ini juga diikuti oleh sejumlah gejala seperti keputihan kental, kemerahan di area kewanitaan, sensasi terbakar saat buang air kecil, juga terasa gatal. Ada baiknya kamu berkunjung ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih maksimal, terutama untuk menentukan dosis antibiotik sebagai langkah penyembuhan.


    (Giovani Untari / Images: Amandine Lerbscher on Unsplash, Tenor.com)