Beauty

Yuk, Coba! Ini Dia Manfaat Clay Untuk Kecantikan

  by: Astriana Gemiati       12/11/2019
  • Menggunakan kandungan clay atau dikenal dengan tanah liat pada perawatan wajah atau kecantikan lainnya, clay sebenarnya sudah digunakan selama berabad-abad bahkan sejak zaman Cleopatra. Lalu, apa sih itu clay? Clay merupakan mineral bumi yang dihasilkan dari adanya degradasi batuan mineral. Clay dipercaya mampu bantu menarik kotoran, menyerap racun, dan melancarkan sirkulasi. Endapan mineral ini biasanya memiliki warna putih, putih kecokelatan, merah, kuning, hingga putih keabu-abuan. Di dunia kecantikan, clay biasanya diolah menjadi bubuk dan dijadikan sebagai masker.


    via GIPHY




    Untuk clay mask sendiri biasanya dibedakan menjadi beberapa macam warna:

    Red clay : bantu mencerahkan dan meregenerasi kulit wajah.

    - White clay dan pink clay sama-sama cocok digunakan untuk kulit kering serta sensitif, dan berfungsi sebagai anti-aging serta merevitalisasi kulit.

    - Green clay :  mampu bantu mengendalikan minyak berlebih di wajah dan komedo.

    - Yellow clay : memiliki kandungan vitamin C paling tinggi.

    - Black clay : diyakini sangat ampuh untuk bantu membersihkan kulit sekaligus bakteri karena kaya dengan zat besi.

    - Blue clay : memiliki hyaluronic acid yang efektif bantu menghidrasi kulit sekaligus melembapkan dari dalam.


    Kira-kira yang mana favorit kamu, girls

    Dior, Hydra Life Pores Away Pink Clay Mask 

    Dibekali dengan new-generation clay, mineral alami, ekstrak jojoba, masker Hydra Life Pores Away Pink Clay Mask dari Dior, secara intens bantu menangani kulit yang kusam dan menjadikannya lebih halus, tampak cerah, sekaligus bantu meminimalkan tampilan pori-pori yang besar.


    Laneige Mini Pore Watercaly Mask

    Masker tanah liat lansiran dari Laneige Mini Pore Watercaly Mask ini dibuat dari lumpur mineral dan air mint, yang bantu membersihkan kotoran, menyerap minyak berlebih, dan mengurangi tampilan pori-pori yang besar berkat teknologi Pore MinisizingTM technology di dalamnya.


    The Body Shop Matte Clay Concealer 




    Mengandung tea tree oil, concealer ini bantu menutupi kekurangan kulit seperti area gelap di bawah mata dan jerawat, serta memiliki coverage tinggi dengan hasil akhir matte.


    Sephora Collection, Red Clay Mask 


    Kemasannya yang travel-friendly, Red Clay Mask dari Sephora Collection menargetkan perawatan kulit untuk tekstur yang tampak kusam dan tidak merata, bintik-bintik gelap, dan kering. 


    Skinfood, Bitter Green Clay Soothing Mask



    Bitter Green Clay Soothing Mask dari Skinfood merupakan masker yang bantu mengurangi iritasi dan melembapkan sekaligus menyerap minyak. Cukup aplikasikan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, lalu tunggu 10 hingga 20 menit kemudian cuci dengan air hangat.


    Living Proof, Molding Clay

    Diformulasikan tidak hanya untuk membentuk dan mengatur rambut, wax bertekstur clay ini juga bantu berikan tampilan rambut lebih penuh berkat thickening molecules di dalamnya tanpa rambut terasa lengket.


    Tarte, Amazonian Clay Full Coverage 

    Foundation cair bebas minyak berbasis clay ini memiliki tekstur matte juga vegan yang bantu mengembalikan cahaya serta menyeimbangkan rona kulit kamu.


    ( Astriana Gemiati, Image: Dok. Cosmo / Anastasia Nelen©123RF.com )