Better You

3 Kebiasaan Buruk Setiap Zodiak dan Cara Mengatasinya

  by: Alexander Kusumapradja       13/11/2019
  • Kita semua mungkin pernah membaca tentang sisi positif dan negatif dari zodiak kita masing-masing, termasuk kebiasaan buruk yang selama ini mungkin tak kita sadari. Banyak faktor yang membentuk sifat atau kebiasaan seseorang dan bisa jadi salah satunya adalah astrologi. Seperti yang kita tahu, setiap zodiak memiliki elemen (api, tanah, air, angin), kualitas (cardinal/kardinal, fixed/tetap, mutable/mudah berubah), dan planet yang menaungi masing-masing. Setiap zodiak punya strategi yang berbeda dalam menghadapi tekanan atau stress dalam hidup, termasuk lewat kebiasaan yang mungkin dianggap kurang baik. Dengan mengetahui kebiasaan buruk yang biasanya diasosiasikan dengan zodiakmu, kamu bisa makin mengenal dirimu sendiri dan belajar untuk mengatasi kebiasaan buruk tersebut.


    Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang sering diasosiasikan pada setiap zodiak dan juga tips untuk memperbaiki kebiasaan buruk tersebut.




    1. Aries (21 Maret – 19 April)

    via GIPHY

    Mengumpat/berkata kasar: Aries sangat ekspresif dengan kata-kata dan sadar tak sadar mungkin kamu punya kebiasaan melontarkan kata-kata kasar sebagai bentuk ekspresi. Umpatan tersebut tak selalu berarti kamu sedang gusar, tapi lebih seperti refleks saat kamu ingin mengekspresikan sesuatu. Sepintas mungkin hal ini terlihat sepele, tapi kalau jadi kebiasaan bisa saja hal ini menimbulkan masalah di situasi atau waktu yang kurang pas.

    Bertindak impulsif: Dengan elemen Api, Aries adalah zodiak yang mudah terbakar emosi dan seringkali melakukan tindakan tanpa pikir panjang yang justru membuat masalah makin runyam.

    Menginterupsi: Ketika Aries ingin mengungkapkan sesuatu, mereka sering tak bisa menahan diri dan akhirnya memotong omongan orang lain yang sedang berbicara.

    Cara mengatasi: Sisi positif dari sifat ekspresif Aries adalah mereka tak ragu untuk mengungkapkan dukungan atau memberi semangat pada orang lain. Agar Aries bisa lebih sabar, latih dirimu untuk mengambil napas panjang yang akan memberimu waktu lebih untuk berpikir jernih sebelum bertindak dan harus juga belajar mendengarkan orang lain untuk mengurangi sifat impulsif dan menginterupsi orang lain.


    2. Taurus (20 April – 20 Mei)

    via GIPHY

    Langsung bilang “tidak”: Taurus punya kecenderungan untuk langsung bilang “tidak” bahkan sebelum orang lain menyelesaikan permintaan atau ajakan mereka yang dianggap kurang menarik oleh Taurus. Hal ini sebetulnya ada positifnya, yaitu kamu jadi punya batasan jelas untuk hal-hal apa yang ingin kamu lakukan atau tidak, namun kalau kamu langsung menolak mentah-mentah, bisa jadi kamu akan melewatkan kesempatan bagus atau pengalaman baru yang ternyata seru.

    Terlalu sering belanja: Taurus seringkali melakukan retail therapy ketika sedang stress. Well, siapa sih yang tidak suka belanja? Tapi kalau setiap bad mood langsung belanja, kondisi finansialmu bisa berantakan dan malah akan makin membuatmu stress.

    Kaku dan takut perubahan: Sebagai zodiak dengan sifat yang fixed/tetap, Taurus cenderung kaku dan suka hal yang konstan dalam kesehariannya. Kalau Taurus sudah nyaman dengan satu hal atau kebiasaan, akan sulit bagi orang lain untuk mengubahnya. Sayangnya, hal ini juga dapat membuat Taurus kehilangan kesempatan untuk mencoba hal baru yang menyenangkan.

    Cara mengatasi: Meditasi dan membangun koneksi dengan komunitas dapat membantu Taurus mengatasi kebiasaan buruk tersebut. Dibanding hanya belanja foya-foya seorang diri, kenapa tidak janjian lunch dengan sahabat untuk quality time? Bagaimanapun, sebagai zodiak yang paling logis Taurus punya sifat yang loyal dan sabar.


    3. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

    via GIPHY

    Bergosip: Gemini paling suka cerita yang seru dan mereka juga jago menceritakannya kembali ke orang lain, yang sayangnya termasuk gosip panas yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya dan dapat membawa masalah.

    Mudah terdistraksi: Sering mudah bosan atau melamun ketika mendengarkan orang bercerita? Semua orang bisa terdistraksi, tapi kebiasaan ini sering membawa masalah bagi Gemini.

    Mudah bosan: Gemini cepat merasa bosan dan karena itu mereka selalu ingin bergerak. Hal ini dapat membuat Gemini tidak merasa settled.

    Cara mengatasi: Kebiasaan buruk Gemini biasanya muncul ketika mereka punya terlalu banyak hal yang terjadi. Karena itu Gemini disarankan untuk belajar menenangkan pikiran dan tidak terburu-buru. Namun sifat Gemini yang cepat berpikir sebetulnya juga punya sisi positif, yaitu mereka dapat tetap bisa berpikir saat sedang stress sekalipun.


    4. Cancer (21 Juni – 22 Juli)

    via GIPHY

    Tukang komplain: Semua orang berhak menyampaikan keluhan, tapi terkadang Cancer bisa sangat lebay dalam soal mengeluh.

    Sangat sensitif: Punya perasaan yang sensitif sebetulnya bukan hal yang buruk, tapi terlalu sensitif juga kurang baik dan bisa berujung pada stress. Cancer bisa sangat sensitif ketika mereka merasakan emosi yang intens.

    Menimbun barang: Beda dengan sekadar mengoleksi sesuatu atau mengumpulkan barang antik, tapi menyimpan barang-barang yang sebetulnya sudah tidak diperlukan hanya karena alasan sentimental bisa menjadi beban untuk rumahmu, maupun secara emosi.

    Cara mengatasi: Bila Cancer merasa sedih atau menyimpan barang hanya karena alasan memori, mereka akan terbantu dengan membuka diri lewat obrolan bersama terapis maupun sahabat dekat. Ketika mereka merasa terhubung dengan orang lain dan merasa didengar, mereka bisa menjauhkan diri dari kebiasaan buruk tersebut.


    5. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

    via GIPHY

    Takut perubahan: Perubahan memang terkadang terasa menakutkan, tapi Leo punya kecenderungan menghindari perubahan dengan cara apapun. Hal ini bisa berujung buruk bagi Leo yang terjebak dan tak mau pergi dari hubungan yang tidak sehat atau pekerjaan yang tidak memuaskan dan membuat mereka merasa stuck.

    Oversharing di dunia maya: Main media sosial memang seru, termasuk membagi pikiran atau foto terbaru. Namun apakah kamu yakin kamu masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan? Saat Leo mencari distraksi, mereka akan larut dalam media sosial dan menghabiskan waktu yang sebetulnya bisa mereka manfaatkan untuk hal yang lebih penting.

    Terlalu dibawa ke hati: Di balik penampilannya yang terlihat percaya diri, Leo sebetulnya rentan diserang perasaan insecure dan punya perasaan yang gampang terluka. Bahkan untuk hal-hal kecil yang sebetulnya tidak disengaja oleh orang lain namun bisa membuat Leo stress.

    Cara mengatasi: Jika kebiasaan buruk ini terjadi cukup sering, Leo harus belajar mengenal emosi diri mereka sendiri karena kalau tidak Leo akan terus mencari pelampiasan dengan cara yang bisa merugikan diri mereka sendiri.


    6. Virgo (23 Agustus – 22 September)

    via GIPHY

    Pencemas: Karena sifatnya yang perfeksionis, Virgo sering merasakan kecemasan yang sebetulnya hanya ada di kepala mereka. Bila tidak dikendalikan, rasa cemas tersebut justru bisa menjadi ke arah self-sabotage dan secara ironis mewujudkan ketakutan Virgo menjadi kenyataan.

    Mengkritik diri sendiri: Sifat perfeksionis juga dapat membuat Virgo merasa down dan mengkritik diri sendiri dengan keras saat mereka merasa melakukan kesalahan atau saat rencana tidak berjalan 100 persen seperti yang kamu bayangkan.

    Mengkritik orang lain: Sangat perhatian pada detail, Virgo sering terlibat argumen dengan orang lain yang melakukan sesuatu dengan cara yang dianggap salah oleh Virgo, Terkadang, Virgo juga sering memberi nasihat tanpa diminta yang dapat disalahartikan oleh orang lain sebagai kritikan yang tak diminta.

    Cara mengatasi: Agar tidak terlalu stress dalam hidup, Virgo harus belajar melihat sesuatu dari gambaran besarnya terlebih dahulu, santai, dan menikmati hidup. Mereka juga bisa mencari pelampiasan dengan mengeksplor sisi kreatif mereka dengan melakukan hal-hal kreatif tanpa batasan benar atau salah yang baku.




    7. Libra (23 September – 22 Oktober)

    via GIPHY

    Boros: Libra termasuk zodiak yang gemar melakukan retail therapy. Bila tidak diperhatikan kebiasaan boros ini bisa mengakibatkan masalah finansial yang membuat stress.

    Jatuh cinta terlalu cepat: Hopelessly romantic, Libra dapat dengan mudah jatuh cinta dan bukan karena sosok orang tertentu, tapi perasaan dari jatuh cinta itu sendiri. They’re love the idea of being in love. Jadi penting bagi Libra untuk memastikan perasaan mereka sebelum menjalin hubungan dengan orang atau alasan yang salah.

    Mengalah dan tidak enak hati: Pembenci konflik, Libra akan berusaha menyenangkan hati semua orang dan sulit berkata tidak yang pada akhirnya membuat Libra akan merasa lelah sendiri.

    Cara mengatasi: Agar terhindar dari stress menghindari konflik dan membuat semua orang senang, Libra harus mulai belajar fokus pada diri mereka sendiri. Untuk hal ini mereka juga bisa belajar dari Aries yang lebih asertif dan tegas.


    8. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

    via GIPHY

    Obsesif & control freak: Dari semua zodiak, Scorpio dikenal sebagai yang paling obsesif dan merasa harus punya kontrol penuh akan semua hal yang menyangkut mereka. Hal tersebut terkadang bisa membawa masalah dalam sebuah relationship.

    Penuh rahasia: Banyak Scorpio sulit membuka diri mereka pada orang lain. Dalam sebuah hubungan, hal ini bisa memicu pertengkaran apabila pasangan merasa kamu tertutup dan ada sesuatu yang berusaha kamu sembunyikan, meskipun kamu tak berniat seperti itu.

    Terlalu berekspektasi tinggi: Scorpio adalah zodiak yang sangat setia dan menuntut hal yang sama dari orang lain. Tak ada yang salah dengan menaruh harapan dari orang terdekat atau pasangan, tapi bila hasilnya tak sesuai yang diharapkan, Scorpio akan sangat sakit hati.

    Cara mengatasi: Meditasi untuk menenangkan pikiran dapat membantu Scorpio menghindari pikiran-pikiran obsesif yang muncul. Selain itu Scorpio juga harus belajar memercayai orang lain di sekitar kehidupannya.


    9. Sagittarius (22 November – 21 Desember)

    via GIPHY

    Workaholic: Sagittarius punya tendensi untuk bekerja terlalu keras hingga lupa memerhatikan hal-hal lain baik untuk dirinya sendiri maupun orang dalam kehidupan mereka.

    Tidak sabaran: Sagittarius punya banyak ide besar dalam kepalanya, namun seringkali tidak memikirkan rencana yang matang sebelum menjalankannya. Alhasil, hasilnya tak seperti yang mereka harapkan.

    Melanggar janji: Sebagai pecinta kebebasan, Sagittarius tidak suka terikat pada sebuah janji dan karena itu mereka bisa mudah meninggalkan sebuah komitmen atau janji untuk melakukan hal lain dan mengecewakan orang lain.

    Cara mengatasi: Sagittarius butuh aktivitas fisik yang mampu melepas energi mereka dengan cara yang positif dan beristirahat yang cukup setelahnya. Dan jangan lupa untuk sesekali memanjakan diri sendiri.


    10. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

    via GIPHY

    Pesimis: Di antara zodiak lain, Capricorn mungkin yang paling pesimis dan gemar memikirkan kemungkinan terburuk sebelum melakukan sesuatu.

    Bekerja lupa waktu: Sama seperti Sagittarius, Capricorn juga termasuk golongan yang cenderung workaholic dan senantiasa mengejar gol baru. Terkadang sampai lupa waktu untuk bersenang-senang.

    Keras pada diri sendiri: Sebagai zodiak yang cenderung pemikir, Capricorn sering tenggelam dalam pikirannya sendiri dan mudah mengkritik diri sendiri.

    Cara mengatasi: Bila beberapa orang sudah menyebutmu workaholic, itu tandanya kamu harus mengambil napas sejenak dan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Tak harus ambil cuti, treat dirimu sendiri dengan dinner di resto favoritmu juga bisa membantumu lebih santai.


    11. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

    via GIPHY

    Begadang: Aquarius cenderung cuek dengan kesehatan diri sendiri, termasuk tidur larut malam. Terkadang pikiran mereka terlalu penuh hingga mereka lupa makan, terjaga sampai dini hari, atau tidak berolahraga.

    Lupa waktu saat online: Sekali online, Aquarius bisa lupa waktu melihat media sosial, membaca blog, atau main game online yang menghabiskan waktu mereka.

    Melamun: Karena punya banyak ide yang melintas di kepalanya, Aquarius terkadang tanpa sadar melamun baik ketika sendirian atau bahkan saat sedang mendengarkan orang lain berbicara.

    Cara mengatasi: Tantang diri sendiri untuk tidak malas bergerak dan belajar menahan diri dari godaan menghabiskan waktu di depan layar smartphone atau laptop. Coba uji ke diri sendiri apakah kamu bisa tidur lebih cepat, olahraga di luar, atau puasa medsos.


    12. Pisces (19 Februari – 20 Maret)

    via GIPHY

    Menunda pekerjaan: Jika Pisces tidak menyukai pekerjaan yang harus mereka lakukan atau belum mood, mereka akan merasa sangat sulit memulainya dan akhirnya menundanya sampai detik terakhir.

    Gemar bermimpi: Pisces punya daya imajinasi yang kuat dan terkadang bisa tenggelam dalam lamunan mereka tanpa memikirkan waktu dan tempat.

    Melanggar komitmen: Pisces tidak suka membuat janji, dan sekalipun akhirnya terpaksa berjanji, mereka bisa melanggarnya dengan mudah.

    Cara mengatasi: Dengan kreativitas dan empati yang Pisces punya, strategi sehat untuk mereka adalah mengeksplor hal tersebut dengan kegiatan ekspresif seperti melukis, menulis, membuat jurnal, atau sekadar berbincang dengan teman.


    (Alex.K/Image: Alexander Mils on Unsplash )