Lifestyle

9 Makanan Ringan Wajib Beli untuk Oleh-oleh dari Thailand

  by: Alexander Kusumapradja       14/11/2019
  • Sebagai salah satu surga kuliner di Asia, mencari makanan enak bukan hal yang sulit dilakukan di Thailand. Sebut saja menu-menu populer seperti pad thai, tom yum goong, aneka seafood, dan mango sticky rice. Namun, bagaimana dengan cemilannya? Well, tentu saja cemilan yang mereka punya juga tak kalah enak dan bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang. Berikut adalah rekomendasi cemilan makanan ringan wajib beli yang bisa menjadi oleh-oleh yang pas untuk orang tercinta sepulang liburan dari Thailand. Pssst… Sebagian besar produk di bawah ini tersedia luas di supermarket, jadi kamu tidak usah pusing mencarinya.




    1. Bento squid

    Pecinta cumi yang tidak keberatan dengan aroma seafood yang kuat wajib mencicipi cemilan cumi kering yang memiliki beberapa varian rasa ini dari mulai original chili, sweet & spicy, hot & spicy hingga yang ekstra pedas namun yang pasti bikin nagih! Dimakan langsung sebagai cemilan memang enak, tapi dijadikan tambahan lauk dengan nasi putih panas atau mie (seperti mie juhi!) juga sedap.


    2. Tao Kae Noi

    Cemilan rumput laut ini bisa dibilang produk kebanggaan Thailand yang sudah diekspor ke mancanegara, termasuk Indonesia. Namun jelas negara asalnya punya banyak varian rasa yang tak bisa ditemukan di Indonesia plus dengan harga yang lebih murah dari mulai rasa sour cream & onion yang berkolaborasi dengan Pringles, Icy Lemon, hingga Durian! Oh ya, untuk pecinta K-pop, khususnya EXO, baru-baru ini Tao Kae Noi menunjuk Sehun EXO sebagai brand ambassador sehingga kamu bisa melihat wajah ganteng Sehun di kemasan Tao Kae Noi.


    3. Bangkok Mini Cookies

    Kue kering ini tampaknya lebih ditujukan untuk para turis karena biasanya hanya ditemukan di bandara. Namun rasanya cukup seru lho! Lebih mirip kue beras dibanding kue butter, kue ini memiliki varian rasa yang terinspirasi oleh menu-menu khas Thailand seperti Tom Yum, Crab Curry, dan Green Curry. Kue ini bisa menjadi pilihan bila kamu tak sempat mencari oleh-oleh sebelum pulang dan pilihanmu hanya produk-produk yang dijual di bandara.


    4. Permen Susu Royal Chitralada

    Permen susu ini merupakan salah satu permen terpopuler di Thailand dan merupakan produk yang dikembangkan dan dipromosikan oleh Kerajaan Thailand di bawah program “Royal Chitralada Agricultural Projects” sehingga kualitas dan rasanya tak perlu diragukan. Permen ini tersedia dalam dua rasa yaitu original dan rasa cokelat. Kalau di Bangkok, kamu bisa menemukan permen ini di toko resmi Royal Project di Pasar Or Tor Kor, Bandara Don Mueang, dan Bandara Suvarnabhumi.


    5. Kacang Koh-Kae

    Pecinta kacang wajib membeli salah satu cemilang ringan paling ikonik dari Thailand ini karena rasanya yang gurih. Awalnya, kacang ini hanya punya rasa krim kelapa, namun makin ke sini varian rasanya makin banyak. Produk ini dijual dalam wadah kaleng silinder dengan ukuran yang beraneka ragam dan sudah diekspor ke banyak negara. Rasa-rasa yang populer meliputi rasa barbeque, tom yum, nori wasabi, hingga kopi.




    6. Mie Instan MAMA

    Kalau kamu belum puas menikmati rasa segar dalam kuah tom yum, kamu bisa membawa pulang mie instan ini karena rasanya yang tak kalah enak dengan tom yum betulan. Produk ini merupakan salah satu mie instan dengan rasa yang disukai oleh para warga lokal dan turis dan untungnya juga tersedia dalam kemasan paket plastik yang siap dijadikan oleh-oleh. 


    7. Keripik Kentang Lay’s

    Merek cemilan keripik kentang ini memang juga dapat ditemukan di Indonesia tapi Lay’s di Thailand punya beberapa varian rasa unik yang tak bisa ditemukan di tempat lain seperti rasa pad krapow (ayam bumbu kemangi) yang merupakan salah satu street food populer di Thailand, rasa Miengkam Krobos yang merupakan jajanan Thai di mana udang, cabai, jahe dilahap dengan cara dibungkus daun, serta rasa Cumi Pedas yang mengunggah selera.


    8. Corn Puff Natural Corn Chips

    Sebagai produk asli Thailand, cemilan ini punya nilai sentimental khusus bagi banyak orang Thailand yang memakannya saat mereka sekolah. Memiliki beberapa varian rasa dengan yang paling digemari adalah rasa Original dan Keju, cemilan ini terasa ringan dan langsung meleleh di mulut serta hanya memiliki sekitar 190 kalori per kemasan karena diproses bukan dengan cara digoreng seperti kebanyakan cemilan keripik lainnya.


    9. Teh Susu Instan Thailand

    Belum lengkap menikmati cemilan khas Thailand tanpa didampingi teh susu sebagai minumannya. Tersedia dalam bentuk sachet, tinggal tuangkan isinya ke dalam gelas air hangat dan tambahkan es batu untuk kesegaran yang seru dinikmati baik di Thailand maupun Indonesia!


    (Alex.K / Image: Phuong Tran on Unsplash)