Beauty

Butuh vitamin C? Cari Tahu Manfaatnya Untuk Kecantikan

  by: Astriana Gemiati       17/11/2019
  • Kebetulan saat ini saya memang sedang mencoba produk serum yang memiliki basis vitamin C di dalamnya. Saya pribadi memilih produk tersebut karena ingin mengatasi masalah bintik-bintik hitam dan kulit yang tampak kusam akibat banyak beraktivitas di luar ruangan. Awalnya, pada saat mengaplikasikan produk ini, saya sempat mengalami reaksi kemerahan, sedikit gatal, dan terasa sensasi hangat di kulit, ternyata hal itu adalah efek samping yang masih dalam kondisi wajar. Setelah beberapa kali menggunakan, kini kulit wajah saya sudah bisa menerimanya dengan baik. 


    Ya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk kulitnya, oleh sebab itu reaksi yang dirasakan pun akan berbeda. Dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C memang memiliki banyak manfaat, salah satunya menjadi antioksidan kuat yang dapat bantu mengatasi penuaan, menahan sekresi sebum, mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, sekaligus melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Anda bisa memulai menggunakan produk dengan konsentrasi vitamin C yang lebih rendah dahulu, ini bertujuan memberi kesempatan pada kulit Anda untuk beradaptasi.




    Bagi Anda yang bermasalah dengan jerawat, pilih serum dengan kandungan vitamin C aktif dengan tekstur yang tidak lengket. Atau jika ingin fokus terhadap anti-aging, pilihlah serum vitamin C dengan tambahan hyaluronic acid atau ceramide. Kedua bahan tersebut akan bantu mempertahankan kelembapan dan kekencangan di kulit wajah. Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif, hindari produk dengan kandungan paraben serta alkohol yang berpotensi akan memperparah kondisi kulit. Coba gunakan vitamin C atau L-ascorbic acid dengan kandungan 5-10%. Jika kulit sudah bisa menyesuaikan baru beralih pada serum vitamin C yang punya kandungan lebih tinggi. Sedangkan untuk kulit bermimyak dan normal, Anda dapat memilih produk dengan kandungan L-ascorbic acid lebih dari 10% agar hasilnya lebih efektif.


    Cosmo Alert! 

    #1. Jangan padukan vitamin C dengan retinol

    Vitamin C memiliki kadar pH rendah kurang dari 3.5, sementara retinol bekerja dalam kondisi terbaik pada pH 5.5 – 6. Keduanya bekerja optimal dalam lingkungan keasaman (pH) yang berbeda dan seharusnya tidak dikombinasikan.

    #2. Kombinasikan vitamin C dan tabir surya

    Keduanya akan bekerja sangat baik jika dipadukan. Gunakan produk vitamin C di pagi hari sebelum melanjutkannya dengan produk sunscreen.

    #3. Gabungkan dengan vitamin E

    Kedua produk ini bisa bekerja sama dan jauh lebih efektif untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Namun tidak disarankan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

    #4.  Buang jika produk berubah warna

    Jika serum vitamin C mulai beroksidasi dan berubah warna menjadi kekuningan atau cokelat, ini menunjukkan jika khasiat produk sudah hilang. Ada baiknya letakkan di suhu yang sejuk atau area yang tidak terpapar sinar matahari langsung.



    Try These!

    Kiehl’s New Powerfull Strength Line Reducing Concentrate 


    Memiliki kadar 12.5% vitamin C dan hyaluronic acid, Kiehl’s New Powerfull Strength Line Reducing Concentrate juga menambahkan asam L-ascorbat yang berperan untuk bantu mengurangi keriput, menutrisi kulit, sekaligus melembapkan serta membuatnya kulit tetap terasa kenyal.


    Sensatia Botanicals Facial C-Serum


    Memadukan vitamin C organik dari Kakadu Plum, Sensatia Botanicals Facial C-Serum juga memadukannya dengan ramuan esensial seperti rosehip, ginseng hingga bengkoang yang berkhasiat sekaligus menjaga, memelihara kulit, mencerahkan, dan perbaiki tekstur serta tingkatkan elastisitas kulit.




    Wardah C Defense Serum


    Wardah C Defense Serum memiliki kandungan vitamin C 10% dan aloe vera extract, serta biosaccharide, yang bekerja bantu menjaga elastisitas kulit, melembapkan, dan mencerahkan, serta melindungi kulit dari radikal bebas. 


    The Body Shop Vitamin C Skin Boost Instant Smoother


    Bisa digunakan sebagai primer sebelum mulai makeup, The Body Shop Vitamin C Skin Boost Instant Smoother merupakan serum ringan dengan mineral glowing particles yang bantu berikan efek mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah, berkat kandungan vitamin C yang berasal dari camu-camu berry di dalamnya.


    Credit:

    Photography : Hadi Cahyono

    Stylist & Teks : Astriana Gemiati / Nina Natasya

    Model : Olesia (WYNN Model)

    MUA : Ifan Rivaldi

    Hair : Jimmy


    ( Astriana Gemiati, Image: Dok. Cosmo / )