Beauty

8 Tips Menghilangkan Bau Ketiak dengan Cara Alami

  by: Alexander Kusumapradja       15/11/2019
  • Menjaga kesegaran aroma tubuh sudah seharusnya menjadi perhatian setiap orang tanpa terkecuali. Memakai deodoran kerap menjadi “senjata” bagi banyak orang untuk melawan aroma tubuh tidak sedap setiap hari. Namun, sadar kah kamu kalau mayoritas deodoran juga punya efek samping yang kurang menguntungkan?

    Sebagai produk olahan pabrik, deodoran pada umumnya juga mengandung beberapa zat kimia yang punya efek negatif bagi kesehatan bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Contohnya paraben (bahan pengawet) dan phthalate (zat kimia pada produk kecantikan dan perawatan diri untuk membuat produk cepat menyerap) yang dapat mengacaukan hormon dalam tubuh. Selain itu, kandungan aluminium dalam produk tersebut dapat menyebabkan ketidakstabilan gen di jaringan payudara yang dapat memicu perkembangan tumor atau sel kanker, menurut riset dari Journal of Inorganic Biochemistry.



    Meskipun masih perlu banyak riset untuk memahami kaitan antara penggunaan produk perawatan diri dengan masalah kesehatan tersebut, namun tak ada salahnya mencari alternatif menghilangkan bau ketiak dengan cara yang lebih alami tanpa deodoran. Berikut adalah delapan di antaranya.


    1. Menjalankan pola makan yang sehat

    via GIPHY

    Langkah pertama menghilangkan bau badan adalah menjaga pola makan dengan menu yang lebih sehat. Kurangi daging merah karena mampu menghasilkan toksin ke jaringan darah yang dapat membuat aroma tubuh lebih intens. Selain itu, hindari makanan yang kurang serat, alkohol, kafein, bawang putih, dan tentu saja junk food serta makanan berminyak. Makanan yang disarankan adalah gandum, sayur-sayuran, keledai, serta buah-buahan segar.


    2. Eksfoliasi kulit ketiak

    via GIPHY

    Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Melakukan eksfoliasi pada kulit ketial sekitar seminggu sekali dapat mengurangi bakteri penyebab bau badan. Cara mudah eksfoliasi adalah memakai handuk atau body scrub dengan tepung gandum: Campurkan tepung dengan minyak esensial atau air dengan rasio satu banding satu lalu gosokkan ke area kulit ketiak.


    3. Mencoba air mawar

    via GIPHY

    Tak hanya memiliki aroma yang enak, air mawar juga merupakan zat antibakteri alami yang punya banyak manfaat kesehatan bagi kulit seperti melembapkan kulit, memperlancar peredaran darah, mempercerah kulit, serta membantu menjaga keseimbangan pH di kulit. Air mawar juga bisa dimanfaatkan sebagai krim eksfoliator dengan tambahan baking soda. Caranya mencampurkan 1 sendok makan air mawar dengan 1 sendok baking soda lalu aduk hingga mengental seperti pasta. Usapkan pasta tersebut di bawah ketiak dan diamkan selama 6 sampai 7 menit lalu bilas bersih. Lakukan proses ini sekitar dua kali dalam seminggu.


    4. Memakai sabun muka

    via GIPHY

    Yup, sabun wajah anti bakteri yang mengandung benzoyl peroxide untuk mengobati jerawat ternyata juga bisa dipakai di ketiak karena lebih ampuh membunuh bakteri penyebab bau badan dibanding hanya menutupinya.




    5. Memakai garam dapur

    via GIPHY

    Garam atau natrium klorida punya kemampuan membunuh bakteri. Caranya? Dengan mencampur sedikit air dan mengusapkannya ke ketiak yang telah terbukti bermanfaat menghilangkan bau ketiak bagi banyak orang tanpa perlu takut efek samping dari alumunium dan zat kimia lain yang terkandung di banyak deodoran.


    6. Campurkan banyak minyak esensial

    via GIPHY

    Kamu bisa berkreasi membuat racikan deodoran sendiri dengan minyak esensial favoritmu seperti minyak cengkeh, bergamot, blood orange, patchouli, vetiver, atau aroma bunga-bungaan seperti ylang ylang, lavender, cypress, dan geranium yang manjur untuk menghilangkan bau badan, melawan bakteri, dan mencegah keringat berlebih.


    7. Memakai perasan air lemon

    via GIPHY

    Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membunuh bakteri penyebab bau badan menurut para ahli dermatologi. Belah lemon menjadi dua dan gosokkan langsung ke ketiak. Ulangi proses ini sehari sekali sampai kamu merasa masalah bau badanmu telah berkurang. Kalau kulitmu termasuk yang sensitif, campurkan setengah lemon yang sudah diperas sebagai air dengan setengah gelas air. Untuk menghindari risiko iritasi atau rasa panas, pastikan kulitmu sudah bersih dan kering dan jangan gunakan setelah shaving atau ketika ada kulit yang terluka.


    8. Mencoba witch hazel

    via GIPHY

    Witch hazel adalah tanaman sejenis semak dengan nama Latin Hamamelis virginiana yang disebut sebagai tanaman ajaib karena daun, kulit kayu, dan ranting dapat dimanfaatkan sebagai obat, termasuk menjadi salah satu bahan yang dimanfaatkan untuk produk kecantikan dan perawatan tubuh. Witch hazel memiliki khasiat anti-septik dan pembersih alami yang membuatnya menjadi pilihan bagus untuk menghilangkan aroma tak sedap dari tubuh. Usapkan langsung ke kulit ketiak untuk menjaga keseimbangan pH dan membunuh bakteri.


    (Alex. K / Image: Billie on Unsplash)