Better You

4 Zodiak Paling Pencemburu dan Cara Menghadapinya

  by: Alexander Kusumapradja       17/11/2019
  • Rasa cemburu adalah hal yang manusiawi dan rasanya semua orang pasti pernah merasakannya. Namun, bila kamu merasa kamu punya sifat cemburu yang lebih intens dan sering dibandingkan orang lain, bisa jadi salah satu alasannya adalah zodiak yang menaungimu. Bagi beberapa orang yang terlahir di bawah rasi bintang yang dikenal memiliki sifat paling pencemburu dalam sebuah hubungan, hal ini bisa menjadi sesuatu yang destruktif bila dibiarkan begitu saja.

    Sebelum kamu mulai membiarkan perasaan cemburu menguasai pikiranmu, salah satu bagian penting dari upaya mengalahkan tendensi cemburu adalah dengan memahami dari mana perasaan cemburu itu muncul agar kamu bisa memutuskan apakah rasa cemburu itu memang wajar, atau hanya imajinasimu yang berlebih saja.




    Taurus (20 April - 20 Mei)

    via GIPHY

    Taurus dikenal sangat posesif. Pemilik zodiak ini sangat mengapresiasi dan menghargai harta benda mereka dan memiliki keinginan untuk mewujudkan kehidupan yang nyaman dengan orang yang mereka cintai. Namun, hal ini bisa menjadi masalah bila mereka mulai menganggap bahwa pasangan mereka juga termasuk properti pribadi mereka, yang membuat mereka merasa harus menjaganya, terkadang dengan sangat posesif. Taurus juga mengharapkan pasangan mereka untuk mencurahkan semua waktu dan perhatian untuk mereka, yang dapat membuat pasangan mereka merasa “gerah”. Hal yang tak disadari oleh Taurus adalah hal ini yang dapat membuat pasangan pergi meninggalkan mereka. Namun, salah satu hal baik dari Taurus adalah bila mereka cemburu, mereka cenderung mengungkapkan perasaan mereka secara langsung dibanding memendamnya dalam hati. Komunikasi secara terbuka dapat menyelamatkan hubungan sebelum terlambat. Beberapa pasangan putus tanpa mengetahui penyebabnya apa padahal pencetusnya adalah rasa cemburu yang tak diekspresikan dengan gamblang.


    Leo (23 Juli - 22 Agustus)

    via GIPHY

    Leo adalah zodiak dengan sifat jumawa dan daya magnet yang merasa dirinya pantas menjadi pusat perhatian dan menerima semua cinta dari pasangan mereka. Biasanya hal ini tak menjadi masalah besar, karena Leo yang punya hati hangat dan setia juga akan melakukan hal yang sama untuk pasangan mereka. Namun, ketika Leo merasa mereka tak mendapat perhatian yang mereka harapkan dengan alasan apapun, Leo bisa dengan cepat merasa insecure dan penuh curiga. Masalah utama pada Leo adalah ego mereka yang besar dan ketika ego itu terusik, kepala mereka akan dipenuhi prasangka buruk. Kalau itu terjadi, Leo akan menyendiri dan bersikap dingin untuk mengobati hati mereka yang terluka, walaupun mungkin itu karena pikiran mereka sendiri. Ketika seseorang memiliki sifat pencemburu, banyak di antaranya karena mereka pernah memiliki pengalaman pahit di hubungan sebelumnya. Bila kamu atau pasangan memiliki masalah seperti ini akibat hubungan masa lalu, salah satu caranya adalah dengan berbicara baik-baik untuk menganalisa situasi ini.


    Virgo (23 Agustus - 22 September)



    via GIPHY

    Virgo adalah zodiak yang punya masalah cemburu dan iri hati secara umum. Hal ini karena mereka sangat keras pada diri mereka sendiri akibat sifat kritis yang mereka punya. Sifat ini bisa berpengaruh ke urusan percintaan juga yang membuat mereka menjadi pencemburu. Selain itu, Virgo juga punya memiliki karakter pesimis dan rendah diri. Sedikit saja mereka ada yang tidak beres atau tidak wajar dalam hubungan mereka, Virgo akan curiga kalau pasangan mereka mulai melirik atau mendapat perhatian orang lain. Untuk Virgo, yang harus disadari adalah kita tak bisa mengubah mereka hanya dalam waktu sehari atau dua hari. Kamu harus punya argumen yang kuat saat berusaha meyakinkan Virgo akan sesuatu atau ketika kamu merasa mereka sudah terlalu berusaha mengontrol dirimu.


    Scorpio (23 Oktober – 21 November)

    via GIPHY

    Scorpio sering dianggap sebagai zodiak paling pencemburu dari semua zodiak karena mereka punya masalah sulit percaya dengan orang lain. Sebagai zodiak yang cenderung emosional, Scorpio terkadang sulit memproses perasaan yang mereka rasakan dan menjadi bersikap defensif karenanya. Bagi Scorpio, lebih baik memikirkan yang terburuk dibanding merasa kecolongan. Scorpio bahkan bisa menjadi mata-mata dadakan untuk mencari bukti bahwa pasangan mereka selingkuh, dan bila dugaan mereka terbukti benar, mereka justru akan merasa lega karena itu berarti kecurigaan mereka benar. Sebuah hubungan yang sehat tak akan bisa dibangun dari rasa cemburu dan posesif. Bila kamu yang pencemburu, belajar lah menganalisa situasi dengan hati-hati dan logis.


    (Alex K, / Image: Priscilla Du Preez on Unsplash)