Lifestyle

Panduan Jalan-jalan di Yogyakarta ala Ria ‘Papermoon’

  by: Givania Diwiya Citta       19/11/2019
  • Seniman boneka Ria ‘Papermoon’ di balik Papermoon Puppet Theatre yang mendunia, telah bergabung dengan Cosmo untuk memandu kita mengeksplorasi kota tempat tinggal yang dicintainya, dari lensa seorang lokal yang berbangga hati.


    Where to stroll: Kotagede





    It is best for: Getting lost! Saya selalu suka get lost di area Kotagede. Karena kawasan tua ini selalu bisa membuat saya terpesona. Kalau kamu pencinta pintu-pintu dan jendela tua macam saya, kamu akan tak habis-habisnya terpesona. Dan kalau beruntung, kamu bisa melihat pengrajin perak yang tengah bekerja tekun di cekungan-cekungan gang itu.

    Must do here: Tip saya, turunlah dari kendaraan kamu, siapkan dua sampai tiga jam untuk jalan kaki, keluar-masuk gang-gang kecil di kawasan Kotagede. Sekarang juga ada beberapa warung kopi tersembunyi di gang-gang itu. Mampirlah, berhentilah, dan berbincanglah. Hidden gems!


    Where to lounge: Kedai Kebun Forum



    It is best for: Lounging out. Datang ke Yogya tidak lengkap kalau belum menjamah dunia seninya. Kedai Kebun Forum ini adalah restoran yang juga memiliki galeri dan ruang pertunjukan di lantai dua. Kalau datang di bulan Juli-September, galeri mereka biasanya disulap jadi artist merchandise shop yang merupakan etalase produk para desainer dan seniman yang super ciamik. A must place to visit! 

    Must try here: Jangan lupa coba grilled tempe dan nasi goreng KKF andalan mereka! JUARA!


    Where to get festive: Pesta Boneka



    It is best for: The festivities! Festival teater boneka berskala Internasional yang digelar Papermoon Puppet Theatre sejak tahun 2008 ini menjadi surga bagi para penggemar seni pertunjukan teater boneka. Dihadiri oleh puluhan seniman mancanegara, festival ini digelar setiap dua tahun sekali.

    Must do here: Anda akan mendapat kesempatan tak hanya untuk menonton pementasan, tapi juga untuk mengikuti kelas workshop, dan mencicipi makanan dari para seniman berbagai negara.




    Where to see art: ARTJOG



    It is best for: The exhibition. Period. Datanglah ke Yogya kala ARTJOG digelar. Karena ekshibisi ini akan membawa kamu ke pengalaman berbeda saat mengunjungi Yogyakarta! ARTJOG adalah pagelaran seni rupa terbesar di Indonesia yang dilaksanakan setahun sekali selama sebulan lamanya. Dan yang serunya lagi, acara ini akan mengaktivasi ratusan acara seni lain di berbagai tempat di kota ini.

    Must try here: Ada pameran seni rupa kontemporer yang spektakuler, dan sajian aneka seni pertunjukan setiap harinya. Kamu harus coba semua deh!


    Where to shop for souvenir: Kaloka Pottery



    It is best for: Surga bagi pencinta keramik! Saya selalu kalap setiap kali datang ke studio mereka. Semua keramik yang dibuat oleh mereka adalah hasil buatan para pengrajin lokal. Semua handmade! 

    Must do here: Bawalah pulang satu atau dua mug sebagai oleh-oleh untuk rumah. Karena secangkir kopi yang disesap pagi-pagi akan terasa lebih sedap kalau mugnya cantik dan dibuat dengan cinta, bukan?


    Insider Tricks:



    Saya pada dasarnya bukanlah turis yang baik. Karena setiap saya berkunjung ke sebuah tempat, alasan saya adalah ingin berjumpa dengan orang-orangnya. Oleh karena itu, biasanya setiap berkunjung, saya justru menghindari musim turis. Suasana Yogya terbaik kalau menurut saya justru sewaktu bulan puasa, karena jalan-jalan sepi. Pas untuk kamu yang suka get lost saat menjelajah kota. Tapi karena destinasi yang saya berikan dua di antaranya adalah festival, jadi tetap datanglah saat festival itu terjadi. Untuk Pesta Boneka, festival mendatang terjadi tanggal 5 sampai 11 Oktober 2020, sedangkan ARTJOG tahun ini tanggal 25 Juli hingga 25 Agustus 2019. Sampai jumpa di Yogya!


    (Image: Mark Chaves on Unsplash.com)