Beauty

10 Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Cara Alami

  by: Alexander Kusumapradja       20/11/2019
  • Sebagai mahkota wanita, kita tentu menginginkan rambut yang senantiasa sehat dan berkilau indah, namun dengan bertambahnya umur serta faktor lainnya, rambut kita pun mulai makin sering rontok. Tahu kah kamu bila rambut kita terbuat dari protein bernama keratin yang diproduksi di dalam folikel rambut? Ketika folikel memproduksi sel rambut baru, sel lama akan terdorong keluar melalui permukaan kulit kepala sekitar 6 inci setiap tahunnya. Rambut yang bisa kita lihat di kepala kita sebetulnya adalah helai sel keratin yang telah mati. Fakta menarik lainnya, rata-rata manusia dewasa memiliki sekitar 100 ribu hingga 150 ribu helai rambut dan akan rontok sekitar 100 helai setiap harinya. Jadi sebetulnya wajar kalau setiap kita selesai menyisir, kita menemukan beberapa helai rambut rontok.

    Meskipun kerontokan rambut identik dengan tanda-tanda penuaan, namun dengan kehidupan urban yang sangat sibuk, kerontokan rambut juga bisa menjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat, ketidakseimbangan hormon, pola makan, stress, hingga efek pengobatan. Banyak orang yang kemudian memilih jalan pintas dengan membeli obat rambut berbahan kimia untuk mengatasi rambut rontok dengan cepat tanpa peduli dengan konsekuensi memakai bahan non-alami. Berikut adalah beberapa cara alami merawat rambut rontok yang tentunya diharapkan tanpa efek samping dan hasilnya bertahan lebih lama.



    1. Memijat kulit kepala

    Memijat kulit kepala bisa menstimulasi pertumbuhan serta menjaga ketebalan sel rambut di area dermal papilla dan efeknya akan lebih maksimal bila kita memakai minyak atau masker rambut dengan bahan alami. Tak hanya itu, memijat kulit kepala setiap hari juga bisa membantu kita meredakan stress.

    2. Masker Telur

    Telur mengandung kadar protein yang tinggi dan dapat mempercepat pertumbuhan sel rambut baru. Selain itu, telur juga kaya akan sulfur, zinc, zat besi, selenium, fosforus, dan iodine yang membuat telur dikenal sebagai obat alami untuk pertumbuhan rambut yang kuat. Untuk membuat masker telur, pisahkan satu putih telur ke dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun (atau bisa juga minyak lavender atau minyak biji anggur) dan madu. Aduk hingga menjadi pasta dan pakai di kulit kepala serta rambut selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin lalu shampo rambut seperti biasa.

    3. Aloe vera

    Aloe vera alias lidah buaya telah lama digunakan untuk merawat rambut rontok karena dapat mendinginkan kulit kepala dan menjadi kondisioner alami untuk rambut. Lidah buaya juga dapat mengurangi ketombe dan minyak berlebih yang dapat menyumbat folikel rambut. Kita bisa memakai gel lidah buaya untuk dipijatkan ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu atau menggunakan produk shampoo dan kondisioner yang mengandung aloe vera.

    4. Minyak kelapa

    Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menembus batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari dalam rambut. Minyak kelapa bisa digunakan sebelum atau sesudah mencuci rambut tergantung tipe rambutmu. Bila rambutmu cenderung berminyak, kamu bisa mencoba memakai minyak kelapa dan membiarkannya semalaman atau beberapa jam sebelum dibilas. Pijatkan minyak kelapa dengan lembut ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Bila rambutmu cenderung kering, kamu juga bisa memakainya dengan cara dibiarkan sebentar sebelum dicuci. Walaupun masih harus dibuktikan lewat riset, namun memakai minyak kelapa sudah lama dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan ketebalan rambut.

    5. Minyak ikan

    Mengonsumsi asam lemak dan omega dapat membantu menjaga kesehatan rambut dari dalam karena rambut membutuhkan nutrisi dan protein yang cukup. Rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan yang kaya omega dan anti-oksidan dapat membantu meningkatkan ketebalan dan diameter helai rambut serta mengurangi rambut rontok karena imunitas tubuh yang makin kuat.

    6. Jus bawang

    Menurut sebuah riset, jus bawang sukses merawat kebotakan rambut pada pengidap alopecia areata dengan mendorong pertumbuhan sel rambut baru dan meningkatkan sirkulasi darah. Riset lainnya menunjukkan pertumbuhan keratin yang lebih baik dan aliran darah ke daerah kutikel. Cara membuat jus bawang adalah dengan memblender beberapa siung bawang dan peras jusnya lalu dipakai di kulit kepala dan rambut, diamkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas rambut dengan shampoo seperti biasa.



    7. Minyak rosemary

    Minyak rosemary termasuk salah satu minyak esensial yang dipilih banyak orang untuk mendorong pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Minyak rosemary dipercaya menstimulasi pertumbuhan sel rambut baru dan bisa dipakai untuk merawat penderita androgenetic alopecia. Campur beberapa tetes minyak rosemary bersama minyak pelarut lalu pijatkan dengan lembut ke rambut dan kulit kepala sebelum dibilas. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu. Tetes minyak rosemary juga bisa dicampurkan ke dalam shampoo dan kondisioner untuk pemakaian sehari-hari. Yang harus diingat adalah jangan memakai minyak esensial langsung ke kulit kepala, selalu campur terlebih dahulu ke dalam minyak pelarut atau shampoo.

    8. Minyak geranium

    Minyak geranium bisa dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan rambut dan memperlancar sirkulasi darah. Campurkan beberapa tetes minyak geranium ke dalam minyak pelarut lalu dipakai sebagai masker rambut. Kamu juga menambahkan beberapa tetes minyak geranium ke dalam shampoo dan kondisioner yang kamu pakai untuk membantu memperkuat, menghidrasi, dan memulihkan kondisi rambut.

    9. Teh hijau

    Seperti yang telah diketahui banyak orang, teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang berarti dapat mendukung pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Kamu bisa memanfaatkan kantung teh hijau yang sudah terpakai dan masih hangat dengan memijitkannya ke kulit kepala, diamkan selama satu jam, lalu cuci dengan air dingin.

    10. Lemon

    Kita bisa memakai baik perasan lemon segar ataupun minyak ekstrak lemon karena keduanya sama-sama dapat memperbaiki kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan mendukung pertumbuhan sel rambut. Gunakan di kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 15 menit sebelum bilas dengan shampoo.

    via GIPHY

    Yang harus diingat, semua perawatan di atas harus dilakukan secara rutin dan konsisten dalam waktu beberapa bulan sebelum menampilkan hasil yang nyata. Selain merawat rambut dari luar, jangan lupa juga untuk mempraktikkan self-care dari dalam dirimu juga karena tak jarang rambut rontok disebabkan oleh masalah emosional dan stress. Tetap berpikir positif dan lakukan yang terbaik untuk menjaga hidup sehat adalah bagian penting dari rencana perawatan rambutmu. Bila semua cara natural ini tak berhasil, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter tentang cara pengobatan dan prosedur yang lebih ampuh.

    (Alex K / Image: Valerie Elash on Unsplash)