Better You

Cara Memilih Olahraga yang Tepat Untuk Setiap Zodiak

  by: Alexander Kusumapradja       21/11/2019
  • Kalau kamu merasa rutinitas olahraga yang selama ini kamu jalani belum memberikan hasil yang maksimal padahal kamu sudah mengikuti latihan yang terbukti ampuh untuk temanmu, bisa jadi hal ini ada kaitannya dengan zodiak kamu lho girls! Yup, seperti aspek kehidupan lainnya, zodiak ternyata juga bisa punya pengaruh dalam menentukan jenis olahraga atau latihan apa yang cocok dengan kita. Tidak ada salahnya mempertimbangkan aspek zodiak dan elemen kita dalam berolahraga, berikut adalah panduan untuk masing-masing zodiak:

    via GIPHY



    Aries (21 Maret - 19 April)

    Dengan elemen api yang menaungi mereka, Aries punya jiwa kompetitif yang akan menyukai olahraga dengan gol memecahkan rekor baik melawan orang lain maupun diri sendiri, contohnya berlari atau bersepeda. Bagi yang ingin mencoba tantangan baru, kamu yang berzodiak Aries mungkin harus mencoba latihan maraton atau bahkan triathlon? Selain memacu adrenalin memecahkan rekor diri sendiri, berkompetisi bersama orang lain juga dapat mendorongmu meraih puncak performa yang selama ini mungkin belum tercapai.


    Taurus (20 April – 20 Mei)

    Memiliki elemen tanah dan cenderung suka berpetualang di alam bebas, Taurus lebih menyukai olahraga di luar ruangan dibanding di dalam ruangan yang membuat mereka merasa terkungkung. Bila selama ini kamu menekuni fitness di gym karena keterbatasan waktu dan tempat, ini saatnya kamu merencanakan liburan sekaligus berolahraga dengan cara pergi hiking, sepeda gunung, atau sekadar yoga di tempat dengan suasana yang lebih sejuk dan pemandangan indah. Dijamin kamu bisa lebih melepas stress sembari menghirup udara segar.


    Gemini (21 Mei – 20 Juni)

    Elemen udara pada Gemini membuat pemilik zodiak ini akan cepat bosan bila dihadapkan dengan latihan atau gerakan yang itu-itu saja setiap minggunya. Salah satu olahraga yang bisa menjadi pilihan tepat bagi Gemini adalah acroyoga, sebuah latihan fisik yang menggabungkan gerakan yoga dengan akrobatik di mana kamu ditantang untuk menyempurnakan pose yang sulit namun yang jelas tidak akan membosankan dibanding yoga biasa.

    via GIPHY

    Cancer (21 Juni – 22 Juli)

    Memiliki sifat sensitif dan konservatif, Cancer yang punya elemen air lebih menyukai berolahraga dalam keadaan tenang dan intim dibanding tempat bising yang dipenuhi orang banyak. Orang berzodiak Cancer akan menyukai latihan yoga, baik dilakukan seorang diri atau di kelas kecil bersama instruktur yang lebih privat untuk melatih otot sekaligus menenangkan pikiran.


    Leo (23 Juli – 22 Agustus)

    Sebagai pemilik elemen api yang gemar menjadi pusat perhatian, olahraga bertipe high energy di tempat ramai dengan banyak orang bisa memompa semangat Leo dalam berolahraga. Terutama bila olahraga itu punya unsur bersenang-senang, seperti Zumba yang memadukan gerakan olahraga dan tarian. It’s time for Leo to show off and work it out!


    Virgo (23 Agustus – 22 September)

    Termasuk dalam naungan elemen tanah, pemilik zodiak Virgo sebetulnya tidak menyukai olahraga yang mengharuskan bergerak terlalu banyak dan membuat mereka banjir keringat. Latihan Pilates dengan gerakan yang terlihat relaks tapi bermanfaat bagi sekujur tubuh cocok bagi Virgo. Sifat perfeksionis Virgo juga akan membuat mereka menikmati melakukan gerakan yang membutuhkan perhatian penuh pada detail.


    Libra (23 September – 22 Oktober)

    Bagi Libra yang berelemen udara dan dikenal sebagai social butterfly, olahraga tak hanya sekadar menjaga kebugaran tubuh tapi juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk bersosialisasi dan membangun koneksi. Entah itu latihan one-on-one dengan personal trainer yang lebih intim maupun olahraga tim yang membutuhkan lawan atau kawan seperti tenis dan voli tak hanya membuat Libra tetap sehat tapi juga memuaskan hasrat bersosialisasi Libra.




    Scorpio (23 Oktober – 21 November)

    Scorpio yang berelemen air termasuk mereka yang tidak takut pada keringat dan adrenalin. Olahraga yang efektif bagi Scorpio adalah olahraga yang benar-benar memforsir kemampuan fisik dengan suntikan adrenaline rush seperti tinju, kickboxing atau body combat. Berlatih seorang diri menghajar samsak ataupun sparring dengan orang lain dapat menjadi pelampiasan Scorpio meredakan stres yang menumpuk.


    Sagittarius (22 November – 21 Desember)

    Terbiasa multi-tasking dan punya semangat berapi-api sesuai elemennya, Sagittarius merasa sesi gym standar yang rutin terasa membuang waktu dan membuat mereka cepat bosan. Sagittarius butuh jenis olahraga dengan gerakan beragam dan menantang seperti CrossFit yang bisa mendorong batas fisik dan mental dengan banyak variasi gerak yang tak membosankan.


    Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

    Banyak Capricorn sebetulnya lebih menyukai kegiatan yang mengasah otak dibanding olahraga fisik. Tapi bukan berarti mereka tak suka bergerak atau hanya disarankan main catur. Elemen tanah di zodiak ini membuat mereka cocok dengan olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan kegigihan ekstra seperti panjat dinding, golf, memanah, menembak, atau kombinasi dari yoga dan Pilates yang melancarkan denyut jantung sekaligus meningkatkan daya konsentrasi.


    Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

    Dalam urusan olahraga, Aquarius yang berelemen udara biasanya menemukan diri mereka berada di dua kutub yang ekstrem. Mereka bisa saja rajin sekali datang ke gym secara rutin tapi mereka juga bisa absen olahraga sama sekali selama berbulan-bulan. Banyak Aquarius yang sering mendahulukan agenda sosial lain yang menurut mereka lebih seru dibanding olahraga. Untuk mengakalinya, Aquarius butuh pilihan olahraga yang bisa dilakukan beramai-ramai seperti olahraga tim atau ikut klub lari yang memberikan mereka kesempatan untuk tetap bersosialisasi.

    via GIPHY

    Pisces (19 Februari – 20 Maret)

    Walaupun terdengar klise, tapi sesuai lambangnya yang berupa ikan dan elemen air yang menaunginya, Pisces memang disarankan untuk menekuni olahraga yang dilakukan di air seperti berenang, diving, water aerobic, ataupun Aqua Zumba yang super fun!


    (Alex K / Image: Mark Zamora on Unsplash)