Lifestyle

Intip Kesuksesan Social Media Week Jakarta 2019

  by: Kezia Calesta       21/11/2019
  • Social Media Week (SMW) Jakarta 2019 pada hari ini resmi ditutup dengan sejumlah catatan mengesankan dari pembicara dan pengunjung. Perhelatan tahunan yang mengusung tema “Stories: With Great Influence Comes Great Responsibility” dihadiri oleh 11.000 peserta, 181 pembicara, dengan total 95 sesi selama 5 hari rangkaian acara. SMW Jakarta terdiri dari konferensi, community meet up, workshop, acara satelit dan pameran, berhasil menarik minat peserta yang berasal dari beragam latar belakang baik dari industri pemasaran, kreatif dan teknologi.






    Secara keseluruhan, beragam sesi pada rangkaian acara SMW Jakarta tahun ini, termasuk beberapa topik dan pembicara yang paling ditunggu, seperti “How To Be A Forefront of A Pop Culture: Staying Relevant to Your Audience” dibawakan oleh Karen Cheng (Head of Social, 9GAG), “Building True Influence” oleh Nadya Hutagalung (UN Environment Goodwill Ambassador, Founder of Let Elephants Be Elephants dan Media Personality), “Content Disruption & Innovation That Works” oleh Fluxcup (Content Creator), Yusuf ‘Dalipin’ Arifin (Chief of Storyteller, kumparan), dan Trivet Sembel (CEO, Proud Project) telah berhasil memancing minat dan antusiasme peserta untuk memenuhi panggung acara dan mendengarkan beragam insight, stories dan wawasan baru yang dibagikan oleh para pembicara.




    Mengangkat tema “Stories: With Great Influence Comes Great Responsibility” banyak membahas pentingnya storytelling dalam menyampaikan pesan, baik itu suatu brand ataupun individu. Hadir juga Najwa Shihab, Co-Founder NarasiTV, membahas tema “Living in Social Media Today and Tomorrow”. Menurutnya dengan adanya banyak platform ini semua orang bisa menjadi influencer.


    “Semua orang memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain lewat cerita tentang dirinya ataupun cerita orang lain yang dianggapnya menarik. Semua orang bercerita, semua orang bicara yang membuat noise-nya sangat banyak, membuat audiens bingung yang mana fakta, yang mana opini. Karena itu, penting bagi seseorang yang memiliki platform lebih besar, influence-nya sangat berpengaruh agar selalu bicara dengan menggunakan rasa, akal, bicara kebenaran, bertanggung jawab, dan menjaga kewarasan publik,” ujarnya di panggung Conference SMW Jakarta.




    Dalam ajang SMW 2019, bekerja sama dengan Socialbakers, diumumkan Socially Devoted Award, sebuah penghargaan pada brand yang berkomitmen dan interaktif di media sosial. Penghargaan ini diberikan kepada brand yang memahami dan bisa beradaptasi terhadap perubahan paradigma di area customer care, di mana perusahaan mampu menyampaikan komunikasi yang responsif dan dinamis dalam berinteraksi dengan audiens di kanal-kanal media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.




    Berikut pemberian penghargaan tersebut:

    1. Kategori Most “Socially Devoted” Brand on Facebook in 2019 diraih oleh Telkomsel

    2. Kategori Most “Socially Devoted” Brand on Twitter in 2019 diberikan kepada Telkom Care

    3. Kategori Most Engaging Brand on Facebook in 2019 diraih oleh Smartfren

    4. Kategori Most Engaging Brand on Instagram in 2019 diberikan kepada Shopee For Men

    5. Kategori Most Engaging Brand on Twitter in 2019 diberikan kepada Grab Indonesia

    6. Kategori Most Engaging Brand on YouTube in 2019 adalah Samsung Indonesia




    Sampai jumpa di acara SMW Jakarta selanjutnya! (Image: doc. SMW Jakarta / Sweet Escape)