Better You

7 Tips Penting Sebelum Memilih Tempat Fitness

  by: Alexander Kusumapradja       24/11/2019
  • Sudah membulatkan tekad untuk mulai rutin menjaga kebugaran tubuh dengan ikut fitness? Congrats for you! Memulai rutinitas baru, khususnya berolahraga bisa dibilang gampang-gampang susah karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, termasuk memilih tempat kebugaran atau gym yang tepat dari sekian banyak pilihan agar kamu semangat datang dan tidak menyesal sebelum mendaftar. Berikut adalah beberapa tips penting yang harus diperhatikan sebelum kamu memilih tempat fitness

    via GIPHY



    1. Lokasi dan jarak

    Lokasi menentukan prestasi! Tipsnya adalah menyesuaikan dengan rutinitasmu. Apakah kamu termasuk yang lebih suka olahraga di sela-sela aktivitas weekdays atau justru weekend yang lebih santai? Kalau kamu lebih suka olahraga sebelum atau sepulang kerja, pilih tempat fitness yang jaraknya dekat dengan kantor atau kampus. Tapi kalau kamu lebih suka olahraga di akhir pekan atau hari libur, sebaiknya pilih yang dekat atau tidak terlalu jauh dari tempat tinggal agar kamu tidak punya alasan malas pergi ke gym. Semakin jauh, biasanya kamu akan punya banyak alasan dan semakin malas datang.


    2. Biaya

    Ini termasuk faktor paling krusial dan harus disesuaikan dengan budget yang kamu punya, jangan sampai niat olahraga tapi malah membuatmu kantung kering. Tipsnya adalah mengikuti free trial yang ditawarkan terlebih dahulu dan tanyakan dengan jelas pilihan paket yang mereka punya dan masih berada dalam kisaran budget yang sudah kamu siapkan. Tanyakan ke diri sendiri dulu apakah kamu akan rajin datang atau hanya sesekali saja, karena terkadang justru lebih murah membayar per kedatangan dibanding langganan per bulan kalau kamu termasuk yang tidak rutin datang setiap minggu. Cari tahu dan manfaatkan juga promo dan diskon yang ditawarkan tempat fitness atau dari penawaran kartu kreditmu.


    3. Pilihan kelas & program

    Bila kamu termasuk orang yang mudah bosan dan gemar mencoba hal baru, kamu mungkin ingin memilih tempat fitness yang punya banyak pilihan kelas dan program. Begitu juga bila kamu belum yakin dengan jenis latihan apa yang paling cocok untukmu. Dengan makin banyak pilihan kelas dan program, kamu juga bisa makin banyak mencoba olahraga yang paling tepat untukmu. Pikirkan juga apakah kamu butuh jasa personal trainer atau tidak. Bila iya, pastikan tempat fitness yang kamu datangi punya pilihan personal trainer yang benar-benar bersertifikat dan track record yang bagus.

    via GIPHY

    4. Fasilitas yang tersedia

    Saat pertama kali berkunjung untuk free trial, coba lihat-lihat sekeliling gym dan perhatikan fasilitas dan peralatan yang tersedia di dalamnya. Apakah peralatannya masih layak digunakan dan rutin dibersihkan atau tidak. Peralatan yang jarang dirawat bisa menimbulkan risiko kecelakaan yang tidak diinginkan. Perhatikan juga jarak antar alat dan lebar ruangan, pastikan kamu bisa berolahraga tanpa terganggu orang yang berlalu-lalang atau terasa sempit saat tempat fitness dipenuhi banyak orang.




    5. Kebersihan

    Masih ada kaitannya dengan kelayakan tempat, perhatikan juga kebersihan di tempat fitness yang kamu datangi. Dua hal yang dengan mudah menunjukkan kebersihan suatu tempat adalah bagian kamar mandi dan sudut-sudut ruangannya. Bila kamar mandi terlihat tidak meyakinkan dan kamu bisa melihat debu-debu di sudut lantai atau peralatan yang tersedia, artinya kebersihan tempat tersebut kurang terjamin. Tanyakan juga seberapa rutin tempat fitness membersihkan peralatan setelah dipakai dan apakah mereka menyediakan handuk siap pakai atau tidak.


    6. Profil pengunjung

    Hal ini juga termasuk penting lho, girls untuk berjaga-jaga. Cari tahu profil pengunjung seperti apa yang biasanya datang ke tempat fitness tersebut. Apakah pengunjungnya didominasi oleh pria, perempuan, tua, muda, dan sebagainya. Bagi perempuan mungkin akan lebih nyaman berolahraga di tempat yang lebih banyak perempuannya juga dibanding tempat yang didominasi oleh pria. Cari tahu juga kapasitas total tempat fitness tersebut dan seberapa ramai orang-orang yang datang di jam-jam sibuk.

    via GIPHY

    7. Jam buka

    Setiap orang punya waktu favorit masing-masing untuk berolahraga. Beberapa orang lebih suka pergi ke gym di pagi hari saat masih sepi sementara beberapa lebih suka menunggu agak malam setelah beraktivitas. Cari tahu jam berapa tempat fitness tersebut buka dan tutup di hari biasa, akhir pekan, dan tanggal merah. Jangan sampai kamu sengaja ingin berolahraga di tanggal merah tapi tempatnya malah tutup. Akhir-akhir ini, tempat fitness yang buka 24 jam pun sudah mulai bermunculan dan bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagimu.


    (Alex K. / Image: CATHY PHAM on Unsplash)