Better You

7 Manfaat Kesehatan dari Menari yang Perlu Kamu Tahu

  by: Alexander Kusumapradja       27/11/2019
  • Kamu pernah berpikir tidak sih kenapa para penari yang kamu lihat umumnya terlihat begitu sehat, dinamis, dan bugar dengan wajah yang terlihat cerah sumringah? Selain karena memang sudah tuntutan profesi, nyatanya menurut beberapa riset, menari adalah aktivitas yang punya banyak manfaat kesehatan baik fisik maupun mental. Dari mulai menurunkan berat badan, menjaga tubuh tetap fleksibel, mengurangi stres, hingga memperluas pergaulan, menari bisa menjadi pilihan untuk tetap sehat sekaligus bersenang-senang. So you think you can dance? Well, kenapa tidak dicoba saja? Berikut adalah manfaat kesehatan dari menari yang perlu kamu tahu!




    1. Menurunkan Berat Badan

    Bosan latihan fitness yang repetitif? Menari bisa menjadi alternatif kegiatan membakar kalori yang lebih seru. Menari termasuk kegiatan ritmik yang membuat seluruh tubuh bergerak dan meningkatkan denyut jantung, tingkat pernapasan, sirkulasi darah, dan gerakan otot. Tergantung dari jenis tarian apa yang kamu pilih, beberapa jenis tarian dapat membantu membakar kalori dengan cepat, sementara tarian yang lain dapat membantu membentuk otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Pilih gaya tari yang cocok untukmu, entah itu balet, tarian ballroom, atau malah belly dancing. Sebuah studi di Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa latihan dansa aerobik memiliki manfaat menjaga berat badan yang sama ampuhnya dengan bersepeda atau jogging.


    2. Menjaga Fleksibilitas Tubuh

    Gerakan-gerakan plie dan arasbeque yang dilakukan para penari balet tidak hanya indah dipandang tapi juga meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi tubuh yang kaku bagi sang penari. Bukan berarti kamu harus daftar kelas balet, tapi kamu bisa menirukan beberapa gerakan dasar latihan mereka dan melakukan stretching di rumah agar tubuhmu tetap fleksibel, mencegah nyeri sendi, dan rasa sakit setelah latihan atau olahraga.


    3. Meningkatkan Daya Ingat

    Menurut sebuah studi di The New England Journal of Medicine, menari dapat membantu mempertajam daya ingat dan mencegah perkembangan penyakit yang berkaitan dengan otak seperti demensia saat kita semakin menua. Para ilmuwan percaya bila latihan fisik seperti aerobik dan menari dapat menahan kekurangan volume pada hippocampus, yang merupakan bagian otak yang mengatur daya ingat. Area hippocampus secara alami akan mengecil sesuai pertambahan umur yang menjelang usia tua dapat mengarah ke daya ingat yang melemah hingga penyakit demensia.

    via GIPHY



    4. Mengurangi Stres

    Mungkin banyak di antara kita yang sudah paham bagaimana menari di club ketika akhir pekan atau after work bisa menjadi sarana pelampiasan stres yang efektif. Well, tentu tidak harus di club karena menari sendirian di kamar ketika mendengarkan lagu favorit pun juga ampuh mengusir stres dan memperbaiki mood kita. Tapi kalau benar-benar ingin menari dengan manfaat kesehatan yang maksimal, mungkin ini waktu yang pas untuk mulai mencari kelas menari yang bisa kita ikuti. Tango, salsa, jazz, hip-hop dan banyak ragam kelas tari lainnya bisa menjadi aktivitas baru yang seru untuk dicoba. Dalam sebuah hasil studi yang dirilis di Journal of Applied Gerontology, menari berpasangan dan iringan musik bisa menjadi penghilang stres yang mujarab.


    5. Menjaga Kesehatan Jantung

    Menari adalah aktivitas yang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Riset yang pernah dilakukan di Italia menemukan bahwa pasien penderita gagal jantung mengalami kemajuan kesehatan jantung, pernapasan, dan kualitas hidup yang lebih bagus setelah mereka mulai ikut latihan waltz dibanding mereka yang memilih bersepeda atau berjalan di treadmill untuk latihan fisik.


    6. Menjaga Keseimbangan dan Postur Tubuh

    Bila kamu takut postur tubuhmu membungkuk dan keseimbanganmu berkurang seiring usia, beberapa kelas menari dapat mengatasi kecemasan tersebut. Menurut Journal of Aging and Physical Activity, menari tango dapat meningkatkan keseimbangan bagi orang dewasa yang menua. Latihan menari yang rutin dapat menjaga keseimbangan dan postur tetap baik.

    via GIPHY

    7. Menambah Teman

    Kehidupan sosial yang sehat juga menjadi salah satu faktor efektif dan sama pentingnya dengan berolahraga dan menjaga pola diet bagi kesehatan kita secara umum dan kelas menari dapat memperkenalkan kita ke banyak orang baru yang bisa menjadi teman kita. Mereka yang menemukan kepuasan dari hubungan sosial memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan mood yang lebih baik dibanding mereka yang tidak.


    (Alex.K/ Image: Juan Camilo Navia on Unsplash)