Beauty

Intip 4 Cara Mudah Menyimpan Produk Skincare

  by: Fariza Rahmadinna       28/11/2019
  • Pernahkah produk skincare kamu berubah warna atau kamu terpaksa harus membuang produk skincare meski jumlahnya masih banyak? Duh, sayang banget! Well, kemungkinan hal itu terjadi karena kamu salah menyimpan produknya, dear. Berikut empat cara mudah dari Cosmo perihal menyimpan produk skincare yang baik dan benar. Baca sampai habis, ya!


    1. Simpan di Dalam Kulkas

    Produk skincare dengan kandungan bahan organik, vitamin A dan vitamin C harus disimpan di dalam kulkas. Produk dengan kandungan bahan organik biasanya memiliki umur simpan yang sebentar dan kualitasnya rentan rusak. Penyimpanan produk skincare dalam kulkas dapat mencegah tumbuhnya jamur dan memperpanjang umur simpan produk skincare kamu. Produk lain seperti sheet mask dan eye cream juga tepat disimpan di dalam kulkas lho, karena dapat memberikan efek menyegarkan dan menenangkan pada saat diaplikasikan di wajah.




    Tapi tidak semua produk skincare baik disimpan di dalam kulkas, ya. Produk skincare yang berbasis oil (oil based) seperti serum, sebaiknya tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Karena suhu dingin yang dihasilkan lemari es dapat membuat kandungan oil pada skincare kamu menjadi cloudy. Menyimpan produk skincare oil based di dalam lemari es juga dapat membuat air dan minyak yang terkandung dalam produk menjadi terpisah. Produk lain yang tidak perlu untuk disimpan di lemari es yaitu, clay mask karena masker kamu akan mengeras. 


    Baca Juga : Cara Tepat Menyimpan Cat Kuku!


    2. Jangan Simpan di Kamar Mandi

    Menyimpan produk skincare di kamar mandi kerap dilakukan oleh sebagian besar perempuan. Alasannya memang beragam, salah satunya yaitu memudahkan pada saat ingin menggunakan skincare. Tapi buat kamu yang sering menyimpan produk skincare di kamar mandi, sebaiknya perlu kamu pikirkan ulang, ya. Karena suhu kamar mandi yang panas dan lembap dapat memperpendek usia pakai produk skincare kamu. Baiknya, letakkan produk skincare kamu di luar kamar mandi dan mudah dijangkau. Produk kecantikan yang boleh kamu simpan di dalam kamar mandi yaitu pembersih wajah (face wash), sabun dan shampoo.


    Baca Juga: Do's & Dont's Merawat Beauty Blender Agar Tak Mudah Jamuran 




    3. Hindari Menggunakan Jari Tangan


    Kamu pasti memiliki produk skincare yang dikemas dalam bentuk jar tanpa spatula, seperti moisturizer atau eye cream. Produk skincare seperti ini dinilai rentan terkena bakteri dan tidak higienis. Tidak sedikit perempuan yang masih menggunakan jari tangan untuk mengambil produk sebelum diaplikasikan di wajah. Hal tersebut dapat membuat produk skincare kamu mudah terkontaminasi bakteri yang mungkin saja menempel di jari tangan kamu. Tapi tenang saja, karena saat ini kamu bisa membeli spatula secara terpisah. 


    Baca Juga : 5 Cara Menyimpan Parfum yang Benar Supaya Tahan Lama


    4. Hindari Cahaya Matahari

    Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan larangan yang satu ini. Yup, hindari produk skincare kamu dari paparan sinar matahari langsung maupun tidak langsung. Sinar matahari dapat merusak kandungan baik di dalam produk skincare serta dapat menurunkan kualitas produk skincare itu sendiri, terutama produk dengan kandungan vitamin C, benzoyl peroxide dan retinol. Baiknya simpan produk skincare kamu pada suhu ruangan.


    Nah, itu dia empat cara menyimpan produk skincare dengan baik dan benar. Semoga kamu bisa menyimpan produk skincare secara baik dan benar sehingga dapat memaksimalkan usia pakai dan efektivitasnya di kulit wajah.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Icons8 Team on Unsplash, GIPHY)