Beauty

Ini Dia 7 Manfaat Alami Teh Hijau Bagi Kesehatan Rambut

  by: Alexander Kusumapradja       29/11/2019
  • Girls, want to know the tea? Teh hijau ternyata tak hanya punya banyak khasiat kesehatan bila dikonsumsi langsung, tapi juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan rambut kita lewat berbagai cara! Teh hijau yang terbuat dari daun teh segar yang dikeringkan punya kandungan antioksidan yang sangat kaya, salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu senyawa polifenol yang terkandung dalam daun teh. Keberadaan EGCG pada teh hijau dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, hingga kerontokan rambut dengan cara menahan aktivitas hormon pemicu rambut rontok dan mempercepat pertumbuhannya dengan menstimulasi folikel rambut. Apa lagi manfaat alami teh hijau bagi kesehatan rambut kita? Let’s find out! 




    1. Mengurangi kerontokan rambut.

    Kerontokan rambut bisa dialami baik pria maupun wanita di seluruh dunia dengan penyebab yang macam-macam. Dari mulai stres, diet, penyakit autoimun, hingga perubahan hormon. Kerontokan rambut akibat hormon atau sering juga disebut androgenetic alopecia, diketahui diderita oleh sekitar 50 juta pria dan 30 juta wanita di Amerika Serikat dengan sekitar 50 persen pria dan 25 persen wanita berusia 50 tahun ke atas akan mengalami kerontokan rambut akibat hormon dengan skala yang beragam. Dua hormon secara spesifik yaitu testosterone dan dihydrotestosterone dapat memperlambat fase pertumbuhan rambut dan mempercepat kerontokan rambut. Beberapa riset menunjukkan EGCG dapat melawan efek kedua hormon tersebut pada rambut. Menurut riset, EGCG mengurangi kerontokan rambut akibat testosterone dengan cara memperpanjang fase androgen pada pertumbuhan rambut dan memperlambat fase telogen yang merupakan fase di mana rambut kita mati dan rontok.  

    via GIPHY

    2. Memperkuat pertumbuhan rambut.

    Dalam sebuah riset, peneliti menginjeksikan ekstrak EGCG dari teh hijau ke kulit kepala tiga penderita alopecia dan setelah 4 hari, partisipan merasakan perkembangan signifikan dari pertumbuhan rambut mereka. Peneliti pun menyimpulkan bahwa EGCG membantu pertumbuhan rambut dengan menstimulasi folikel rambut dan mencegah kerusakan pada sel kulit dan rambut.


    3. Menghilangkan ketombe dan rasa gatal di kulit kepala.

    Efek anti-peradangan pada teh hijau dapat mencegah kulit kepala dari iritasi dan peradangan. Beberapa peneliti yakin teh hijau membantu kulit kepala melawan ketombe dan mencegah gejala psoriasis (peradangan) di kulit kepala. Kandungan antiseptik pada teh hijau juga melindungi folikel rambut dari timbunan sel kulit mati atau bakteri yang tak diinginkan.

    via GIPHY

    4. Melawan rambut bercabang.

    Rambut bercabang, rapuh, dan rontok adalah tanda-tanda umum dari rambut yang kurang sehat. Teh hijau dapat menjadi solusi melawan masalah tersebut karena mengandung Panthenol, substansi yang dibutuhkan untuk melembapkan dan mencegah kerusakan rambut.


    5. Melawan produksi minyak berlebih.

    Produksi minyak pada kulit dikontrol oleh tingkat pH dan teh hijau dapat bekerja secara ajaib menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala di kondisi ekstrem sekalipun. Selain mampu mengurangi produksi minyak berlebih, di waktu yang sama teh hijau juga menutrisi dan menghidrasi kondisi kulit kepala yang kering.




    6. Menjaga teksur dan kilau rambut.

    Siapa sih yang tidak menginginkan rambut yang lembut dan bersinar? Namun faktanya, banyak faktor yang membuat kita sulit menjaga rambut tetap halus dan berkilau sehat. Nutrisi seperti Polyphenols, vitamin C, dan vitamin E yang ditemukan pada teh hijau mampu membantu kita dengan cara melindungi rambut dari radiasi UV dan elemen perusak lainnya. 

    via GIPHY

    7. Memperlancar sirkulasi nutrisi.

    Rambut kita merupakan bagian dari sistem bernama sistem integumen yang terdiri dari kuku, kulit, dan rambut. Faktanya, rambut kita tumbuh secara langsung dari kulit di mana rambut kita turut menerima aliran darah dan nutrisi dalam tahap perkembangannya di kulit kepala. Dalam sebuah riset dengan 15 peserta, peneliti menemukan bahwa konsumsi suplemen mengandung ekstrak teh hijau selama 12 minggu dapat memperlancar aliran darah dan oksigen pada kulit sebesar 29 persen dibanding yang tidak. Salah satu faktor utama pertumbuhan rambut adalah sirkulasi nutrisi dan oksigen yang cukup pada kulit, karena itu sirkulasi darah yang tak lancar juga menjadi penyebab kerontokan rambut. Meminum teh hijau secara rutin dapat membantu proses sirkulasi nutrisi ke kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.


    Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Rambut

    via GIPHY

    Selain mengonsumsi satu sampai dua cangkir (240-480 ml) teh hijau setiap hari untuk sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh, kita pun bisa menggunakan produk-produk yang mengandung kebaikan teh hijau atau ekstraknya sebagai komponennya seperti:

    • Shampoo. Gunakan shampoo dengan ekstrak teh hijau untuk cuci rambut sehari-hari. Pastikan kenakan shampoo hingga ke pangkal rambut dan kulit kepala lalu scrub dengan lembut.

    • Kondisioner. Pakai kondisioner atau masker rambut berbahan teh hijau ke pangkal rambut, helai, dan ujungnya. Diamkan sekitar 3 – 10 menit lalu bilas hingga bersih.

    • Bilas rambut alami. Tambahkan 1-2 kantung teh hijau ke air panas dan biarkan terlarut sekitar 5 menit. Ketika sudah dingin, pakai cairan tersebut ke rambut saat mandi.


    (Alex.K / Image: nastya on Unsplash )