Lifestyle

Tak Disangka, Ini 7 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

  by: Kezia Calesta       28/11/2019
  • Saat berbelanja bulanan di supermarket, makanan apa yang selalu menangkap perhatianmu? Bila kamu sedang mencari buah segar yang tidak hanya lezat tetapi juga baik untuk tubuh, saatnya menambahkan buah pir ke dalam diet sehari-hari. Berikut adalah manfaat buah pir untuk kesehatan kamu!


    1. Menyehatkan usus

    Buah pir kaya akan serat pectin dan probiotik yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Did you know? Satu buah pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat, yaitu 22% dari kebutuhan serat harian kamu. Ingat, pencernaan yang lancar dapat meningkatkan perasaan kenyang, maka kebiasaan mengkonsumsi serat dapat mendukung diet dan mengurangi kecenderungan nyemil. Psst, kulit pir juga mengandung serat, so eat it unpeeled!




    2. Menurunkan risiko sakit kardiovaskular

    Ya, buah pir dapat menurunkan penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Sebuah riset oleh NCBI tahun lalu membuktikan bahwa orang yang memiliki metabolisme rendah mengalami kemajuan dalam tekanan darah dan jantung saat mengkonsumsi 2 buah pir setiap hari. 


    Fun fact:

    Pir yang memiliki warna kemerahan mengandung anthocyanin, semacam zat yang dapat memperbaiki kesehatan jantung dan memperkuat pembuluh darah – sedangkan pir jijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata.


    3. Menangkal radikal bebas

    Buah pir mengandung kadar antioksidan tinggi, termasuk vitamin C, vitamin K, dan tembaga. Kandungan tersebut dapat menangkal efek radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. 




    4. Mencegah inflamasi

    Riset juga membuktikan bahwa serat dan antioksidan flavonoid yang dikandung dalam buah pir dapat membantu meregulasi sistem imun dan mencegah inflamasi. Itu artinya risiko kamu untuk terkena sakit diabetes, kanker, dan obesitas juga menurun! Ditambah lagi, pir juga mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk vitamin C dan K untuk mencegah inflamasi.


    5. Menurunkan risiko diabetes

    Selain kandungan serat dan flavonoid yang ampuh, pir merah juga kaya akan kandungan anthocyanin yang terbukti bisa menurunkan risiko type 2 diabetes sebanyak 23%. Also, kandungan serat dalam pir dapat melambatkan pencernaan dan memberikan tubuh kamu kesempatan untuk menyerap karbohidrat dengan lebih baik. Hal ini akan meregulasi kadar gula darah dan membantu mengontrol diabetes. Yay!


    6. Menurunkan risiko terkena kanker

    Buah pir memiliki banyak kandungan yang bersifat anti-kanker, contohnya anthocyanin dan cinnamic acid yang telah terbukti dapat melawan sel kanker, khususnya kanker paru-paru, perut, dan saluran kemih. Ingat, selain pir, tambahkan juga buah-buahan dan sayur mayur lainnya!


    (Image: doc. okrasyuk©123RF.com)