Beauty

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

  by: Kissy Aprilia       29/11/2019
  • Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami penurunan kualitas elastisitas dan kolagen. Hal ini terjadi lebih parah di sekitar mata, sebab lapisan kulit di area tersebut lebih tipis dibandingkan yang lain. Itulah sebabnya mengapa tanda penuaan, seperti kerutan, muncul lebih dulu di bagian bawah mata. 


    Selain usia, kerutan di bawah mata juga dapat disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet. Jika kamu belum tahu, sinar UV adalah faktor utama yang mengakibatkan kerusakan pada kulit. Selanjutnya, gaya hidup yang tidak sehat juga memicu penurunan elasitisitas dan kolagen dalam kulit, apalagi kebiasaan merokok. But well, selalu ada cara untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Keep on reading!




    Eye Cream to The Rescue

    Jangan biarkan kulit di area bawah matamu kering! Gunakan selalu produk eye cream agar elastisitas dan kolagennya tetap terjaga. Jika masalah kerutan sudah terlihat cukup jelas, Cosmo menyarankanmu untuk mencoba produk eye cream yang mengandung retinol, karena berfungsi memacu regenerasi kulit.


    Relaxing Massage

    Berikan sedikit pijatan ringan saat mengaplikasikan eye cream. Cara ini akan mengurangi tegangan pada kulit, membuat penetrasi kelembapan lebih maksimal, dan meningkatkan peredaran darah. Gunakan jari manis untuk memijat area bawah mata, lalu tarik perlahan mulai dari ujung ke arah luar. Ingat, girls.. Lakukan pijatan secara perlahan karena kulit area mata sangatlah sensitif.


    Chemical Peeling

    Chemical peeling berfungsi mengangkat lapisan kulit mati, sehingga tergantikan dengan yang baru. Perawatan ini bisa dilakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, namun Cosmo tidak menyarankanmu untuk melakukannya sendiri. Salah-salah memilih kandungan, kamu berisiko mengalami iritasi, terbakar, atau bengkak. Jadi, pastikan kamu melakukan chemical peeling dengan ahli dermatologi yang berkredibilitas. 




    Perawatan Mikrodermabrasi

    Prosedur menyemprotkan mikrokirstal aluminium oksida ke permukaan kulit ini dikatakan cukup efektif menghilangkan kerutan di bawah mata karena memberikan efek pengangkatan sel-sel kulit mati. Biasanya, kamu akan mengalami kemerahan pada kulit atau sedikit sensasi menyengat, namun masa penyembuhannya hanya beberapa saat saja. 


    Dermal Fillers untuk Solusi Praktis

    Jika ingin menghilangkan kerutan di bawah dalam sekejap, kamu dapat mencoba injeksi dermal fillers. Perawatan ini memberikan volume pada area wajah dengan kandungan zat Hyaluronic Acid. Prosedur ini berlangsung dalam waktu sekitar 30 menit dan hasilnya bisa bertahan enam bulan sampai satu tahun.


    (Images: Angelos Michalopoulos on Unsplash)