Lifestyle

Semua Fitur dan Program Baru dalam Google for Indonesia 2019

  by: Givania Diwiya Citta       30/11/2019
  • Pada 20 November lalu, gelaran Google for Indonesia yang keempat resmi dihelat! Dalam acara ini, Google pun mengumumkan program serta produk baru kreasinya untuk Indonesia. Misinya? Untuk membantu masyarakat Indonesia “maju sama-sama” lewat mengoptimalkan manfaat internet terbuka. Program acara ini pun disambut hangat oleh dua menteri yang hadir, lho! Yakni terdapat Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Keduanya pun sama-sama menyambut serta mendorong inisiasi yang digerakkan Google, mulai dari sejumlah fitur baru sampai akses edukasi, pelatihan, dan koneksi yang mampu memajukan berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.






    Lalu jika kamu sudah bertanya-tanya, apa sajakah inisiasi yang diluncurkan Google untuk Indonesia? Terdapat satu hal yang paling menyita perhatian Cosmo, yakni platform Grow with Google. Inilah inisiatif yang diluncurkan Google dalam wujud program dan alat pembelajaran gratis untuk mengembangkan keterampilan, karier, bisnis, baik untuk pemilik usaha, pencari kerja, mahasiswa, developer, guru-siswa, jurnalis, sampai kreator. Salah satunya adalah yang berada dalam tajuk Bangkit, yaitu program pelatihan selektif selama enam bulan yang dirancang membantu membangun SDM developer dengan bakat teknologi, untuk mengasah keterampilan teknis dan soft skill, demi bisa berkontribusi mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan.




    Ya, dunia teknologi memang menjadi poros utama yang didorong oleh Google, persis seperti yang digaungkan Nadiem dalam sambutannya di hari itu. “Jika kita ingin maju sesuai dengan visi Bapak Presiden, dan ingin menjadi SDM yang unggul, kita tidak mungkin hanya bisa melakukannya dengan mengikuti jalur yang sama seperti negara-negara lain, contohnya evolusi 30 atau 50 tahun industri dan manufaktur. Kita harus melakukannya dengan cara shortcut, yaitu melalui digitalisasi pendidikan teknologi,” ungkapnya. Cosmo tidak bisa tak mengangguk setuju! Namun selain itu, ada pula lho program pelatihan untuk entrepreneur perempuan dalam Women Will, serta untuk pemilik bisnis dalam Gapura Digital. Salute! Lalu bagaimana dengan layanan terbaru dari Google untuk Indonesia? Berikut Cosmo rangkum beberapa poin yang jadi sorotan. Kata kuncinya: all-is-interesting!


    “Jika kita ingin maju sesuai dengan visi Bapak Presiden, dan ingin menjadi SDM yang unggul, kita harus melakukannya dengan cara shortcut, yaitu melalui digitalisasi pendidikan teknologi.” - Nadiem Makarim


    Google Search:




    Kini, Google Go bisa menerjemahkan halaman web dengan sekali ketuk, dan kamu pun bisa meminta mesin ini untuk membacakan teksnya dalam beragam bahasa. (P.S., segera hadir untuk layanan bahasa Indonesia!) Lalu, fitur Lens di Google Image Search bisa digunakan untuk menelusuri gambar yang ingin diketahui lebih jauh. Tinggal ketuk saja detail gambar dalam sebuah foto, lalu Google Search akan menyediakan alternatif penelusurannya. As easy as what the eyes wanna see!


    Asisten Google:


    Berkat dirancang untuk membantu aktivitas setiap penggunanya, kini Asisten Google pun telah terintegrasi dengan aplikasi dan layanan yang sering kita gunakan sehari-hari, termasuk brand lokal terkemuka yang salah satunya merupakan kemampuan action aplikasi Gojek. Sekarang kamu hanya tinggal mengucapkan “Pesan pizza dari Gojek” lalu Asisten Google pun akan menampilkan daftar merchant dengan cepat. Lebih dari itu, Asisten Google yang bersifat pribadi ini sekarang diinjeksi dengan kemampuan kontrol akan privasi yang lebih mudah. Sesederhana bilang “Ok Google, aku mau kamu hapus percakapan minggu lalu” dan voila! Percakapan minggu lalu dalam device pun terhapus.


    YouTube Music:


    Perkenalkan, YouTube Music adalah aplikasi musik baru yang dilengkapi dengan teknologi dan fitur-fitur bawaan dari YouTube. Di sini, ada lagu resmi, album, ribuan playlist, radio artis, katalog remix, pentas live, lagu cover, sampai video musik yang dipersonalisasi dalam satu tempat. Ada fitur Smart Search untuk menemukan lagu yang sedang dicari, meski kita tak tahu persis judulnya, atau meski kita menuliskan lirik yang salah. Lalu ada juga fitur Beralih Audio/Video pada YouTube Premium dan YouTube Music Premium untuk secara mudah berpindah dari mendengar atau menonton musik dalam format lagu atau video. What is not to love, girls? Go explore what they have to offer!


    (Givania Diwiya / Image: Dok. Google Indonesia / Layout: Dyah Puspasari)