Better You

21 Hobi yang Bisa Kamu Coba di Rumah untuk Hilangkan Bosan

  by: Alvin Yoga       5/11/2020
  • Pernahkah seseorang bertanya padamu apa yang kamu lakukan ketika kamu sedang senggang di rumah, dan kamu menjawab dengan, "um...Aku menonton keluarga Kardashian di TV?"

    Jujur, pertanyaan tersebut merupakan salah satu yang paling sulit dijawab saat ini, karena bahkan saya sendiri tak tahu apa yang saya lakukan ketika sedang senggang - ralat, KALAU saya punya waktu untuk senggang.

    Bukan berarti saya tak punya hal yang saya sukai dan ingin saya lakukan. Ada banyak kok, semisal hang-out dengan teman-teman (bye), pergi berbelanja di mal (RIP), dan menonton TV. Sure, hal-hal tersebut menyenangkan untuk dilakukan, namun di tengah situasi pandemi seperti ini, rasanya hanya satu dari tiga jawaban tersebut yang bisa saya sebutkan: yaitu menjadi 'kaum rebahan' sambil menonton TV - yang rasanya bisa membuat bosmu menggelengkan kepala atau menguap lebar ketika mendengarnya. Yup, sebaiknya jangan.



    Truth is, kalau kamu adalah seorang pelajar yang saat ini sedang 'menikmati' kelas daring di rumah, atau kamu punya pekerjaan dan saat ini sedang WFH di rumah, kamu mungkin merasakan hal yang sama dengan yang saya rasakan: Rasanya seperti tidak ada waktu ekstra untuk melakukan hobi karena pekerjaanmu seperti tak ada habisnya. Bahkan bisa mengingat waktu makan malam saja sudah menjadi suatu keajaiban.

    Tapi jika kamu benar-benar sudah ~muak~ dengan apa yang kamu lakukan dan kamu butuh hiburan, atau kamu ingin menyiapkan jawaban yang bagus kalau-kalau bosmu bertanya di tengah Zoom meeting, daftar aktivitas berikut jelas terdengar jauh lebih menarik dibanding jawaban "um...Aku menonton keluarga Kardashian di TV?"

    Happy hobby hunting!


    Hobi yang bisa kamu lakukan #DiRumahAja

    1. Menulis

    ...jurnal mengenai bagaimana kamu menghabiskan harimu, atau membuat lagu, atau mungkin cerita pendek (hey, atau mungkin fanfic?). Biarkan sisi kreativitasmu mengambil alih dan ingat, kamu tak harus membagikan apa yang kamu tulis dengan orang lain kalau kamu tak mau.


    2. Berkebun

    Entah kamu punya taman yang luas atau sekadar sudut kecil di kamarmu yang terpapar cahaya, tak masalah. Saran Cosmo, cobalah menanam beberapa tanaman yang bisa tumbuh di dalam rumah dan bisa mudah dirawat. Klik di sini untuk mengetahui tanaman indoor apa saja yang mudah dirawat. Time to develop your green thumb.



    3. Kaligrafi

    Tingkatkan level kartu ucapan selamat ulang tahunmu dengan membuat kartu tersebut sendiri alih-alih membelinya. Ada banyak sekali video online gratis mengenai cara belajar melakukan kaligrafi, yang tentu saja sama menariknya seperti mempelajari cara makeup natural dari YouTube.


    4. Bermain puzzle

    Kalau kamu pernah bermain puzzle dan berhasil menyelesaikannya, kamu pasti tahu bagaimana rasanya menaruh potongan terakhir dari sebuah puzzle. Yes, ada rasa puas yang membuncah ketika kamu berhasil menyelesaikan teka-teki tersebut. Kalau kamu belum pernah bermain puzzle (seriously? Ke mana saja?) biar saya beri tahu, hal terbaik dari bermain puzzle adalah mereka tersedia dalam berbagai ukuran (atau jumlah, semakin banyak jumlahnya, semakin seru!), serta desainnya berbeda-beda, yang berarti ada ribuan puzzle di luar sana yang bisa kamu mainkan terus menerus! Sedikit tip, begitu kamu selesai membuat satu puzzle, kamu bisa membingkainya dan menggantungnya di tembok kamarmu untuk sebuah hiasan cantik.



    5. Membaca

    Yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Anyway, ini sudah hampir akhir tahun, dan kalau kamu belum menyelesaikan satu buku pun, baca rekomendasi buku novel pilihan Cosmo di sini.



    6. Memasak

    Memasak berarti makan, itulah sebabnya hobi ini akan menjadi salah satu hobi yang paling berguna untukmu ke depannya. Cek resep dessert yang mudah dibuat berikut untuk memulai hobi memasakmu. Siapa tahu kamu akan menjadi Top Chef suatu hari nanti. Heh!



    Hobi yang membuatmu bergerak

    7. Berlari

    Berlari adalah salah satu aktivitas yang menarik bagi kamu yang gemar mengejar goal. Kamu bisa mulai dari 1K, lalu 3K, kemudian 5K, lalu naikkan terus sampai half marathon. Atau, kalau kamu hanya bisa berlari keliling komplek rumah atau treadmill di dalam rumah, hey, tak masalah!


    8. Bersepeda

    Sama seperti berlari, bersepeda belakangan ini juga menjadi tren olahraga yang tak kalah mengasyikkan. 



    9. Yoga

    Beberapa dari kita (seperti saya misalnya) bisa dikatakan lebih cocok "namaste in bed" dibandingkan "get my zen on," tapi kalau kamu sedang mencari cara untuk lebih aktif, yoga bisa menjadi awal yang baik. Cobalah ikuti beberapa kelas yoga virtual, atau putar video dari YouTube.



    Hobi yang lebih edgy

    10. Mixology, atau membuat cocktail

    Guys, this isn't hard. Dan percayalah, tak ada yang lebih menyenangkan dibanding menyesap segelas koktail setelah seharian WFH di rumah. Cobalah dengan membuat minuman klasik seperti segelas cosmopolitan (*wink*) atau old fashioned. Atau, untuk pemula, coba resep sangria cocktail berikut. Cheers!





    11. Stand-up comedy

    Hey, tak ada yang salah dengan menjadi seorang komedian. Lagipula, hobi ini ternyata sangat sulit (percayalah) dan kamu mungkin tidak akan terkenal seperti komedian lainnya (just kidding). Tak ada salahnya mencoba, karena berkomedi adalah salah satu cara yang baik untuk keluar dari zona nyaman dan mempelajari bakat terpendammu.


    12. Mulai mengoleksi sesuatu

    Kamu bisa mengoleksi apapun mulai dari prangko, kulit kerang yang cantik, puzzle, koin, kartu Pokemon, album K-pop (serius!), whatever! Dan kalau kamu beruntung, beberapa "collectible item" tersebut akan memberimu banyak uang di masa depan. You can thank us later.


    Hobi yang lebih kreatif

    13. Melukis

    Bahkan kalau kamu berpikir kamu tak punya sisi artistik, TAK ADA yang salah dengan mencoret-coret kanvas kosong atau membuat lukisan random. Begitu kamu selesai dengan masterpiece-mu, kamu bisa menggantung lukisan tersebut di kamar mandi dan memamerkan hasil karya itu.



    14. Membuat scrapbook

    Full disclosure: Saya sempat mengambil kelas scrapbook dan saya SUKA sekali dengan kelas tersebut. Memang, kamu perlu sedikit modal untuk melakukan hobi ini, tapi hasilnya benar-benar priceless.


    15. Merajut

    Bukan, ini bukan hobi untuk orang lanjut usia. Justru ini adalah kesempatan yang tepat untuk berhenti membeli scarf atau topi rajut atau alas gelas yang overprice dengan membuatnya sendiri. Tidak sulit kok, dan merajut bisa dilakukan di mana saja. Begitu kamu sudah pandai melakukannya, kamu akan ketagihan untuk membuatnya lagi dan lagi. It'll become second nature.


    16. Menjahit

    Pernahkah kamu berada di situasi di mana kamu sedang berbelanja mencari satu pakaian tertentu namun kamu tak bisa menemukannya di mana-mana? Sama. Atau ingatkah kamu ketika kamu membeli celana dan biaya potongnya hampir seharga celana tersebut? Inilah gunanya kamu belajar menjahit. Ini akan menjadi hobi yang luar biasa untuk sustainable fashion. Kalau perlu, berinvestasilah dengan membeli mesin jahit.


    17. Membuat candle sendiri

    Kalau kamu termasuk orang yang cukup picky mengenai aroma tertentu, aktivitas ini akan sangat berguna untukmu. Dengan memilih sendiri aroma yang kamu inginkan, kamu bisa menciptakan lilin sendiri untuk hiasan atau aromaterapi di rumah.



    Hobi ~fancy~

    18. Meditasi

    Meditasi adalah waktu yang baik untuk keluar dari segala kepenatan dunia dan fokus pada pikiran, nafas, dan tubuh sendiri. Saya bahkan merasa sangat zen hanya dengan menulisnya. Cek aplikasi meditasi terbaik favorit kami dan coba sendiri di rumah.



    19. Mempelajari alat musik

    Hey, tak pernah ada kata terlambat untuk mempelajari alat musik. Kamu bisa mencoba dari yang paling mudah, seperti gitar atau flute (seperti Lizzo). Apapun yang kamu pilih, Cosmo akan meminta kredit kalau-kalau kamu diundang ke Grammy.


    20. Fotografi

    Hanya karena kamu punya smartphone canggih atau mungkin kamera DSLR, lalu tiba-tiba saja boom, kamu menjadi seorang fotografer handal dengan deretan foto yang menarik di Instagram. Hey, bukan begitu cara mainnya. Itu sih, kelebihan mengedit foto bukan mengambil foto. Ambil kelas online untuk belajar mengenai komposisi, teknik pengambilan gambar, dan juga cara mengedit foto yang baik tanpa terlihat berlebihan.



    21. Mempelajari bahasa baru

    Sama sekali tak ada kerugian dari mempelajari bahasa baru. Saran Cosmo, pelajarilah bahasa yang diterima oleh PBB sebagai bahasa universal agar kamu bisa menggunakannya untuk meng-update CV, seperti Prancis, Mandarin atau Spanyol.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US)