Beauty

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Mudah

  by: Kissy Aprilia       2/11/2020
  • Sejujurnya, tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah rambut bercabang. Well, menyatukan bagian ujung rambut yang sudah terbelah memang terdengar mustahil ‘kan? Tapi kamu bisa menghindari masalah rambut bercabang agar tetap terlihat indah, halus, dan berkilau, dari akar hingga ke bagian ujung. Ini caranya!


    Sisir rambutmu secara perlahan

    Surprise! Hal simpel ini ternyata dapat menimbulkan masalah rambut bercabang, jika dilakukan secara kasar. Helaian rambut itu mudah rapuh, jadi rawatlah dengan ‘penuh kasih sayang’. Jika kamu mendengar suara gesekan atau seperti kertas dirobek, berarti kamu masih memperlakukannya tidak baik. Sisir rambut mulai dari bawah untuk merapikan bagian yang kusut, lalu mulailah menyisir secara menyeluruh jika sudah tidak ada lagi yang kusut.




    Kurangi penggunaan alat styling panas

    Suhu panas yang dikeluaran oleh flat iron atau curling iron kesayanganmu adalah faktor terbesar penyebab rambut bercabang. Faktanya: semakin tinggi temeperaturnya, semakin besar juga risiko kerusakan rambut dan catat: tidak semua jenis rambut memerlukan 200 derajat celcius untuk mendapatkan hasil tatanan yang sempurna. Cukup atur suhu di temperatur 140 derajat celicius, dan siaplah mengucapkan selamat tinggal pada rambut bercabang. 


    Jangan mancabut rambut yang sudah bercabang

    Don’t pick! Cosmo tahu mungkin kamu merasa gemas untuk mencabuti bagian rambut yang sudah bercabang, apalagi jika kamu berencana untuk memanjangkan rambut. Meregangan helaian rambut sama saja seperti sedang merentangkan karpet merah untuk menyambut masalah rambut bercabang. Hal ini dikarenakan gesekan yang terjadi menyebabkan kutikula rambut terkikis. So hands off, ok?




    Rutin potong rambut 

    Satu-satunya cara termudah untuk menghilangkan rambut bercabang adalah dengan memotongnya. Tapi jika kamu si super anti-haircut atau sedang ingin memanjangkan rambut, minta kepada hair-stylist untuk melakukan perawatan hair-dusting. Teknik ini hanya akan menghilangkan bagian rambut yang bercabang tanpa membuatnya menjadi pendek. Ini contohnya:


    Samarkan rambut bercabang dengan shine serum

    Mungkin kamu belum ada waktu untuk mengunjungi salon, tapi Cosmo punya trik untuk menyamarkan rambut bercabang agar kamu tetap terlihat stand out. Jika kamu melihat tampilan rambut kusut meski sudah di-styling, aplikasikan shine serum, dan kamu akan langsung melihat perbedaannya. Fake it until you make it because why not.