Lifestyle

Belajar Tentang Bisnis Milenial di Festival UMKM Kumparan

  by: Givania Diwiya Citta       4/11/2020
  • Girls, sebagai anggota dari generasi milenial, sudahkah kamu belajar mengenai bisnis serta usaha kecil dan menengah yang marak digawangi sekaligus punya banyak peluang untuk dieksplorasi oleh kaum kita ini? Melalui acara Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) yang digelar secara online oleh Kumparan pada 26-28 Oktober 2020 lalu, Cosmo jadi belajar banyak, lho! Bagaimana tidak, festival ini bahkan menjadi tempat diskusi dan sumber inspirasi bagi para pemilik usaha kecil dan menengah, lewat berbagai rangkaian konferensi sampai webinar yang insightful.





    Selama tiga hari berturut-turut, festival ini diisi serangkaian acara interaktif yang terdiri dari talkshow bersama lineup nama-nama besar, webinar eksklusif bersama para pegiat bisnis usaha kecil dan menengah yang sustain dan bisa di-look up di Indonesia, performa hiburan musik dari Mikha Angelo hingga Isyana Sarasvati, sampai penghargaan bagi para brand lokal yang patut diapresiasi. Adapun sederet sosok pengusaha seperti Sandiaga Uno, Billy Kurniawan selaku Founder dan CEO Kopi Janji Jiwa, Didiet Maulana selaku Entrepreneur Mentor dan Founder IKAT Indonesia, sampai Najla Bisyir penggagas Bittersweet by Najla yang viral, turut menjadi pengisi sesi konferensi serta webinar dalam ajang festival ini.



    Tentunya, topik-topik yang dibahas telah dirancang secara variatif, demi mencapai tujuan bisa melahirkan, mendorong, dan memperkuat eksistensi usaha mikro, kecil, dan menengah milik generasi milenial di Indonesia. Seperti topik “Membangun Bisnis yang Tahan Banting” yang dibahas oleh Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara), Sandiaga, dan Rosan Roeslani (Ketua Kadin Indonesia), ada pula webinar “Running Your Small Business Like A Pro” bersama di antaranya Andanu Prasetyo (Founder dan CEO Toko Kopi Tuku) dan Dinar Amanda (CMO Rollover Reaction). 



    Tak luput, adapun webinar bertema “Cara Memulai Bisnis Fashion untuk Milenial” yang diisi oleh Didiet serta Intan Kusuma (CEO Vanilla Hijab), sampai topik yang tak kalah menarik, webinar “Strategi Memviralkan Bisnis” bersama Najla, Shinta Nurfauzia (CEO dan Co-Founder Lemonilo), dan Ferly Novriadi (Co-Founder dan Strategic Creative Director Bujukrayu). Psstt, bahkan untuk lebih membakar semangat, Presiden RI Joko Widodo memberi sebuah keynote speech mengenai peran milenial dalam membangkitkan UMKM, lho!





    Rasanya festival ini menjadi injeksi motivasi untuk memercik spirit berwirausaha dalam diri, apalagi bagi generasi milenial yang sedang memiliki masa keemasan untuk bereksplorasi terhadap berbagai peluang, terutama di tengah-tengah kondisi dampak dari pandemi COVID-19 yang menantang kreativitas. Tak hanya itu, festival ini juga sekaligus menjadi ajang penghargaan serta penyalur bantuan untuk para brand lokal yang telah memajukan ekonomi serta memberdayakan masyarakat di Indonesia, baik di masa normal ataupun ketika krisis terjadi seperti pandemi ini. 




    Oleh karenanya, terdapat beberapa apresiasi pula yang diberikan pada brand lokal terpilih atas keunggulannya, seperti di antaranya Rawtype Riot yang memenangkan kategori Brand Lokal Paling Viral 2020, Auss Kah sebagai pemenang kategori Pendatang Baru Terbaik, Demi Bumi sebagai pemenang kategori Peduli Lingkungan, sampai Sweet Sundae Ice Cream yang memenangkan kategori Pemberdayaan Komunitas. Inspiring! Apakah kamu terdorong mengikuti jejak inspiratif para pengusaha milenial ini? You should, bb, ‘cause you are meant to dream big!


    (Givania Diwiya / Images: Artem Podrez from Pexels, Dok. Kumparan)