Beauty

8 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Tunda Proses Penuaan Kamu

  by: Astriana Gemiati       5/11/2020
    • Merawat kulit wajah khususnya anti-aging bisa dimaksimalkan dengan asupan yang baik, sehat, dan enak. 
    • Sertakan 8 bahan makanan ini untuk bantu menunda proses penuaan kamu.


    Anggur dan keju mungkin menua seiring waktu, namun kulit kamu mungkin tidak. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan proses tubuh lainnya melambat, hingga dapat menyebabkan keriput dini dan tanda penuaan lainnya. Namun, rutinitas skincare anti-aging bukanlah satu-satunya hal yang bisa membuat kamu lebih sehat. 

    Siklus penuaan memang tidak dapat dihentikan, namun kamu dapat memastikan bahwa kulit bisa dipertahankan kemudaannya untuk waktu lama dengan asupan makanan yang benar dan rutinitas perawatan kulit dengan menggunakan produk yang tepat.



    Berikut ini bahan makanan yang bisa dicoba untuk memperlambat proses penuaan kamu:


    Buah Delima

    Selama berabad-abad buah delima digunakan sebagai buah herbal untuk pengobatan. Dengan tingkat vitamin C yang tinggi dan antioksidan kuat, buah delima melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan. Buah delima juga mengandung senyawa yang di sebut dengan punicalagin yang dapat bantu mempertahankan tanda-tanda penuaan kolagen di kulit. Taburkan permata kecil manis ini pada salad kenari dengan baby spinach untuk perawatan anti-aging kamu.


    Alpukat

    Alpukat adalah salah satu produk anti penuaan yang paling populer. Tinggi akan kalsium, vitamin A, C, E, dan K, serta antioksidan yang mengatur efek penuaan. Ini juga baik untuk kesehatan kamu secara keseluruhan. Kamu dapat menumbuk dan menyebarkan alpukat di atas roti panggang atau hanya mengiris dan menambahkannya ke salad selada biasa.


    Bayam

    Bayam mengandung kelembapan tinggi dan antioksidan untuk mengoksidasi seluruh tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dari daun hijau ini akan meningkatkan perkembangan kolagen untuk menjaga agar kulit tetap halus dan kencang. Vitamin A juga dapat bantu mengurangi peradangan sel, sedangkan vitamin K membantu meningkatkan proses penyembuhan kulit. Kamu bisa membuatnya dalam minuman smoothie, ataupun salad.


    Ghee

    Ghee diperkaya dengan vitamin A, C, D, E, dan K. Ini termasuk alpha-tocopherol yang mendukung dan menjaga kebersihan kulit. Dalam masakan India, ghee banyak digunakan untuk menumis, memanggang, atau sekadar memask. Kamu dapat menggunakan ini daripada mentega atau minyak untuk meningkatkan kesehatan kulit kamu.


    Dark Chocolate

    Penelitian telah menunjukkan bahwa meminum dark chocolate akan meningkatkan elastisitas dan hidrasi pada kulit. Flavanol dalam cokelat hitam bantu mencegah cedera radiasi UV. Kamu bisa menggunakan dark chocolate sebagai hiasan pada kue, sereal, dan oatmeal.




    Blueberry

    Blueberries kaya akan vitamin C, K, dan nutrisi lain yang mencegah kerusakan sel dan memiliki efek anti penuaan. Sertakan ini dalam smoothie kamu untuk mendapatkan manfaat darinya.


    Tomat

    Tomat mengandung lycopene, karetenoid yang bantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kulit tomat juga memiliki efek anti inflamasi pada kulit manusia. Kamu harus menggunakan untuk menyiapkan salad gurih dengan bawang, pasta, dan kari kamu untuk memberikan rasa pedas pada makanan kamu.


    Lemon

    Buah jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan tampak berkilau. Vitamin C adalah antioksidan utama yang menghambat efek radikal bebas dan juga mengandung flavonoid yang ramah kulit. Kamu bisa jus lemon atau bahkan menaburkannya pada makan kamu untuk menambah tenaga.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram, [email protected] )