Lifestyle

Nostalgia! Ini Daftar Lagu Cinta Romantis dari Era 90an

  by: Givania Diwiya Citta       6/11/2020
  • Meski tahun 2020 ini kita mengalami berbagai peristiwa tak terduga, seperti pandemi global dan lain-lain, beberapa lagu cinta yang rilis tahun ini cukup banyak menyelamatkan mood kita. Tapi sejujurnya, tak ada yang bisa menggantikan track dari era ‘90an yang terasa kekal. Mulai dari lagu pop hits sampai R&B yang seksi, era ‘90an memproduksi lagu-lagu cinta yang bisa dinikmati oleh hampir setiap orang. Dan bagian terbaiknya? Banyak dari lagu-lagu lama tersebut masih relevan hingga sekarang. Oh, dan video musik dari era ini sungguh membawa perasaan unik hingga bisa membawa pikiran kita kabur dari kenyataan terkini… meski hanya dalam waktu singkat tiga menit 20 detik.


    Di sini, Cosmo mengurasi 40 lagu cinta romantis dari era ‘90an yang akan memberi kamu perasaan seperti bintang di film Freddy Prinze Jr.




    40. Lovefool – The Cardigans


    Ya, mari kita mulai daftarnya (atau mungkin tutup daftarnya) dengan sebuah lagu tentang ingin dicintai, karena kehidupan bukan seperti rom-com yang sempurna sepanjang waktu! Maaf! Ditambah, video musik ini melibatkan pria yang terdampar di laut dan sebuah pesan tertulis dari botol. Kita sudah jarang menikmati hal kitschy yang manis seperti ini, lho.


    39. Can’t Stop Loving You – Van Halen


    Pasti tak ada orang yang ingin mendengar, Ya, aku mungkin akan berhenti mencintaimu suatu hari nanti. Jadi dengarlah lagu ini, yang menjadi kebalikan dari ketakutan tersebut. Lagu ini pada dasarnya seperti janji dalam pernikahan, mengisahkan tentang cinta yang akan bertahan melalui kondisi suka dan duka.


    38. More Than Words – Extreme


    Secara esensial, lagu ini menguatkan kembali prinsip lama bahwa aksi itu jauh lebih kuat ketimbang mengutarakan kata-kata saja. Lagu ini cukup banyak mengungkap berbagai bahasa cinta (kecuali words of affirmation tentunya) dengan penekanan terhadap quality time dan physical touch.


    37. Only Wanna Be With You – Hootie and the Blowfish


    Ehm, siapa, sih, yang tak ingin dibilang bahwa kita adalah satu-satunya orang yang dicintai si dia? Itu memanglah hal utama yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan, bukan? Itu tuntutan yang tak banyak, kok.


    36. I’ll Make Love To You – Boys II Men


    Tentu saja, ini adalah lagu yang ingin kamu putar untuk sesi intim, tapi, TAPI, lagu ini super romantis karena tak ada lagi orang yang menyebutkan seks sebagai bercinta, kecuali pasangan yang sedang dimabuk cinta. Mungkin begitu. Atau mungkin karena kata inilah yang ingin didengar oleh sang pasangan. Siapa yang tahu?


    35. There She Goes – The La’s


    Sejujurnya, lagu ini tak punya banyak lirik untuk dicerna – lagu ini langsung bercerita ke intinya dan pada dasarnya merupakan frase versi ‘90an yang mengungkapkan tentang gebetan yang hidup dalam pikiran kita terus menerus. Liriknya saja bilang “There she goes again, racing through my brain” dan diulang terus. Apalagi lagu ini membawa memori film The Parent Trap, bagaimana kita bisa melupakannya.


    34. Wonderwall – Oasis


    Apakah Cosmo harus repot-repot menjelaskan tentang lagu ini? OKE, baiklah, demi kamu, Cosmo babes. Inilah penjelasan yang paling relevan dari lirik dalam lagu: “There are many things that I would like to say to you, but I don’t know how.”


    33. I’ll Be – Edwin McCain


    Kalau kamu tak langsung terlintas pikiran dari adegan Cinderella Story di mana Hilary Duff dan Chad Michael Murray berdansa saat mendengarkan lagu ini, maka Cosmo tak tahu harus bereaksi bagaimana.


    32. If You Had My Love – J.Lo


    J.Lo secara sempurna menegaskan pesannya dalam bop yang epos ini. Ia tak akan menoleransi omong kosong – ia menolak kebohongan, perselingkuhan, dan terutama cinta yang palsu. Tak ada waktu yang harus dibuang sia-sia, dan sakit hati yang tak penting bisa dihindari ketika kamu bisa menggantikan kelemahan dengan permintaan mendasar dan yang selayaknya kamu terima.


    31. Friday I’m in Love – The Cure


    Dari dentuman awalnya saja sudah bisa membuat kita bersemangat dan ingin meneriakkan (sambil menyanyikan) seluruh lirik dalam lagu ini. Sebuah paket combo diceritakan di sini – cinta untuk hari Jumat dan jatuh cinta pada hari Jumat.


    30. 2 Become 1 – Spice Girls


    Ini adalah lagu Spice Girls tentang ~bercinta~ dengan seorang pria yang sangat dicintai. Apakah perlu dijelaskan lebih jauh lagi? Oke, baiklah. Cosmo hanya akan bilang ini: Cobalah bayangkan Posh Spice Victoria Beckham yang menyanyikan lagu ini sebelum berkencan dengan David untuk yang pertama kalinya!


    29. Angel of Mine – Monica


    Cosmo 110 persen yakin bahwa berkat lagu ini, ada kalimat gombal “Apakah sakit saat kamu terjun dari Surga?” Tapi kita tak perlu geli, karena lagu ini benar-benar masih romantis. Lagu ini mengisahkan setiap aspek dari cerita cinta yang seperti dongeng, mulai dari tahu bahwa si dia adalah orang yang tepat, sampai memilikinya yang selalu mendukung kita melalui banyak kondisi hidup. Manis, ‘kan?


    28. I Do (Cherish You) – 98 Degrees


    Jika kamu adalah penggemar Newlyweds di MTV, maka Cosmo sangat merekomendasikan kamu untuk mendengarkan lagu ini sambil membayangkan semesta lain di mana Nick dan Jess berhasil mempertahankan hubungan mereka, dan Nick menyanyikan Jess lagu ini setiap harinya.


    27. Un-Break My Heart – Toni Braxton


    Oke, lagu ini secara teknis memang tentang patah hati, tapi ada yang romantis, karena fakta bahwa satu-satunya orang yang bisa memulihkan hati Toni yang patah adalah orang yang mematahkannya pertama kali. Apakah kamu sekarang berharap mantanmu kembali lagi padamu? Sebenarnya, lupakanlah harapan kosong itu – tapi percayalah ia pasti menyesal kehilangan dirimu.


    26. I Wanna Grow Old With You – Adam Sandler


    Kalau kamu sudah menonton The Wedding Singer, kamu pasti tahu mengapa lagu ini bisa bikin menangis tersedu-sedu. Kalau kamu belum pernah menontonnya, maka berikut rangkumannya: Bayangkan seorang pria yang kamu cintai menuliskan sebuah lagu tentang keinginannya menghabiskan sisa hidupnya untuk menua bersamamu. (Dan lagu ini sebenarnya sangat manis, juga sangat enak didengarkan.)


    25. This I Promise You – N*Sync


    Tentu saja daftar artikel ini tidak akan lengkap tanpa anthem dari N*Sync. Lagu ini pada dasarnya seperti seseorang yang mengutarakan janji pernikahannya yang paling romantis, dan menjadikannya sebuah melodi cheesy yang sempurna untuk era ‘90an.


    24. Head Over Feet – Alanis Morissette


    Ya, lagu ini memang sudah rilis sejak dua dekade silam. Tapi dengan lirik seperti “You treat me like I’m a princess, I’m not used to liking that,” Cosmo rasa bagi orang-orang yang kecanduan dengan f*ckboy akan setuju bahwa lagu ini masih sangat relatable


    23. Kiss from a Rose – Seal


    Jujur, Cosmo sendiri tak tahu apa yang dimaksud “I’ve been kissed by a rose in the grey”, tapi ini adalah lagu yang membuat kita penasaran, apakah kita tak pernah mendapatkan ciuman itu karena kita tak pernah benar-benar mengerti tentang cinta?


    22. As Long As You Love Me – Backstreet Boys


    Lagu ini seperti menghidupkan adegan di jam 2 pagi, ketika bar akan tutup, tapi kamu masih penasaran mengapa pria hot yang membuat kontak mata denganmu tadi tak menghampirimu dan mengajakmu ngobrol? Lagu ini pada dasarnya merupakan versi romantis dari skenario tadi. Kamu tak peduli siapa dirinya, yang penting ia mencintaimu.


    21. I Love You (Always Forever) – Donna Lewis


    Cosmo suka lagu ini, karena bisa dijadikan lagu romantis untuk berbagai cinta dalam hidup kita. Contohnya, kamu bisa menghubungkannya dengan cinta yang kamu rasakan untuk pasangan, juga kasih sayang yang kamu rasakan untuk para sahabatmu. Karena, mari akui saja, orang-orang itulah yang akan kamu cintai selamanya.




    20. Truly, Madly, Deeply – Savage Garden


    Cosmo tantang, ketika kamu mendengarkan lagu ini, kamu pasti akan merasa tiba-tiba membintangi film rom-com ‘90an dengan akhir yang bahagia, dan Freddie Prinze Jr. adalah lawan main yang mencintaimu. 


    19. Crash Into Me – Dave Matthews Band


    Ini lebih dari sekadar lagu romantis. Ini adalah lagu yang pasti akan kamu masukkan dalam playlist untuk sesi intim versi ‘90an yang manis. Coba bayangkanlah dirimu sebagai Pam Anderson dan si dia merupakan Tommy Lee. Ehm


    18. I Can Love You Like That – All-4-One


    Cosmo mendedikasikan lagu ini untuk kamu yang bertemu seseorang dari Tinder yang bahkan tak bisa membuat kamu tersipu. Biarkan lagu ini jadi pengingat tentang cinta yang sepantasnya kamu dapat.


    17. Can You Feel the Love Tonight – Elton John


    Ini adalah lagu yang cocok diputar saat kamu merasa hilang harapan bahwa cinta tak akan menghampirimu. Dengan lirik seperti “There’s a time for everyone,” kamu akan merasa tenang. Oh, dan lagu ini juga salah satu yang terbaik di sejarah Disney – jadi nilai lagu ini adalah A+ dari Cosmo.


    16. All My Life – K-Ci & JoJo


    Cobalah putar lagu ini saat kamu mengakhiri kencan dengan pria dari Tinder yang tak memuaskan, dan bilang pada diri sendiri bahwa pria impianmu mungkin juga baru saja mengakhiri kencan dengan perempuan dari Tinder yang tak memuaskan, dan bertanya-tanya kapan ia akan bertemu seorang perempuan hebat seperti dirimu ini.


    15. I Don’t Want To Miss A Thing – Aerosmith


    Oke, pria dalam lirik lagu ini benar-benar cerita bahwa ia tak ingin tertidur karena ia khawatir dan merindukanmu. Normalnya, itu terdengar sangat clingy. Tapi lagu ini sangat enak untuk dinyanyikan hingga membuatnya terdengar sangat manis. Lagipula, kamu pasti akan meminta lagu ini agar diputarkan saat karaoke di jam 2 pagi.


    14. My Love Is Your Love – Whitney Houston


    Sebuah lagu cinta ‘90an yang hebat pasti akan membuat kamu ingin melakukan banyak hal (contohnya bermesraan, atau mengejar/dikejar di bandara oleh pria yang jatuh hati padamu), tapi tak banyak yang bisa membuatmu ingin menuju lantai dansa dan menari bebas. Nah, lagu ini akan membuatmu merasakannya.


    13. When A Man Loves A Woman – Michael Bolton


    Lagu ini sangat hebat karena sudah mencetak standar yang tinggi. Kalau seorang pria tak melakukan apapun seperti yang lagu ini katakan (memprioritaskan kamu, tetap memperhatikan kamu ketika bersama teman-temannya, menghujani kamu dengan hadiah, dan lain-lain), maka TAK USAH LANJUT.


    12. How Do I Live – LeAnn Rimes


    Kamu tahu, ‘kan, rasanya saat diri sendiri sedang berada di versi terburuk sampai bisa menangis curhat pada BFF di kamar mandi bar tentang gebetan yang tak membalas pesanmu dan mengira ia akan ghosting kamu? Lagu ini bisa membolak-balikkan emosi dan membuatnya jadi lagu yang super indah.


    11. Kiss Me – Sixpence None the Richer


    Tak peduli umurmu berapa sekarang, lagu ini dijamin bisa membuat kamu merasa seperti anak sekolahan lagi, yang berusaha membuat kontak mata rayuan pada gebetan seperti yang dilakukan Carrie pada Big (itu pun karena kamu diam-diam menonton Sex and the City semasa sekolah).


    10. (Everything I Do) I Do It For You – Bryan Adams


    Judul lagunya saja sudah menerangkan semuanya, lho. Segala hal yang dilakukan pria dalam lagu ini, ia lakukan untuk perempuan yang ia cintai. Itulah kasih sayang yang kita semua pantas dapatkan, ladies.


    9. Iris – Goo Goo Dolls


    Iris secara harafiah bercerita tentang seorang pria yang akan “menyerahkan semuanya untuk menyentuhmu,” jadi, uhm, ya, lagu ini super romantis – oh, dan jadi lagu hits di era ‘90an.


    8. This Kiss – Faith Hill


    Lagu ini benar-benar disebut This Kiss, tapi sebenarnya cerita ini lebih dari sekadar kecupan. Ini tentang mengalami koneksi level kembang-api-megah dengan seseorang, di mana kamu menemukan chemistry kuat dengannya (hubungan impian!). Oh, Cosmo juga menantangmu untuk memutarkan lagu ini di mobil, karena kamu pasti tak bisa menolak untuk meneriakkan liriknya keras-keras.


    7. I’ll Stand By You – The Pretenders


    Bagian terbaik dari sebuah hubungan adalah memiliki seseorang yang akan mendukungmu melewati semua momen terburuk dalam hidup. Dan lagu ini menceritakan tepat tentang hal itu. Mungkin lagu ini bisa membuatmu menangis, meski sudah 100 kali mendengarkannya.


    6. Have I Told You Lately – Rod Stewart


    Kalau kamu sedang merasa kesepian akhir-akhir ini, cobalah dengarkan lagu ini. Mungkin pria dalam lagu ini bukanlah gebetanmu yang kamu damba bisa jadian dengannya, tapi Rod Stewart yang menyanyikan bahwa ia mencintaimu lewat lagu ini bisa cukup membuat kamu tenang.


    5. My Heart Will Go On – Celine Dion


    Lagu ini sangat romantis dan tak lekang waktu, hingga bisa menjadi theme song legendaris untuk Titanic… alias salah satu film paling romantis sepanjang masa. Tak perlu Cosmo jelaskan lagi ‘kan mengapa lagu ini wajib masuk dalam daftar?


    4. Always Be My Baby – Mariah Carey


    Dengan lirik seperti “You can’t escape me” dan “You’re never gonna shake me,” MiMi sangat bisa menguasai pikiranmu untuk menjadi seseorang yang psycho terutama pasca putus hubungan, dan membuat lagu ini jadi romantis namun serius.


    3. You’re Still the One – Shania Twain


    Lagu ini aspiratif. Ya, betul. Lirik Shania dalam lagu ini menceritakan tentang couple goals, bahkan sebelum tagar tersebut lahir di dunia digital. Dan meski kamu bukan penggemar lagu country, kamu pasti tahu atau bahkan hapal dengan lagu ini – bisa saja ini adalah lagu kebanggaanmu dan pasangan (atau mantan). Secara esensial, Shania seperti T-Swift di era ‘90an.


    2. Because You Loved Me – Celine Dion


    Tentu saja lagu ini menjadi dua teratas dari daftar artikel! Seseorang bisa menjadi *utuh* dirinya sendiri karena ia dicintai. Pasangannya adalah kekuatannya saat ia lemah! Pasangannya adalah suaranya ketika ia tak bisa berkata-kata! Oke, Cosmo akan berhenti menerjemahkan lagunya, silakan dengar sendiri lagunya.


    1. I Will Always Love You – Whitney Houston


    Lagu. Ini. Juaranya. Bayangkan saja seseorang yang jadi cinta dalam hidupmu, dan kamu menyanyikan lagu ini dengan perasaan mendalam dari lubuk hatimu, baik saat karaoke ataupun saat sendirian. Kamu pasti setuju ini adalah salah satu lagu cinta terbaik sepanjang masa. Karena itulah, lagu ini menduduki peringkat pertama dalam daftar ini. Kamu tak bisa mendebatnya. Sorry.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Cottonbro from Pexels / Candice Jalili & Kelly Allen)