Beauty

10 Cara Sederhana Hilangkan Bekas Luka & Jerawat!

  by: Astriana Gemiati       6/11/2020
    • Bekas luka atau noda seperti jerawat, kemerahan, dan lainnya bisa diatasi dengan memanfaatkan beberapa bahan di bawah ini.
    • Ini dia bahan-bahan yang bisa bantu hilangkan bekas luka dan jerawat.


    Dalam urusan kecantikan, hal yang tidak bisa terhindarkan adalah hadirnya bekas luka yang datang dan pergi sepanjang rentang hidup kita. Baik itu bekas jerawat membandel ataupun tanda lainnya yang didapat pada masa kecil kamu dahulu.

    Yup, sebelum kamu menyadarinya, menggunakan makeup sebagai penyelamat atau menggunakan T-shirt turtle neck untuk menutupinya —dan meskipun itu benar-benar berfungsi sebagai jalan keluar sementara, kamu pasti akan berpikir apakah ada solusi permanen?



    Well, there is…


    Ms, Pooja Nagdev, ahli kosmetik dan pendiri Inatur, mengungkapkan 10 DIY remedies yang memanfaatkan bahan-bahan alami terbaik untuk menghilangkan bekas luka yang tidak diinginkan.

    1. Rosehip Oil 

    Diperkaya dengan antioksidan dan asam lemak esensial, rosehip seed oil akan bantu menyembuhkan kulit yang rusak dan dehidrasi secara instan. Ini adalah minyak kering bertekstur ringan yang terserap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan noda.


    2. Natural Gylcolic Acid

    Natural Gylcolic Acid berasal dari ekstrak apel yang bekerja sangat baik dalam menghilangkan noda dan bekas luka. Ambil empat bagian air dan satu bagian asam glikolat, campur menjadi satu, dan oleskan ramuan tersebut di atas area yang dibutuhkan. Diamkan selama lima menit dan bilas dengan air dingin setelahnya. Lanjutkan mengoleskan adonan ini seminggu sekali selama tiga minggu dan kemudian sekali dalam dua minggu.


    3. Carrot Seed Oil

    Meskipun carrot seed oil dapat dioleskan langsung ke kulit, minyak biji wortel ini juga dapat dicampur dengan minyak esensial oil geranium dan sandalwood. Secara keseluruhan, bahan-bahan ini memiliki khasiat regeneratif untuk kulit dan bekerja sangat baik dalam memperbaiki penuaan, dan kulit yang rusak.


    4. Aloe Vera

    Sebagian besar dari kita sangat menyadari banyak manfaat lidah buaya. Sementara larutan berbasis gel sudah tersedia di toko, cara terbaik untuk mengaplikasikan aloe vera adalah dengan mengekstrak dan mendapatkan gel alami dari tanaman itu sendiri. Pecahkan daun dari tanaman lidah buaya, kikis gel bening dari dalam dan oleskan langsung ke bekas luka.


    5. Apple Cider Vinegar

    Apple Cider Vinegar adalah bahan serba bisa yang berfungsi untuk segala hal mudal dari larutan pembersih, perawatan kulit, hingga manfaat untuk rambut kamu. Untuk membuat apple cider skin soother di rumah, ambil 45ml sari apel dan tambahkan 5ml jus lidah buaya, 5ml madu, dan 50ml air ke dalamnya. Oleskan adonan ini ke area yang diperlukan tiga kali sehari untuk hasil terbaik.


    6. Onion Juice

    Jika kamu tidak keberatan dengan aromanya yang menyengat, jus bawang merah memiliki khasiat luar biasa yang dapat memberikan keajaiban bagi kulit dan rambut kamu! Diperkaya dengan bioflavonoid seperti cephalin dan kaempferol, jus bawang merah telah dikenal dapat mengurangi munculnya bekas luka hanya dalam beberapa minggu penggunaan sehari-hari.




    7. Baking Soda

    Baking soda dapat menyeimbangkan pH kulit dan juga merupakan eksfoliator alami untuk kulit kamu. Pengelupasan sel kulit mati tanpa merusak kulit di sekitar bekas luka, dapat membuat kulit kamu tampak segar dan kenyal. Campurkan 50ml air dan 20g baking soda untuk membentuk adonan. Lalu, oleskan adonan ini ke bekas luka dan gosok di area yang terkena. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini sekali setiap minggu.


    8. Frankincense Essential Oil

    Minyak esensial ini mengandung sifat anti-inflamasi dan cocok untuk kulit kering. Dengan tujuan dapat meregeneratif untuk sel-sel kulit kamu dan mengurangi munculnya bekas luka dan stretch mark yang terlihat.


    9. Mango Butter

    Kaya akan vitamin C dan asam Omega-9 yang bantu meringkan bintik-bintik penuaan yang terlihat, menghasilkan kulit yang kecang, toned, dan terkesan montok.


    10. DIY Scar Treatment Massage Oil

    Sekarang kamu dapat membuat minyak pijat perawatan untuk “bekas luka” sendiri di rumah! Ambil 35ml minyak gandum, 15 ml minyak biji raspberry, 6 tetes frankincense oil, dan 10 tetes minyak lavender. Haluskan bahan-bahan yang disebutkan dan simpan campura ke dalam botol. Oleskan campuran ini pada bekas luka dua kali sehari.






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: [email protected] )