Lifestyle

Seram! Ini Daftar Film Horor Tahun 2020 Yang Wajib Ditonton

  by: Givania Diwiya Citta       8/11/2020
  • Cosmo lebih senang berfokus pada hal-hal yang positif. Dan jika ada satu hal di tahun 2020 yang termasuk kategori positif, maka menonton film horor adalah salah satu pencapaian yang jauuuh lebih mudah diraih ketimbang sisa peristiwa yang terjadi di tahun ini. Biar Cosmo jelaskan alasannya.


    Coba ingat lagi apa yang terjadi di tahun 2019. Ada drama Khloe Kardashian-Tristan Thompson-Jordyn Woods yang meledak di media sosial kita. Lalu Old Town Road menduduki peringkat #1 di tangga lagu. Lalu kamu galau memilih menonton Midsommar di bioskop atau menunggu beberapa bulan sampai bisa ditonton streaming saja. Lalu kamu ingin coba segala yang hype di kota, tapi merogoh kocek untuk jajan cocktail di bar rooftop cukup menguras rekening bank. Itulah hal-hal yang menjadi problema kehidupan terbesarmu.




    Sekarang coba kembali ke realita. Di tahun 2020, untuk merasakan sensasi seram dari menonton film horor, cukup dari menonton berita di TV saja!!!!


    Saat realita sudah terasa seperti mimpi buruk, mengapa tidak sekalian saja mendistraksi diri dengan menonton film horor yang memang legit? Tak akan menyakitkan untuk menikmati 90 menit tontonan yang diciptakan dari naskah, dimainkan para aktor profesional, dan yang paling penting, punya *akhir* dari cerita. Istirahatlah dari ajang horor nyata di tahun 2020 dengan menyaksikan beberapa film horor terseram yang rilis di tahun ini. Lalu lihatlah sisi terangnya: setidaknya ‘hantu’ dari mantanmu tak akan mencoba membunuhmu!


    The Grudge


    Hollywood senang membuat ulang film-film klasik, apalagi film horornya. Kalau kamu mengira Grudge versi tahun 2004 sangat menakutkan, maka coba tonton yang ini – dengan penambahan modern di special effects dan editing yang semakin naik level. Dalam remake ini, sebuah rumah yang dikutuk oleh sebuah makhluk halus siap untuk membunuh penghuninya secara sadis.


    Underwater


    Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu bertugas kerja di jauh bawah permukaan laut dan tiba-tiba air menerjang dinding stasiun kantor pengeboran, sampai satu-satunya harapanmu untuk selamat adalah melintasi lantai di dasar laut agar sampai ke fasilitas utama di dalam kantor? Kalau Cosmo hanya akan bilang, “Silakan kalian jalan duluan.” Tapi tidak bagi Kristen Stewart. Dalam film horor yang bertema Alien aquatic, Underwater bisa menjadi mimpi buruk bagi para penderita fobia ruang sempit sekaligus bagi mereka yang takut dengan monster bawah laut.


    The Turning


    Ini adalah versi modern dari novel pendek Henry James, The Turn of the Screw, yang dibintangi Finn Wolfhard dan Mackenzie Davis. (Catatan: Salut untuk Finn yang bisa membintangi banyak film horor akhir-akhir ini.) Seorang pengasuh muda yang merawat dua anak setelah orang tua mereka meninggal jadi plot dasar film ini. Tidak ada yang lebih menyeramkan daripada latar rumah yatim piatu di era abad ke-19, bukan?


    Gretel & Hansel


    Gretel & Hansel bukanlah dongeng masa kecil semata. Bersiaplah untuk memasuki dunia magis, menyeramkan, dan surreal dalam film yang dikemas berseni namun violent dari cerita klasik masa kanak-kanak ini. Jika kamu dulu tak takut saat mendengarkan cerita ini, maka film ini akan bikin kamu tidur dengan lampu kamar yang menyala.


    The Lodge


    Jika kamu pernah berpikir untuk hidup di rustic cabin, maka kamu mungkin ingin menonton The Lodge dulu. Sejujurnya, kapan pun kamu menontonnya, The Lodge selalu menyeramkan, memberi atmosfer horor, dan akan bikin kita takut untuk berada di hutan, selamanya.


    Brahms: The Boy II


    Katie Holmes membintangi sekuel dari film horor populer tahun 2016, The Boy. Katie memerankan seorang ibu yang baru saja pindah dengan keluarganya ke sebuah guest house – yang tak ia tahu – berhantu. Anak laki-lakinya berteman dengan sebuah boneka yang tampak hidup dan menakutkan bernama Brahms, yang mulai meneror keluarga ini. Kalau kamu tak pernah takut dengan boneka, maka film ini akan mengubah pandanganmu.


    The Invisible Man


    Film ini juga merupakan sebuah reboot dari film klasik yang menakutkan. Cecilia (diperankan Elisabeth Moss) kabur dari kekasihnya yang abusive, lalu dua minggu kemudian, ia mengetahui bahwa kekasihnya tewas bunuh diri. Ia pun lantas ditawari 5 juta dolar dari warisannya – namun dengan syarat ia bisa membuktikan bahwa ia kompeten secara mental. Tentu saja masalah ini akan mudah beres… kalau ia tak disiksa oleh stalker tak kasat mata yang tak bisa dilihat oleh orang lain.


    Swallow


    Swallow adalah salah satu film yang akan bikin kamu terus-terusan berpikir, astaga apa tadi yang saya tonton, dan takut karena kamu tidak bisa berhenti gemetaran. Film ini menceritakan seorang ibu rumah tangga yang tampak sempurna, namun memiliki kebiasaan rahasia menelan benda yang tak bisa dicerna. Swallow adalah cerita ‘santai’ yang berfokus pada kondisi eating disorder Pica. Sebuah film psychological thriller yang akan menghantui otakmu sampai berhari-hari.




    The Hunt


    Emma Roberts dan Hilary Swank membintangi film kontroversial ini – yang jadi target cuitan Trump bahkan sebelum film ini rilis – yang bercerita tentang manusia kelas atas yang memburu sesamanya atau yang kelas sosialnya berada di bawah mereka. Sangat kontroversial…


    The Platform


    Film Spanyol ini bukanlah tipe horor yang biasanya; film ini justru menampilkan science-fiction lambat, intens, mengaduk psikologi, yang akan memecah pikiranmu tentang analisa insting manusia yang tak setara. Pada dasarnya, film ini adalah kritik pada kapitalisme dan kelas-kelas sosial yang terpecah, dengan sejumlah kanibalisme di dalamnya.


    Relic


    Jarang ada format horor yang menawarkan commentary dari kondisi manusia, dan inilah yang membuat Relic jadi salah satu film bagus tahun ini. Alih-alih hantu, 'iblis' di sini merupakan sebuah kondisi dementia. Sulit mengatakan bahwa film ini tidak akan menghantui kamu pelan-pelan: karena kamu akan mengenali wujud ‘berhantu’ lainnya seperti pemahaman terhadap Alzheimer.


    Host


    Host adalah film yang akan membuatmu merinding tentang sebuah ‘makhluk’ jahat yang tercipta dari Zoom. Iya, aplikasi Zoom. Seperti sedang memburu orang-orang yang ingin berinteraksi secara aman dengan orang lain kala pandemi, Host justru menjebak semua online meetings menjadi tempat yang tak aman lagi.


    Antebellum


    Janelle Monae membintangi film horor yang terinspirasi dari Underground Railroad, yang mengganti latar era pra Perang Sipil di selatan Amerika menjadi era modern hari ini. Diproduksi oleh orang-orang yang sama yang membuat sukses film Get Out dan Us karya Jordan Peele, Antebellum bisa dijamin mengguncang pikiran kamu.


    Candyman


    Candyman menjadi sekuel yang lama dinanti dari film horor berjudul sama pada tahun 1992. disutradarai oleh Nia DaCosta, nama yang sedang naik daun di genre horor, film ini juga diproduksi serta turut ditulis oleh Jordan Peele. Coba saja tonton trailer ini, karena Cosmo terlalu takut menuliskan poin-poin dalam plotnya, dan karena jangan sampai, JANGAN SAMPAI, kita menyebut namanya sampai lima kali di depan kaca.


    Come Play


    Ini adalah cerita baru dalam horor – karena monster bisa merasuki ponsel dan tablet modern kita. Begitulah yang terjadi pada Oliver, seorang anak muda yang tak pandai bersosialisasi dan mengalihkan dunianya pada gadgetnya. Apakah ini sebuah kritik sosial untuk ketergantungan kita pada gadget? Apakah ini prediksi bahwa alat elektronik akan membunuh kita semua suatu hari nanti? Apapun itu, Cosmo akan mencoba tak terlalu bergantung pada gadget… untuk berjaga-jaga…


    Army of the Dead



    Para penggemar horor sudah lama menantikan film yang satu ini – terutama karena film ini punya banyak jebakan yang sempurna dengan tipikal film menakutkan. Bagaimana tidak, ini tentang sebuah kelompok bersenjata yang mencoba berjuang perang kala ZOMBIE melanda Las Vegas. Film ini, yang dibintangi oleh Dave Bautista dan Chris D’Elia, akan dirilis di Netflix pada Tahun Baru. Cosmo jadi tidak sabar. Meski belum ada trailer, tapi semoga foto film ini bisa membuatmu cukup bergidik.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Outnow.com / Hunter Levitan & Niko Newbould)

    tags: film horor, 2020