Lifestyle

6 Tips Feng Shui untuk Kamar, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

  by: Kezia Calesta       6/11/2020
  • Ada banyak faktor yang dapat membuat tidur nyenyak dan berkualitas, mulai dari mengurangi penggunaan gadget hingga pemilihan lighting dalam kamar. Nah, jika kamu ingin mempraktikkan feng shui dan membawa energi chi positif ke dalam kamar, ada berbagai tips yang dapat kamu ikuti untuk membuat tidur lebih nyenyak.


    1. Gunakan warna yang tepat

    Menurut kepercayaan feng shui, ada berbagai color palette yang dapat membawa ketenangan ke dalam kamar dan mendukung tidur nyenyak. Pilihlah warna lembut yang memiliki unsur alam, contohnya warna krem, coklat, off-white, hingga peach.





    Just so you know, warna peach dipercaya sangat efektif untuk menarik perhatian pasangan. Jangan menggunakan warna ini secara berlebihan - gunakan peach sebagai aksen atau sentuhan feminin saja.


    2. Atur posisi perabotan

    Jika ingin mengikuti feng shui, penting untuk mengetahui “commanding position” dalam kamarmu, alias posisi yang menempatkan kamu di tempat yang aman dan stabil. Tempat tidurmu merupakan perabotan terpenting di kamar, maka kamu perlu meletakkan kasurmu di commanding position, yaitu menghadap ke pintu kamar.


    3. Letakkan headboard di tempat tidur

    Menurut prinsip feng shui, headboard dapat memberikan perasaan bahwa kamu memiliki life support dan membawa ketenangan.





    Sudah berpasangan? Headboard berbahan kokoh dapat mendukung koneksi dengan pasangan dan membuat kamu merasa lebih secure dalam hubungan tersebut. Pilihlah kepala tempat tidur berbahan kayu atau dengan bantalan lembut tanpa desain berlubang ataupun bagian ujung yang runcing.


    4. Kosongkan area di bawah ranjang

    Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun energi dari barang-barang yang kamu simpan di bawah ranjang dapat berpindah ke tubuhmu. Jangan menyimpan barang keras seperti kotak sepatu atau buku, namun jika kamu benar-benar tidak memiliki tempat penyimpanan lain, kamu boleh menempatkan barang berbahan halus seperti selimut atau sarung bantal.


    5. Minimalisir penggunaan produk elektronik

    Yes, feng shui agrees with this too! Menurut banyak ahli feng shui, elektronik mengeluarkan energi elektromagnetik yang dapat mempengaruhi ketenangan meskipun alat tersebut sedang tidak digunakan. Karena itu, kurangi penggunaan televisi, laptop dan smartphone satu jam sebelum jam tidur.



    6. Hindari karya seni di atas tempat tidur

    Foto atau lukisan di atas tempat tidurmu dapat mengancam energi tenang dan membuat aura lebih berat. Jika ingin mendekorasi area tersebut, pilihlah karya seni yang halus dan ringan seperti kain dengan corak menarik atau dreamcatcher.


    (Image: doc. @freestocks via Unsplash)