Better You

Oops! 8 Makanan Ini Ternyata Mengandung Banyak Garam!

  by: Giovani Untari       9/11/2020
    • Makanan yang kita konsumsi setiap harinya ternyata banyak yang mengandung garam tinggi.
    • Beberapa makanan yang mengandung banyak garam tersebut adalah kaldu, biskuit, sushi, dan sosis.


    Garam nyaris ada di semua hal yang kita konsumsi, dear! Sehingga jelas rasanya sangat sulit bagi kita untuk menghindari bahan makanan satu ini. Beberapa makanan memiliki kadar garam yang normal, tetapi tak sedikit pula yang memiliki kadar terlalu ekstrem sehingga buruk bagi kesehatan kita.

    Tanpa disadari menu-menu makanan yang mengandung banyak garam ternyata begitu dekat dengan kehidupan sekitar kita. Contohnya: keripik kentang dan popcorn asin. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan ini secara regular, tentu sangat sulit mengukur kadar asupan garam yang kamu konsumsi setiap harinya. 



    Kuncinya tentu saja, kita harus mengetahui makanan apa saja yang mengandung garam tinggi sehingga kita bisa lebih menghindarinya. Mari cari tahu apa yang kamu perlu ketahui dari kadar garam di dala sebuah makanan berikut ini...


    APA DAMPAK YANG DIRASAKAN OLEH TUBUH JIKA KITA MENGONSUMSI TERLALU BANYAK GARAM?

    Kita semua seharusnya tidak perlu terlalu khawatir jika mengonsumsi garam dalam jumlah yang kecil ataupun wajar, babes! Sebab faktanya tubuh tetap membutuhkan garam. “Kita semua membutuhkan garam dalam makanan kita, sebab garam berfungsi untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya dalam mencerna makanan, mengatur kadar cairan dalan tubuh, serta membantu sistem saraf dan otot agar bekerja dengan baik,” tukas Jake Williams, seorang Lifestyle Health Advisor di Bupa Health Clinics kepada Cosmopolitan.



    Tapi yang terpenting, kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan pesan Jake. “Kita memerlukan garam tidak lebih dari 6 gram (atau setara dengan 1 sendok teh) setiap harinya. Lebih dari itu, garam akan berdampak buruk bagi kesehatan. Ada hubungan yang erat antara mengonsumsi terlalu banyak garam dan dampaknya pada tekanan darah. Yang mana meningkatkan resiko kita terkena serangan jantung dan mengalami stroke.”


    APA SAJA MAKANAN YANG MENGANDUNG BANYAK GARAM?

    Perlu diingat, makanan favorit kita ternyata bisa mengandung begitu banyak garam. Sebagai contoh 1 porsi burger Big Mac dari McDonald’s mengandung 2,3 garam atau sekitar 38% dari angka kecukupan gizi harian kita.


    1. KALDU

    “Saus dan kaldu bisa mengandung kadar garam yang tinggi, jadi bijaklah dalam mengonsumsinya,” ujar Jake. Misalnya kaldu ayam dari Knorr memang terlihat kecil, tetapi dalam 28 gram kaldunya terkandung 1 gram garam saat dimasak. “Saat kamu memiliki pilihan untuk mengurangi asupan garam, sebaiknya lakukan lah. Sebagai contoh, kamu bisa membuat kaldu rumahan tanpa garam yang bisa kamu simpan dan gunakan saat memasak.”


    2. PESTO

    Yes,Yes, saus kesukaann kita satu ini memang terbuat dari bahan-bahan yang sehat. Tetapi pesto bukanlah opsi yang sehat untuk menu pasta kita, sebab ia mengandung banyak garam. Seporsi saus pesto klasik bisa memiliki 1,57 gram garam dari takaran penyajian sebesar 47,5 gram. Semakin besar jumlahnya, tentu asupan garam yang kita konsumsi pun semakin tinggi.“




    3. KEJU

    “Secara mengejutkan keju juga mengandung banyak garam, jadi sebaiknya kamu cermat dalam memilih jenis keju yang dikonsumsi. Pilihlah varian keju seperti ricotta, cottage cheese, dan Quark. Hindari keju cheedar, brie, feta, dan parmesan,” terang Jake. Keju berjenis Halloumi misalnya dalam 30 gram penyajiannya, bisa mengandung 0,8 gram garam. Excuse us while we cry.




    4. BISKUIT

    “Apakah kamu tahu bahwa ada kandungan garam di dalam kue dan biskuit yang kita konsumsi? Beberapa roti dan sereal sarapan juga ikut mengandung garam. Jadi tetaplah berhati-hati dengan jumlah yang kamu konsumsi dan jangan lewatkan untuk membaca label nutrisi dari setiap makanan yang dibeli,” pesan Jake.




    5. SUSHI

    Sushi mungkin terasa sebagai pilihan makanan yang sehat, tetapi lagi-lagi secara mengejutkan makanan ini ternyata mengandung banyak garam. Thanks to fish and soy sauce! Menu seperti Taiko Yasai Sushi (yang vegan dan tanpa kandungan ikan di dalamya), mengandung garam hingga 3,4 gram. Jadi mungkin ini saatnya kita menghindari menggunakan dipping soy sauce terlalu banyak untuk sushi kita (atau mungkin tidak mengonsumsinya sama sekali!).


    6. SOSIS

    Selain tinggi lemak, sosis juga mengandung kadar garam yang tinggi. Jadi kita perlu mengonsumsinya dalam porsi yang wajar. Sosis sapi organik pun bisa mengandung hingga 0,95 gram garam dalam 100 gram porsi penyajiannya.


    7. SANDWICH

    Menu sarapan dan makan siang favorit kita satu ini pun cukup mengejutkan masuk ke dalam list makanan yang mengandung banyak garam di dalamnya. Ini berkat roti, isi sandwich, saus, dan zat tambahan lainnya. Sebagai contoh, sandwich BLT (Bacon, Lettuce, Tomato) memiliki 2,2 gram garam di dalamnya. Belum lagi asupan garam dari menu makanan kita lainnya, oh no!



    8. DAGING BURGER VEGETARIAN

    Ironisnya, ada banyak produk vegan dan vegetarian yang mengandung banyak garam. 1 buah daging burger vegetarian mengandung 1 gram garam. Jumlahnya akan semakin bertambah saat kamu mengonsumi patty-nya sebanyak 2 buah, lalu menambahkan bun dan saus. Asupan garamnya pun mungkin akan setara dengan 1 buah burger Big Mac.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images:  Izabella Bedő from Pexels, Erin Wang from Pexels, valeria_aksakova from Freepik.com, 8 photo from Freepik.com, Tenor.com)