Beauty

8 Tanda Kamu Harus Berhenti Menggunakan Produk Makeup!

  by: Astriana Gemiati       11/11/2020
    • Produk makeup kamu sudah mulai memiliki aroma dan tekstur yang berubah?
    • Coba kenali tanda-tanda kapan saatnya kamu harus membuang dan berhenti menggunakan produk makeup kamu!


    Tentu saja kita tidak ingin terpisah dari makeup. Namun seperti yang lainnya, riasan juga memiliki umur penyimpanan. Jika kamu memakainya melebihi tanggal kedaluwarsa, ini yang akan terjadi! Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengetahui tanggal kedaluwarsa dan membuat keputusan yang tepat. Untuk membantu kamu dalam hal ini, Cosmo akan memberi tahu bagaimana mengenali tanda-tanda bahwa sudah waktunya kamu untuk membuang produk makeup.

    Baca juga7 Hal Wajib Tahu Tentang Produk Kosmetik Kedaluwarsa




    1. Maskara

    Biasanya maskara akan bertahan enam hingga sembilan bulan. Jadi, pastikan untuk membuang maskara setiap enam hingga sembilan bulan, atau segera setelah mulai berbau seperti plastik terbakar dan lebih banyak endapan gumpalan daripada warna. Ini bisa menyebabkan infeksi dan kutu.


    2. Pensil Eye Liner

    Jangan disimpan selama lebih dari setahun. Saat pensil tidak meluncur dengan mulus di kelopak mata kamu, itu tandanya masa umur penggunaan telah habis. Eyeliner cenderung mengering dan dapat menyebabkan kerusakan pada mata jika kamu memberi tekanan saat mengaplikasikannya.


    3. Liquid / Gel Eye Liner

    Jangan menimbunnya selama lebih dari enam bulan. Buanglah liner jika mulai menebal atau berbau seperti bunga yang membusuk.


    4. Foundation / Compact

    Ini tidak berlangsung lebih dari setahun. Selain itu, dapat bertahan selama satu tahun hanya jika kamu menjauhkannya dari sinar matahari langsung dan jauh dari pemanas. Setelah cairan kamu mulai terpisah, krim kamu mengental, atau warna padat kamu menghasilkan aroma yang kenyal, inilah saatnya kamu untuk membuangnya.


    5. Concealer

    Umur simpan concealer adalah sekitar satu tahun. Jika formula concealer mulai terlepas, tampak berminyak, dan atau berbau busuk, langsung buang, ya girls!



    6. Blush & Eyeshadow Powder

    Ini bisa bertaham hingga dua tahun. Jika kamu melihat kerak putih pada powder atau jika bubuk mulai hancur, itu tidak ada gunanya.


    7. Lipstick

    Umur simpan lipstik adalah sekitar delapan bulan hingga satu tahun. Tanda-tanda bahwa ia berumur lebih lama dari tujuannya adalah ketika mulai berbau karet atau tampak kasar, dan sulit diaplikasikan di bibir.




    8. Cat kuku

    Buang cat kuku kamu setelah enam hingga delapan bulan. Tanda-tanda yang perlu diperhatikan adalah pemisahan dalam formula, bau busuk atau munculnya zat putih dalam formula. Selain itu, penting untuk dicatat garis waktu pada saat kamu mulai menggunakan produk tersebut.




    Credit Photo:

    Photographer        : Rico Sandy @The A Team Management

    Stylist                    : Erlangga S Negoro

    Model                    : Florentina Natasha @The A Models

    MUA                      : Adrian Suryadipa







    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image:  / GIPHY.com )