Love & Sex

Menurut Penelitian, Ini Usia Ideal Untuk Menikah

  by: Kissy Aprilia       12/11/2020
    • Menurut penelitian, 28 - 32 tahun adalah usia yang paling ideal untuk memulai pernikahan.
    • Melewati usia tersebut, risiko perceraian meningkat lima persen setiap tahunnya.


    Menguasai teknik makeup contouring di usia 24 tahun, baru berani memelihara kucing di usia 25, dan baru suka membaca di usia 27.

    Well, ini mengartikan bahwa tidak ada batasan untuk mencapai atau melakukan hal tertentu, apalagi menikah. INGAT! Pencapaian apapun yang kamu lakukan setelah berusia 30 tahun tetaplah sebuah pencapaian yang berharga. Lagi pula, bukankah terasa lebih menyenangkan karena kamu memiliki timeline lebih longgar untuk memenuhi kebahagiaan yang maksimal?





    Jadi meskipun kamu sudah tidak terlalu memikirkan pernikahan dalam jangka waktu dekat (maaf para calon suami yang sudah antre, sekarang yang menjadi prioritas adalah memelihara kucing!), kamu tetap perlu tahu kapan usia ideal untuk berkomitmen—dengan kemungkinan terbesar mendapatkan kebahagiaan pernikahaan langgeng dan bahagia—yang telah Cosmo temukan berikut ini. 

    Sebuah studi penelitian dari University of Utah mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk menikah adalah di antara usia 28 – 32 tahun. Pasangan yang menikah di usia tersebut memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk bercerai dalam lima tahun pertama. 





    Dalam grafik penelitian tersebut, risiko perceraian yang didasari oleh usia individu menunjukan kurva terbalik. Peluang perceraian mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, khsususnya setelah melewati usia 15 tahun. Melewati usia 32 tahun, angka grafik kembali mengalami peningkatan sekitar 5 persen setiap tahun. Whoa!

    Hal ini bisa saja terjadi sebab saat seseorang merasa mapan di usia 32 tahun, ia telah melewati kehidupan yang cukup lama seorang diri dan terbiasa menjalani perliaku tersebut. Karena itulah, memiliki pasangan terasa lebih menyulitkan, apalagi jika menjalankannya dalam komitmen pernikahan. 



    To make it clear, ini adalah penelitian statistik yang didasari oleh tren. Beberapa orang mungkin menjalankan pernikahan yang bahagia saat memulainya di usia 28 – 32 tahun, tapi banyak pula pasangan yang menikah lebih cepat ataupun lebih lambat dan mereka tetap merasa bahagia. Intinya, NO PRESSURE! Semuanya akan baik-baik saja, girls!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Kissy Aprilia / Ed. / Images: Unsplash)