Celebrity

Farah Fairuz Bahas Keseruan Siaran & Bermusik

  by: Kezia Calesta       12/11/2020
  • Her life revolves around the microphone! Sibuk bekerja sebagai penyiar di iRadio, musisi serta host, Farah Fairuz meluangkan waktu untuk mengobrol dengan Cosmo dan menceritakan pengalaman siaran dan milestone yang telah ia capai di tahun 2020.


    1. Hai Faruz! Apa saja kesibukan kamu sekarang?

    Hello Cosmo! Kegiatan saya sekarang adalah siaran di iRadio Jakarta setiap hari Jumat dan Minggu, hosting dan bernyanyi di acara musik di salah satu production house, juga menjalankan usaha papercraft saya yang bernama @forepaperbag.




    2. Bagaimana cerita awalnya hingga kamu mengambil keputusan untuk terjun ke dunia radio?

    Sejak duduk di bangku SD, saya suka sekali mendengarkan radio. Saya selalu menganggap kalau penyiar radio itu keren, karena mereka bisa menjadi “teman” yang informatif seputar musik ataupun kabar yang sedang happening dengan penyampaian yang mudah dipahami. Karena itu, menjadi penyiar masuk ke dalam dream list aku. Setelah lulus kuliah pada tahun 2017, saya memutuskan untuk bergabung dengan MRA Broadcasting Academy, dan singkat cerita, saya pun diajak bergabung menjadi penyiar di MRA Group pada tahun 2019.


    3. Adakah evolusi yang kamu lalui sepanjang kariermu di dunia radio?

    Kalau dari segi pembawaan, saya belajar untuk menjadi lebih cheerful dalam berbicara! Dasarnya saya memang tipikal yang cukup talkative, namun dengan nada bicara yang datar. Lalu saya sadar bahwa di dunia radio, saya tidak bisa berbicara dengan intonasi datar karena saya perlu menyuguhkan audio yang menarik perhatian para pendengar. Selain itu, saya jadi semakin penasaran tentang kejadian sekitar dan cerita orang lain, karena saya dapat menjadikannya sebagai referensi siaran. Ditambah lagi, saya juga belajar untuk menjadi lebih objektif dan netral dalam menilai sebuah situasi atau isu.



    4. Selama ini, apa hal favorit kamu dari pekerjaanmu?

    Jaringan pertemanan saya menjadi semakin luas, karena mendapat kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang yang seru. 


    5. Tantangan terbesar dari menjadi seorang penyiar radio?

    Dasarnya saya tipe yang cukup sulit melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu, namun pekerjaan ini menuntut saya untuk bisa multitasking. Awalnya saya cukup tertekan, khususnya karena saya seorang single DJ yang siaran sendiri tanpa bantuan orang lain. Contohnya, begitu masuk ke bagian talk, saya harus menaikkan volume mic secara manual sambil berbicara dan berfokus ke materi pembahasan. Sembari berbicara, saya harus menyiapkan lagu berikutnya, dan lain-lain! Lama-kelamaan, saya semakin terbiasa dan ini pun melatih skill untuk membagi perhatian dengan efektif.


    6. Adakah milestone atau goals yang berhasil kamu capai di tahun 2020 ini?

    Kebetulan selain siaran, kegiatan saya adalah bernyanyi. Alhamdullilah, tahun ini saya menemukan team musik yang memiliki visi dan misi yang sama. Sekarang saya sedang menyelesaikan beberapa lagu untuk dijadikan EP menuju album pertama, yang mudah-mudahan bisa dirilis secepatnya!




    7. Apa saja penyesuaian yang harus kamu lalui sejak pandemi COVID-19?

    Cukup banyak! Sekarang saya siaran dan taping dari rumah, juga hosting dan bernyanyi secara virtual. Dan tentunya, saya semakin teliti menerapkan protokol kesehatan: memakai masker saat meninggalkan rumah, rajin mencuci tangan, serta waspada dan menjaga jarak saat bertemu orangdi ruang publik.


    8. Bagaimana cara seorang Faruz tetap stay positive di tengah kondisi ini?

    Saya sangat mengurangi bacaan berita yang dapat menggiring asumsiku ke hal “negatif” (terutama soal COVID-19). Saya mengalihkan fokus dengan melakukan hal-hal menyenangkan yang bisa menenangkan pikiran dan membangun mood, karena saya percaya bahwa pikiran sangat mempengaruhi daya tahan tubuh). Saya juga mengingatkan diri bahwa everything is going to be fine soon, tapi tidak lupa juga untuk bertanggung jawab dan menjaga kesehatan dan keamanan sendiri.



    9. Ada tips untuk menjaga kesehatan fisik atau mental health?

    Kalau menjaga kesehatan fisik di kondisi sekarang ini, saya memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi & minum vitamin C, ditambah dengan istirahat yang berkualitas. Untuk kesehatan mental, saya sering hal yang bisa bikin kita jadi happy, seperti marathon serial baru yang menarik atau mengurangi exposure berita negatif yang mengkhawatirkan.


    10. Adakah musisi atau album yang kamu sangat sukai akhir-akhir ini?

    Akhir-akhir ini, saya sedang sering mendengarkan lagu-lagunya boyziimen sama Brian McKnight, karena mood beberapa waktu terakhir sedang suka sendu, hehe. Untuk suasana lebih chill, musisi andalan saya adalah Ardhito Pramono, Adrian Khalif, Teza Sumendra, dan Coldiac!


    11. Pesan dari Faruz agar para pendengar iRadio dan Cosmobabes terus semangat?

    Kita semua sedang berada di fase yang cukup sulit yang menuntut kita untuk memutar otak demi bertahan (terutama untuk teman-teman yang kehilangan pekerjaan karena pandemi). But life must go on - tidak ada kata terlambat untuk memulai, dan di tengah masa sulit ini kita mulai berani mencoba melakukan berbagai hal baru secara positif dan passionate. Yakin, pasti bisa! 


    (Image: doc. iRadio / Instagram: @faruz16)