Lifestyle

20 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa untuk Ditonton

  by: Alvin Yoga       13/11/2020
  • Tahukah kamu bahwa film animasi berdurasi-panjang pertama ternyata dibuat 80 tahun yang lalu (untuk kamu yang pengetahuan filmnya sedikit seperti saya, film tersebut adalah Snow White and the Seven Dwarfs). Dan sejak tahun 1936 tersebut, kita dimanjakan dengan banyak sekali film-film animasi yang magis dan luar biasa. Tentu saja, tak perlu diragukan lagi bahwa Disney dan Pixar adalah dua rumah produksi terbaik dalam hal ini—mereka berhasil menciptakan desain gambar yang sempurna, cerita yang mengharukan dan mengabadikan cerita klasik ke dalam film animasi seakan-akan mereka memang dilahirkan untuk hal tersebut—namun tentu saja, studio baru seperti Dreamworks juga berhasil membuat beberapa film favorit seperti Shrek dan How to Train Your Dragon.

    Bahkan sebagai seorang dewasa, rasanya menyenangkan DAN menenangkan bisa menonton film animasi serta terjun ke dunia mereka yang menggemaskan, penuh warna, dan penuh musik untuk sementara waktu. That's right, tak ada yang salah dengan menonton film animasi seperti seorang anak kecil—kamu bisa menemukan banyak sekali film animasi yang, ahem, lebih sedikit menampilkan humor keluarga yang membuatmu mengantuk. Berikut daftar 20 film animasi yang menarik untuk ditonton di akhir pekan—atau di waktu liburan akhir tahun nanti.




    Toy Story

    Film ini tak diragukan lagi bisa dinikmati oleh semua umur. Tingkah lucu antara Buzz dan Woody tak akan pernah terasa membosankan, bahkan kalau kamu sudah menontonnya beribu-ribu kali.


    Frozen

    Mari nyanyikan bersama, "Let it go, let it goooo!" Film ini jelas digemari di seluruh dunia—bahkan kalau kamu belum pernah menontonnya, kamu pasti kenal beberapa lagunya, plus nama beberapa karakter utamanya. By the way, Frozen saat ini menjadi film dengan pendapatan tertinggi ke-16 sepanjang masa, dengan total USD 1,2 miliar dari seluruh dunia.


    Moana

    Saya tak bisa memutuskan apa yang lebih saya suka dari film ini: lagunya yang catchy dan menempel terus di telinga, atau fakta bahwa Moana adalah seorang putri pemberani yang berhasil menyelamatkan dunia tanpa bantuan (sedikitpun) kehadiran seorang kekasih. More of this, please!


    Inside Out

    Kalau saja kita bisa memiliki Mindy Kaling dan Amy Poehler yang menarasikan emosi-emosi kita di dalam pikiran, dunia ini mungkin akan terasa lebih keren. Sangat kreatif dan inventif, film ini akan terus bertahan di benakmu meskipun kamu sudah selesai menontonnya. Oh, dan tak masalah kalau kamu ingin menontonnya sendirian, film ini memiliki makna yang sangat dalam bahkan bagi seorang dewasa.

     

    Coco

    Siapkan tisu karena menonton Miguel kecil mengungkap rahasia sejarah keluarganya di Land of the Dead akan menjadi suatuperjalanan yang SANGAT emosional. Adegan terakhirnya pasti (PASTI!) membuatmu menangis.


    Up

    10 menit pertama dari Up = kisah cinta terbaik sepanjang masa, setuju? Anw, film produksi Pixar ini berhasil mendapatkan 98% di Rotten Tomato, just saying.


    Finding Nemo

    Teruslah berenang, dan teruslah memutar film ini, karena menurut Cosmo rasanya tak mungkin kita bisa merasa bosan menonton Finding Nemo.


    WALL-E

    Sure, WALL-E mungkin hanyalah sebuah robot yang tak bisa bicara, tapi my gooooodness ia akan membuatmu menjadi sangat emosional. Dalam cerita petualangan yang fantastis ini, WALL-E dan EVE akan mengelilingi angkasa untuk menyelamatkan Bumi—dan yang perlu kamu lakukan hanyalah menontonnya untuk melihat apakah mereka berhasil melakukannya.


    Monsters, Inc.

    Film ini akan membuat rasa takutmu melihat seorang monster bersembunyi di balik lemari berubah menjadi berdoa supaya ada monster yang muncul dari kolong tempat tidur. Ini adalah film yang baik untuk anak kecil yang mudah takut, dan animasi komputernya sangat rapi sehingga bisa memanjakan seluruh umur. Seorang kritikus terkenal Roger Ebert mengatakan bahwa film ini adalah "a tour de force."


    Spirited Away

    Kalau kamu tak pernah menceburkan diri ke dalam film animasi Jepang, cerita coming-of-age ini bisa menjadi awal yang baik untukmu. Chihiro adalah seorang gadis berumur 10 tahun, dan keluarganya tak sengaja sampai di sebuah resort yang penuh dengan makhluk supranatural. Setelah kedua orang tuanya berubah menjadi babi, ia harus bekerja di resort tersebut untuk membebaskan sihir mereka. Spirited away berhasil memenangkan Oscar untuk Best Animated Feature dalam ajang Academy Awards ke-75 pada tahun 2003 silam. Casual.




    The Lion King

    Circle of life yang sebenarnya adalah ketika kamu menonton The Lion King berjuta-juta kali, mulai dari umurmu masih kecil, sampai kamu beranjak dewasa, dan ketika kamu menontonnya bersama anakmu sendiri nanti. And you never stop loving it. The end.


    The Nightmare Before Christmas

    Jack Skellington memiliki pesona yang menyenangkan serta rasa seram yang sama besarnya ketika ia berusaha mengubah Halloween Town menjadi sebuah tempat liburan bernama Christmas Town. Juga perlu dicatat: Film ini dinominasikan oleh Academy Award untuk Best Visual Effects.


    Kiki’s Delivery Service

    Penyihir cilik Kiki yang berumur 13 belas tahun pindah ke sebuah kota dan menggunakan keahlian terbaru sapu-terbangnya untuk membangun sebuah layanan kurir-terbang. You've got to respect the hustle!


    Coraline

    Menemukan dunia alternatif dengan kondisi yang lebih baik terdengar sangat menggoda (terutama, um, belakangan ini), sampai akhirnya keluarga di alternate universe tersebut berusaha untuk menjebakmu agar tetap berada di sana.


    My Neighbor Totoro

    Ketika Satsuke dan Mei harus pindah ke sebuah rumah di pinggiran kota bersama ayahnya, mereka kemudian berteman dengan para roh atau makhluk tak kasat mata yang tinggal di sana, termasuk yang paling besar dan suka bermain serta memeluk manusia, Totoro. (Psst! Film ini ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki, pembuat film yang juga membuat Spirited Away, dan juga memenangkan banyak penghargaan.)


    Shrek

    Shrek menyapu bersih penghargaan di tahun 2002. Film ini berhasil membawa pulang Academy Award untuk kategori Best Animated Featured, serta memenangkan BAFTA di kategori Best Screenplay - Adapted category, serta dinominasikan di Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture - Comedy or Musical.


    The Lego Movie

    Apa yang terjadi ketika sebuah Lego man biasa disalah artikan sebagai seorang ahli bangunan? Ia terseret dalam sebuah kontroversi di mana ia harus menyelamatkan dunia dari seorang tiran berhati iblis. Duh!


    How to Train Your Dragon

    Bisakah kamu menyalahkan Hiccup (yeah, namanya memang itu) ketika ia memutuskan untuk tidak memerangi naga seperti para pendahulunya? Oh, mungkin ia tergoda ketika melihat Toothless yang imut dan menggemaskan!!


    The Simpsons Movie

    Bahkan jika kamu tidak pernah menonton serial televisinya (uh...apa?), The Simpsons Movie tetap menjadi tontonan yang menyenangkan, terutama jika kamu menyukai humor yang satire.


    Spider-Man: Into the Spider-Verse

    Film ini berhasil memenangkan lebih dari 50 (lima puluh!!) penghargaan. Dan yang menariknya, film ini menjadi film pertama non-Disney/Pixar yang berhasil memenangkan Academy Award untuk kategori Best Animated Feature pada tahun 2019 sejak film Rango di tahun 2011 silam.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US)