Better You

5 Tips Mudah Agar Menstruasi Kamu Terasa Lebih Nyaman

  by: Giovani Untari       18/11/2020
    • Sering merasa periode menstruasi kamu menjadi sebuah nightmare, dear?
    • Berikut 5 tips mudah yang bisa kamu coba agar periode menstruasimu terasa lebih nyaman dan menyenangkan.


    Saat menstruasi tiba terkadang ini menjadi momen nightmare tersendiri bagi banyak perempuan. Munculnya beberapa gangguan seperti: nyeri perut, area organ intim kita jadi terasa tidak nyaman, dan bahkan terkadang diare menjadi penyebab menstruasi bisa terasa begitu mengerikan. 

    Tapi tentu saja kita selalu punya cara untuk membuat menstruasi terasa lebih nyaman dan baik saat dijalani. Beberapa tips mudah ini bisa kamu coba agar periode menstruasimu selanjutnya berjalan dengan lancar dan tetap produktif. Ini dia 5 tips-nya yang bisa kamu coba:




    1. Track masa menstruasi kamu

    We love surprises, tetapi tidak untuk siklus menstruasi kita. Terlebih saat di mana kita berpikir ia tidak akan hadir dan hari itu kita sedang menggunakan celana jeans putih. Oh no! Jadi download sebuah aplikasi tracking untuk periode menstruasi, lalu catat kapan tanggal menstruasimu di sana. Cara ini akan membantu kita untuk lebih aware dan mempersiapkan diri di hari-hari menjelang siklus menstruasi.


    2. Ganti pembalutmu sesering mungkin

    Para dokter obstetri & ginekologi menganjurkan bahwa kita harus mengganti pembalut saat sedang menstruasi sesering mungkin. Bahkan jika memungkinkan kita bisa menggantinya setiap kali selesai buang air kecil. Cara ini akan membantu mencegah organ kewanitaan kita dari infeksi dan bau tidak sedap. Atau kamu juga bisa mengatasinya dengan rajin mengganti pembalut setiap 2-3 jam sekali.


    3. Kompres perut dengan sesuatu yang hangat

    Kram dan rasa nyeri yang kerap menyerang area perut memang sangat menganggu. Kamu bisa meredakannya dengan meletakkan kompres hangat di area sekitar perut bagian bawah. Atau jika memungkinkan, lakukan olahraga ringan untuk meredakan nyeri menstruasi tersebut. Kamu bisa mencoba untuk berjalan kaki, melakukan stretching, pilates, dan olahraga low-impact lainnya.




    4. Bersihkan area kewanitaan dengan sabun yang lembut dan sesuai pH

    Betul, vagina kita memang bisa membersihkan dirinya sendiri. Tetapi area vulva ternyara membutuhkan bantuan ekstra untuk dibersihkan saat sedang periode menstruasi. Pilihlah sabun pembersih kewanitaan yang lembut dan bisa mengatasi bakteri penyebab gatal serta bau tidak sedap. Sesuaikan juga pH sabun pembersih tersebut dengan pH alami organ kewanitaan kamu ya!


    5. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar

    Saat sedang menstruasi, umumnya kita mengalami bloating. Tentu saja ini bukan waktu terbaik untuk menggunakan skinny jeans dan jegging! Cosmo menyarankan kamu menggunakan pakaian yang lebih nyaman serta longgar. Pilih seamless underwear dengan ukuran yang tepat, atasan yang tidak terlalu ketat, serta jogger pants atau kulot yang bisa membuat kamu bergerak lebih bebas dan merasa comfortable.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Polina Zimmerman from Pexels, JESHOOTS.com from Pexels)