Beauty

5 Pertanyaan Paling Umum Tentang Jerawat dan Solusinya

  by: Kissy Aprilia       17/11/2020
    • Cara mengatasi masalah kulit berjerawat dimulai dengan rutin membersihkan wajah.
    • Jerawat juga dapat diatasi dengan efektif menggunakan kandungan benzoyl peroxide, atau salicylic acid.


    Memiliki kulit yang bersih mungkin terdengar mudah, tapi kecuali kamu memiliki dermatologis spesial, goal yang satu ini lebih terdengar seperti lari maraton dibandingkan sprint—a.k.a banyak sekali step yang harus dilalui. 

    Merawat kulit yang rentan berjerawat berarti kamu harus menahan keinginan untuk memcahkan benjolan apapun yang muncul di wajah. Selain itu, kamu juga harus memilih produk skincare yang tepat untuk membantu mengatasi penyebab jerawat, noda gelap, dan masalah kulit lainnya yang ditimbulkan oleh jerawat. 



    Untuk menyelamatkan kulitmu yang sedang bermasalah, Cosmo meminta saran terbaik dari ahli dermatologi mengenai cara yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah jerawat. Simak yang berikut ini!


    Help! Mengapa Kulit Saya Berjerawat?

    Selalu mengalami masalah kulit berjerawat atau hanya merasakannya semasa pubertas, jerawat bisa timbul kapan saja. “Semua orang dapat mengalami masalah jerawat, tapi ada momen di mana kita berada dalam tahap yang paling berisiko untuk mengalami masalah tersebut,” jelas consultant dermatologist, Dr. Justine Hextall. “Waktu yang paling umum adalah di saat remaja. Di masa ini, tubuh mengalami peningkatan hormon yang memicu produkski minyak pada kulit. Di usia ini pula, seseorang sedang banyak beraktivitas, sehingga banyak residu negatif yang menymbat dalam pori-pori kulit.”


    Perawatan Apa yang Harus Saya Lakukan?

    Pastikan kulit wajahmu bersih dari minyak, kotoran, dan polusi sebelum tidur. Mulailah membersihkan dengan menggunakan gentle hydrating cleanser yang tidak membuat kulit terasa kering dan kencang. Selain itu, sangat penting untuk menjaga asupan makanan, mengonsumsi air mineral dan istirahat yang cukup, sebaik kamu melakukan perawatan pada kulit. 


    Kandungan Skincare Apa yang Cocok untuk Kulit Berjerawat?

    Ada beberapa kandungan yang dapat membantu merawat kulti berjerawat. “Coba perawatan topikal dengan formula benzoyl peroxide, retinoids, salicylic acid, dan niacinamide yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit, mengurangi inflamasi, dan menenangkan jerawat,” ungkap dokter Hextall.

    Kandungan niacinamide dan salicylic acid umumnya ditemukan dalam produk cleanser, toner, serum, krim wajah, dan lainnya; sesuaikan produk dengan rutinitas skincare-mu sehari-hari, ya! Serum yang mengandung niacinamide dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit sekaligus mengurangi tampilan kemerahan, atau kamu dapat menggunakan acne patch yang mengandung salicylic acid yang dapat mengempiskan jerawat dalam waktu dua jam!



    Jika kamu menggunakan kandungan yang lebih kuat, seperti retinoid, pastikan kulitmu mendapatkan kelembapan yang tepat. “Kandungan ini memang sangat efektif, tetapi dapat membuat kulit kering bahkan iritasi. Jadi saat menggunakannya, lapisi kulit dengan moisturier yang bersifat soothing dan hydrating setengah jam setelah mengaplikasikan skincare dengan bahan kandungan aktif,” jelas dokter Hextall.


    Bagaimana dengan Bekas Jerawat?

    Well, ini yang paling menyebalkan: bekas jerawat! Menurut dokter Hextall, hal ini disebabkan oleh pigmentasi jerawat yang memerah. The good news is, bekas jerawat bisa dihilangkan—bahkan bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Dokter Hextall menjelaskan bahwa, “bekas jerawat yang disebabkan oleh pigmentasi kerap menjadi masalah pemilik kulit gelap. Hal ini dapat diatasi dengan perawatan retinoid, vitamin C, dan jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen yang bersifat non-comedogenic.”


    Bisakah Saya Menghentikan Jerawat Agar Tidak Muncul Kembali?

    Mencegah selalu lebih baik dibandingkan mengobati. Sayangnya, kondisi kulit berjerawat tidak dapat teratasi dengan sekali perawatan. Jadi, perlakukan kulitmu sebagaimana kamu memerhatikan kesehatan tubuh.

    “Semakin cepat kamu menangani masalah jerawat, maka semakin cepat juga pemulihan inflamasi dan pembersihan pori-pori kulit. Artinya, ini akan mengurangi masalah jerawat, termasuk bekas lukanya yang mengganggu,” ungkap dokter Hextall. Agar lebih optimal, Cosmo menyarankanmu untuk mengunjungi klinik dermatologi untuk mendapatkan resep perawatan kulit sesuai kebutuhan.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Kissy Aprilia / Ed. / Images: Freepik)