Celebrity

Timeline Lengkap Kisah Cinta Pangeran Charles & Putri Diana

  by: Alvin Yoga       18/11/2020
  • Serial televisi The Crown season 4 akhirnya tiba, dan—tanpa mengurangi rasa hormat pada Sang Ratu—rasa penasaran saya terfokus pada kisah Pangeran Charles dan Putri Diana. Dan, entah mengapa saya merasa tertarik pada Pangeran Philip, meski cerita tersebut sebaiknya saya simpan sendiri saja. Bahkan kalau kamu tidak tertarik mengenai ~drama~ yang terjadi di keluarga kerajaan, kamu pasti punya sedikit pengetahuan mengenai "kisah cinta" Pangeran Charles dan Diana, dan The Crown berhasil menggali cerita mengenai betapa tidak cocoknya mereka, betapa sedikitnya mereka memahami pribadi satu sama lain, dan seberapa toxic hubungan mereka sebenarnya.

    But, here's the thing: The Crown hanyalah sebuah kisah fiktif. Titik. Dan jika hubungan Pangeran Diana dan Pangeran Charles dalam serial tersebut terlihat cukup mirip dengan kehidupan nyata, ada banyak fakta menarik yang sebenarnya terjadi di balik kisah tersebut. Berikut adalah timeline SEBENARNYA, IRL, mengenai seluruh kisah yang kamu lihat di The Crown season 4. Siapkan popcorn, dan simak sampai habis.




    CIRCA 1977

    Diana dan Charles bertemu untuk yang pertama kalinya di rumah keluarga Spencer ketika Charles justru sedang mengencani saudara perempuan Diana, Lady Sarah. Menurut Diana, mereka "bertemu di sebuah ladang" dalam sebuah foto, jadi sebenarnya pertemuan pertama mereka tidak seperti yang kamu tonton di serial The Crown (yang mana mereka bertemu di dalam rumah ketika Diana sedang memakai sebuah kostum).

    Dalam sebuah wawancara ketika Charles melamar Diana, Charles menyebutkan bahwa ia masih ingat momen-momen ketika ia pertama kali bertemu dengan Di, dan berpikir betapa "sangat bahagianya" perempuan tersebut, namun lagi-lagi, ia sedang mengencani Sarah pada waktu itu. 


    MUSIM PANAS 1980

    Pertemuan romantis pertama Diana dan Charles terjadi di rumah seorang teman, tepatnya di rumah Philip de Pass. Diana menceritakan momen tersebut dengan cukup panjang dalam sebuah percakapan yang direkam, yang digunakan dalam dokumenter Diana: In Her Own Words, ia berkata, "[Charles] baru saja memutuskan hubungan dengan kekasihnya, dan temannya, Mountbatten, baru saja meninggal. Saya pikir, bertemu dengannya mungkin akan menghiburnya sedikit. Kami lalu bertemu dan berbicara mengenai Mountbatten serta mantan kekasihnya, dan saya berkata, 'Kamu pasti merasa sangat kesepian.' Saya juga berkata, 'Menyedihkan melihat kamu berjalan di altar St. Paul dengan peti Mountbatten di depanmu. Sungguh menyedihkan, kamu membutuhkan seseorang di sisimu.' Di sinilah ia mendekatkan diri pada saya dan mulai mencium saya, dan saya berpikir, Urgh, ini bukan yang orang-orang lain lakukan. Dan ia sepertinya terus mendekati saya sepanjang malam itu, mengikuti saya ke mana pun saya pergi, layaknya seekor anak anjing yang tertarik pada sesuatu." Tentu saja, mereka jatuh cinta, dan Charles kemudian mengundang Diana untuk naik ke kapal royal yacht Britannia untuk memancing pada akhir pekan itu.


    NOVEMBER 1980

    Diana mengunjungi Pangeran Charles dan seluruh keluarga kerajaan dalam sebuah kunjungan ke Balmoral (rumah istirahat keluarga Charles di Skotlandia), yang bisa kamu tonton di serial The Crown. Setelah kunjungan tersebut, Diana memberitahu para reporter yang menunggu di depan apartemennya di London, "Saya menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan." Tentu saja, di momen tersebut, ada banyak sekali media yang tertarik pada Diana, dan setiap kali Diana pergi, pasti ada fotografer yang mengikuti dan memotretnya.


    6 FEBRUARI, 1981

    Pangeran Charles melamar Diana dan memberitahu para reporter bahwa ia melakukannya sebelum mereka berlibur bersama agar ia Diana punya waktu untuk memikirkannya:

    FYI, Diana masih berumur 19 tahun dalam wawancara tersebut!

    Hebatnya, Charles dan Diana hanya bertemu sebanyak 13 kali sebelum mereka bertunangan, yang tentu saja...menjelaskan banyak hal. Diana sendiri mengonfirmasi hal tersebut dalam sebuah video Diana: In Her Own Words, dengan mengatakan, "Kami bertemu 13 kali dan kemudian kami menikah."


    24 FEBRUARI, 1981

    Buckingham Palace mengumumkan secara resmi berita pertunangan Charles dan Diana, dan tak lama sesudahnya, Diana pindah ke Clarence House (di mana Queen Mother tinggal). Serial The Crown menggambarkan momen ini sebagai sebuah periode yang sangat mengisolasi kehidupan Diana, di mana Charles banyak bepergian ke berbagai tempat dan menolak panggilan teleponnya. Namun, dalam Diana: In Her Own Worlds, beliau mengatakan, "[Charles] tidak konsisten soal kemampuannya menggoda saya. Ia biasa menelepon saya setiap hari selama seminggu penuh, kemudian ia tidak akan berbicara sama sekali pada saya selama tiga minggu. Sangat aneh."

    Charles sendiri mengaku bahwa jadwalnya cukup sibuk dalam wawancara berikut, tepat sebelum pernikahan mereka:




    29 JULI, 1981

    Charles dan Diana menikah dalam sebuah acara pernikahan yang sangat megah dan besar, dan Diana menolak untuk berkata bahwa ia akan "tunduk" pada Charles dalam pengucapan sumpah pernikahan. Sayangnya, kita tidak melihat adegan sumpah tersebut dalam The Crown, untungnya, ada video berikut:


    MARET, 1983

    Diana dan Pangeran Charles membawa anak bayi mereka Pangeran William (yang baru berumur sekitar sembilan bulan) dalam sebuah tur ke Australia—seperti yang kita lihat di serial The Crown. Dalam serial tersebut, disebutkan bahwa ini merupakan momen-momen penting ketika pasangan tersebut akhirnya bisa menyatukan perbedaan, dan di kehidupan nyata, mereka memang terlihat sangat bahagia. Faktanya, berikut video mengenai dansa romantis mereka:

    Daaan ada juga video footage Diana yang sedang berjalan mendaki gunung, yang dalam serial The Crown digambarkan sebagai sumber frustasi terbesar bagi Charles:


    DESEMBER 1985

    Diana mengejutkan Charles dengan sebuah penampilan "Uptown Girl" di tengah acara gala Natal tertutup untuk para pendukung Royal Ballet, dan—seperti yang dengan sangat jelas ditunjukkan dalam serial The Crown—Charles tidak hadir dalam acara tersebut. Menurut ahli kerajaan Richard Kay, via The Sun, "Itu merupakan sebuah hadiah yang kemudian berbalik menjadi sebuah bencana. Diana melakukannya sebagai sebuah hadiah bagi Charles. Charles di sisi lain tidak merasa tersanjung. Charles berpikir bahwa Diana sedang memamerkan dirinya. Faktanya, dibutuhkan keberanian yang luar biasa bagi Diana untuk naik ke atas panggung di rumah balet Inggris di Covent Garden, dan melakukan latihan rutin bersama sang pebalet ternama Wayne Sleep." 

    Partner Diana, Wayne, bercerita mengenai pengalaman tersebut dalam video ini:


    Setelah peristiwa inilah hubungan pasangan tersebut mulai renggang dan menjadi lebih serius—baik dalam The Crown maupun dalam kehidupan nyata. Diana dan Charles ternyata selama ini tidak jujur mengenai perasaan mereka satu sama lain, hubungan dekat antara Charles dengan Camilla berlanjut menjadi sebuah problem, dan yep, tentu saja keluarga kerajaan terlibat sepenuhnya—baik sang Ratu maupun Pangeran Philip meminta pasangan tersebut untuk menyelesaikan masalah mereka. Namun seperti yang kita ketahui, Diana dan Charles pada akhirnya berpisah dan bercerai secara resmi di tahun 1996—sekitar satu tahun sebelum kecelakaan mobil tragis Diana.

    Kisah mengenai kehidupan pernikahan ini tanpa ragu akan terus dilanjutkan dalam serial The Crown musim berikutnya, dan kami akan memperbarui timeline ini begitu kisahnya berlanjut!


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US)