Lifestyle

UOB Umumkan Pemenang Painting of the Year Indonesia 2020

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/11/2020
  • Tahun ini UOB Indonesia kembali menggelar UOB Painting of the Year, dan pada hari Kamis, 19 November 2020 kemarin, pemenang ajang penghargaan seni tersebut telah diumumkan. 

    Ini adalah kali ke-10 Painting of the Year diselenggarakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, penghargaan ini berniat untuk mendukung komunitas seni tanah air, serta menghubungkan seniman lokal dengan lebih banyak kesempatan di kancah internasional. Mengingat tahun 2020 ini adalah masa yang menantang bagi banyak orang, terutama para pelaku seni, kehadiran Painting of the Year semakin signifikan untuk menggenjot semangat para seniman.




    Isolated Garden - Prabu Perdana (Akrilik di atas kanvas, 150x100 cm)


    Setelah proses pengajuan karya yang dilakukan secara online selama bulan Agustus hingga Oktober kemarin, lalu dilanjutkan dengan proses penjurian oleh dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung Dr. Agung Hujatnikajennong, kurator Salihara Asikin Hasan, dan seniman wanita kontemporer Ay Tjoe Christine, Prabu Perdana terpilih sebagai pemenang utama UOB Painting of the Year 2020. Melalui lukisan akrilik berjudul Isolated Garden, seniman asal Bandung, Jawa Barat tersebut menggambarkan kesadaran untuk menjaga jarak di masa pandemi COVID-19 ini. Prabu berhasil memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp250 juta.




    This Too Shall Pass - Michelle Felicia Darmawan (Cat minyak di atas kanvas, 80x120 cm)


    Selain Prabu, ada pula Michelle Felicia Darmawan yang memenangkan kategori ‘Most Promising Artist of the Year 2020’. Sang seniman pendatang baru yang berusia 17 tahun ini berhasil meraih penghargaan tersebut berkat karyanya yang berjudul This Too Shall Pass, sebuah lukisan cat minyak yang menggambarkan situasi pandemi yang penuh ketidakpastian.

    Ini bukanlah tahap terakhir dari UOB Painting of the Year. Setelah ini Prabu akan lanjut ke tahap internasional dan bersaing dengan para pemenang dari Malaysia, Singapura, dan Thailand untuk meraih penghargaan UOB Southeast Asian Painting of the Year, serta berkesempatan untuk memenangkan program residensi di Fukuoka Asian Art Museum. Pengumuman pemenang UOB Southeast Asian Painting of the Year akan diadakan pada 3 Desember mendatang.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. UOB Indonesia)