Beauty

Produk Lokal untuk Pemula Skincare Pemilik Kulit Berjerawat

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/11/2020
  • Hai, para pemula skincare! Kalau kamu baru saja terjun ke dunia skincare dan merasa overwhelmed, Cosmo paham, kok. Pasti kamu sudah melihat banyak sekali produk yang direkomendasikan para beauty guru (atau mungkin teman sendiri), dan juga mendengar istilah-istilah skincare yang tak ada habisnya, benar? Terutama para pemilik kulit berjerawat yang cenderung berminyak, mencari produk yang tepat untuk merawat kulitmu yang 'rewel' tentu bukanlah hal yang mudah (we've all been there, it's okay!).

    Di sini, Cosmo akan membantumu. Kemungkinan besar selama ini kamu belum rajin memakai produk skincare, so ada baiknya untuk mulai perlahan agar kulitmu tidak kaget dan mendapatkan cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan bahan-bahan yang akan membantunya. Oleh karena itu, empat langkah serta empat produk perawatan kulit dari brand lokal berikut ini cukup untuk memulai perjalanan skincare-mu. Selain berkualitas dan ramah di kantong, tentunya produk-produk lokal ini juga mudah didapatkan. Dan jangan khawatir, Cosmo juga akan menjelaskana alasan keempat langkah ini dibutuhkan untuk merawat kulitmu yang berjerawat. Now, let's begin!

     



    Step 1: Face Cleanser

    Bisa dibilang langkah pertama ini adalah yang terpenting dan wajib kamu lakukan secara rutin dua kali dalam sehari. Ya, wajah yang kurang bersih bukanlah satu-satunya penyebab jerawat, tapi kotoran, bakteri, serta sebum yang melekat pada kulit bisa menyumbat pori-pori, yaitu salah satu biang breakouts. Jadi pada pagi hari dan malam hari, jangan lupa untuk bersihkan wajah dengan sabun yang ramah kulit rentan jerawat.




    Cosmo merekomendasikan Oil Control Cleanser, produk hasil kolaborasi BIYU Skin dengan beauty influencer Angelicca Marthin. Sabun pembersih muka ini telah dirancang khusus untuk para pemilik kulit berjerawat, berminyak, dan sensitif. Formulanya bebas alkohol, pewangi, essential oils, dan Sodium Lauryl Sulfate yang seringkali membuat kulit kesat atau kering (FYI, kulit kering justru memicu produksi minyak pada kulit!). Teksturnya yang berupa gel terasa lembut, tapi tetap efektif untuk mengangkat kotoran dan sebum berlebih.

    Beli di… Tokopedia

    Harga: Rp109.000,-.

     

    Step 2: Toner

    Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk gunakan toner. Produk ini memang seringkali dianggap kurang penting, tapi sebenarnya dibutuhkan untuk menyeimbangkan tingkat pH pada kulit. Memiliki tingkat keasaman yang seimbang bagi pemilik kulit berjerawat lebih penting dari yang kamu kira. Jika pH kulit terlalu asam, jerawat, kemerahan, peradangan, dan masalah kulit lainnya lebih mudah terjadi. 


    Untuk kulit berjerawat, pilihlah toner yang mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati agar pori-pori tidak tersumbat dan luka bekas jerawat lebih cepat hilang. The Radiance White Refreshing Toner dari Y.O.U bisa menjadi pilihan yang tepat, karena mengandung allantoin yang mampu mengeksfoliasi kulit secara lembut, dan niacinamide yang dapat meratakan warna kulit. Plus, toner ini juga mengandung hyaluronic acid yang hydrating sehingga tidak membuat kulit kering.

    Beli di… Shopee Mall

    Harga: Rp56.000,-.



     

    Step 3: Serum

    Mengaplikasikan serum wajah membantu menjaga nutrisi dan kelembapan kulit. Again, kulit yang berjerawat yang cenderung berminyak juga tetap dijaga kelembapannya, lho. Menurut American Academy of Dermatology, tipe kulit tersebut justru akan memproduksi lebih banyak minyak dalam kondisi kering, yang bisa menyebabkan produksi minyak berlebih lalu menyumbat pori-pori.


    Kamu bisa coba INNERTRUE Essence of Life Serum yang tak hanya moisturizing saja, tapi juga mampu merawat pori-pori serta mengurangi inflamasi pada kulit. Serum ini bisa membuat kulit terasa lebih halus dan segar, serta cepat menyerap pada kulit dan tidak lengket.

    Beli di… Tokopedia

    Harga: Rp220.000,-.

     

    Step 4: Sunscreen


    Kalau selama ini kamu masih absen menggunakan sunscreen, mulailah ubah kebiasaan tersebut—bahkan di musim hujan pun sunscreen tetap dibutuhkan. Mungkin memilih tabir surya yang ramah pada kulit berjerawat agak tricky, tapi Rosé All Day telah menghadirkan produk yang bisa menjadi solusi. Don’t Forget Sunscreen tak hanya mengandung ekstrak chamomile yang dikenal bagus untuk menenangkan kulit meradang saja, tapi juga dilengkapi dengan ekstrak buah apel yang kaya akan antioksidan dan telah dirancang untuk mengurangi kilau akibat minyak berlebih pada kulit.

    Beli di… Sociolla

    Harga: Rp190.000,-.

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: cottonbro on Pexels / Images: Dok. BIYU Skin, Y.O.U, INNERTRUE, Rosé All Day)