Lifestyle

Ingin Belajar Bahasa Korea? Tonton 7 Channel Youtube Ini!

  by: Giovani Untari       23/11/2020
    • Bagi kamu yang saat ini sedang tertarik untuk belajar bahasa Korea, berikut ini 7 channel Youtube yang wajib untuk kamu simak!
    • Di antaranya adalah Borassaem, Korean Unnie, serta Miss Vicky.


    Babes, apakah kamu sering merasa lost in translation setiap kali drama Korea ataupun variety show yang sedang kamu tonton tidak memiliki subtitle bahasa / bahasa Inggris di dalamnya? Been there!

    Jika belajar bahasa Korea masuk ke dalam salah satu list to do kamu, maka ini dia 7 Youtube channel pilihan Cosmo yang wajib kamu subsribe dan tonton, dear! Akun-akun Youtube berikut ini dijamin bisa membantumu belajar bahasa Korea secara lebih mudah.



    Entah itu 5 menit, 15, atau bahkan 50 menit, selalu luangkan waktu untuk belajar bahasa Korea. Sebab kunci dari bisa belajar bahasa Korea adalah konsistensi! Jadi upayakan agar kamu rutin belajar atau mengingat kosakata baru setiap harinya. Beranikan juga untuk mengunggah pesan / komentar dalam bahasa Korea (yang benar-benar kamu tulis ya, bukan copy dari internet!) di postingan Instagram / Twitter para oppa favoritmu. *winks



    1. Borassaem

    Yes she is! Debora Gabriella atau yang kita kenal sebagai Borassaem, memiliki begitu banyak video mengenai cara belajar bahasa Korea yang benar di channel Youtube miliknya. Youtube channel Borassaem juga selalu menyenangkan karena memiliki editan yang menggemaskan dan mempermudah kita dalam belajar bahasa Korea dan menulis Hangul. Serunya lagi Borassaem juga kerap memberikan banyak istilah-istilah yang wajib diketahui oleh para Korean lovers! Seperti bagaimana cara menyebutkan nama bias kesayangan kita di sebuah grup. Subscribe now!




    2. Talk To Me In Korean

    Jika kamu baru saja ingin belajar bahasa Korea, Cosmo yakin pasti kamu pernah mendengar (atau melihat) akun Youtube Talk To Me In Korean. Channel Youtube satu ini sangat bermanfaat dalam mempelajari percakapan berbahasa Korea sampai urusan belajar ekspresi wajah para tokoh yang ada di drama Korea! Tonton channel ini untuk mempersiapkan dirimu saat trip ke Seoul di masa depan!




    3. Miss Vicky

    Teacher Vicky merupakan seorang speaker asli Korea. Video-video di akun Youtubenya juga sangat mudah untuk kita pahami. Untuk kian memudahkan para penontonnya, Miss Vicky bahkan sudah mengatur playlist di channel Youtube-nya tersebut. Jadi kamu bisa memilih mana materi bahasa Korea yang sedang ingin kamu pelajari.




    4. Kali

    Apabila kamu ingin belajar bahasa Korea dengan sesama teman yang juga baru saja belajar bahasa ini, temui Kali. Ia merupakan seorang mahasiswi asing di Seoul. Kali sering membagikan caranya belajar bahasa Korea secara mandiri. Vlog-nya pun selalu menyenangkan karena banyak berisi pengalamannya sebagai foreigner yang sedang menempuh pendidikan di Korea. Jangan lewatkan pula tur apartemennya yang seru!






    5. Korean Unnie

    Unnie (kakak perempuan) membuat proses belajar bahasa Korea terasa lebih mudah dan fun! Ia selalu berusaha membuat videonya pendek namun tetap mudah dimengerti. Korean Unnie selalu memilih kata-kata yang spesifik untuk kita pelajari. Plus, ia juga banyak membawa kita pada banyak cerita seru atas pengalaman fangirl-nya seperti saat ia berhasil mewawancarai Tiffany Young dan KARD. Atau ketika ia menghadiri konser BTS di Wembley Stadium, London!




    6. Learn Korean with GO! Billy Korean

    Billy merupakan seorang pria asal Amerika yang sudah mempelajari bahasa Korea sejak tahun 2005! Ia tinggal di Korea dan berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya di negeri gingseng tersebut. Jadi kamu bisa mempercayainya dalam urusan dan tips meningkatkan pronounciation bahasa Koreamu, sebab Billy juga pernah melalui fase belajar yang sama dengan kita.




    7. Learn Korean with KoreanClass101.com

    Apakah kamu adalah tipe murid yang senang berlatih membaca dan menulis bahasa Korea sekaligus? Maka Korean Class 101 adalah pilihan yang tepat buatmu! Di samping memiliki banyak koleksi video pelajaran bahasa Korea, website ini juga memiliki PDF caramenulis dan membaca Hangul. Kabar baiknya lagi, seluruh PDF tersebut dapat kamu unduh secara gratis.





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa & tambahan teks: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Youtube Korean Unnie & Twitter @bts_twt)