Celebrity

Yuk, Simak Biodata Personel Girl Group K-Pop Baru, Aespa!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       24/11/2020
  • “Be my ae! Hi, we are æspa!”

    Hmm… Cosmo rasa kamu akan mulai sering mendengar greetings tersebut di masa depan. Kalau kamu ketinggalan kabar terbaru di dunia K-Pop (bukan salahmu, ada baaanyak sekali hal yang terjadi di industri tersebut, bahkan Cosmo terkadang kesulitan untuk keep up!), agensi ternama SM Entertainment resmi meluncurkan grup baru bernama aespa. Ini adalah girl group pertama yang debut di bawah SM Entertainment sejak Red Velvet pada tahun 2014. So tentu saja grup ini langsung membuat para penggemar K-Pop heboh!

    Salah satu hal paling menarik dari grup ini adalah konsepnya. Nama aespa sendiri adalah berasal dari ‘ae’ yang melambangkan ‘avatar’ dan ‘experience', dan juga diambil dari kata ‘aspect’ dari bahasa Inggris yang berarti ‘kedua sisi’. Pada dasarnya, grup ini ingin menghadirkan “dunia baru”, dan itulah mengapa setiap personel aespa memiliki avatar yang mendampingi mereka. Yup, we’re not kidding. Kedengarannya unik, bukan?



    Nah, kalau kamu sudah menonton video klip dari single debut mereka, “Black Mamba”, dan super tertarik untuk mengikuti perjalanan grup ini, mari kita berkenalan dengan keempat personel aespa terlebih dahulu! Mereka adalah Karina, Giselle, Winter, dan Ningning, masing-masing memiliki keahlian tersendiri yang mencuri perhatian. Ready to enter the unique world of aespa?


    Karina the Dancer



    Tanggal lahir: 11 April, 2000 / Zodiak: Aries

    Ketika melihatnya mungkin kamu langsung terpaku pada wajahnya yang petite seperti boneka, but she’s more than just her looks! Karina, a.k.a Yoo Jimin, adalah leader sekaligus dancer utama aespa. Karina adalah personel aespa pertama yang tampil dalam video teaser bersama avatar pendampingnya, æ-Karina, memperkenalkan konsep unik girl group tersebut.

    Kalau kamu merasa wajahnya familier, mungkin kamu sudah pernah melihatnya sebagai dancer dalam video klip “WANT” yang dibawakan oleh seniornya, Taemin, dan ia pun telah menjadi dancer untuk lagu tersebut di beberapa acara musik. Coba tonton video berikut ini, can you spot her?




    Menjelang debut aespa, perempuan berdarah Korea Selatan ini juga sempat tampil bersama Kai EXO di acara virtual showcase Tucson Beyond Drive, kerja sama SM Entertainment dengan Hyundai Motor Company. Simak aksinya di video berikut ini:




    Giselle the Rapper



    Tanggal lahir: 30 Oktober, 2000 / Zodiak: Scorpio

    Berasal dari Jepang, personel aespa yang satu ini langsung menarik perhatian para fans ketika video teaser-nya dirilis. Wajar saja, dalam video tersebut perempuan yang bernama lengkap Uchinaga Aeri ini menunjukkan kebolehan rap-nya yang cukup impresif, terutama mengingat ia hanya menjalani masa trainee selama kurang dari satu tahun.




    Tentunya, para MY (sebutan untuk fans aespa) telah berusaha mencari foto serta video Giselle dari masa pre-debut. Dan tampaknya beberapa orang sudah menemukan selfie dan video yang mereka percayai memperlihatkan Giselle sebelum debut dengan aespa. Bagaimana menurutmu, is it really her? Kalau memang benar, sepertinya ia pernah menjadi anggota paduan suara!







    Winter the Visual


    Tanggal lahir: 1 Januari, 2001 / Zodiak: Capricorn

    Perempuan yang bernama asli Kim Minjeong ini adalah personel aespa pertama yang diperkenalkan ke publik, dan ia adalah salah satu dari dua personel yang berdarah Korea Selatan. 

    Winter memegang posisi lead vocalist dan lead dancer aespa, dan banyak fans juga menganggapnya sebagai visual grup ini begitu SM Entertainment merilis video teaser yang fokus pada parasnya, sebelum menyorot keterampilan ilmu pedang yang fierce. Sejak awal diperkenalkan ke publik pun wajah Winter seringkali dianggap mirip dengan Taeyeon SNSD. Ini cukup membuktikan bahwa sang visual memiliki kecantikan yang memikat, setuju?




    Ningning the Vocalist


    Tanggal lahir: 23 Oktober, 2002 / Zodiak: Scorpio

    The main vocalist AND the maknae! Ya, Ninging alias Ning Yizhuo adalah personel termuda aespa dan juga bertugas sebagai vokalis utama. Para penggemar SM Rookies mungkin tak perlu lagi mempertanyakan bakat menyanyi perempuan berdarah Tionghoa ini. Ningning bergabung dengan grup trainee SM Entertainment tersebut pada September 2016, saat ia baru berusia 13 tahun (amazing), dan saat masih tinggal di Cina ia juga telah mengumpulkan sejumlah pengalaman menyanyi di acara televisi. Yuk, kita saksikan penampilan pre-debut Ningning!




    Berkat suaranya yang merdu dan powerful, ia langsung menonjol sebagai anggota SM Rookies dan digadang-gadang sebagai vokalis utama kebanggaan SM Entertainment selanjutnya, mengikuti jejak Taeyeon SNSD, Luna f(x), Wendy Red Velvet, dan main vocalist ikonis lainnya yang dilahirkan agensi tersebut. Well, setelah menyaksikan video teaser Ningning, Cosmo cukup yakin ia akan menjadi SM’s next iconic main vocalist!




    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. SM Entertainment)