Lifestyle

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Album Baru Miley Cyrus!

  by: Givania Diwiya Citta       25/11/2020
  • Kalau ada satu hal baik tentang tahun 2020, itu adalah kabar bahwa bintang favorit kita sedari masa Disney kids – Miley Ray Cyrus tentunya, siapa lagi coba? – meluncurkan karya baru! Tahun lalu, Miley memanjakan telinga kita dengan album pendeknya, She Is Coming, yang membuat kita berprasangka bahwa akan ada album penuh sebelum tahun 2020 berakhir – dan siapa yang sangka, ternyata itu betul adanya! Miley sudah mengejutkan penggemarnya dengan meluncurkan single terbarunya Midnight Sky dan Prisoner (feat. Dua Lipa), juga dengan memberi wawancara tentang kehidupan asmaranya, dan yang lebih penting, memanjakan para Smilers dengan album ketujuhnya, Plastic Hearts.


    Kalau kamu (1) adalah Smiler yang selalu butuh kabar terbaru dari Miley tentang apapun itu, atau (2) gatal untuk mendengarkan musik baru dari Miley karena kamu juga (3) tak bisa sabar untuk segera menikmati album pop berkualitas tinggi, maka teruslah baca artikel ini karena kamu akan segera tahu semua yang harus kamu ketahui tentang album terbaru Miley. Kembali kasih!




    Akan seperti apa musik dalam albumnya?

    Miley sudah memberi detail juicy pada para penggemarnya tentang ~vibe~ album ini. Pada bulan Maret lalu, Miley pernah wawancara dengan DJ Smallzy dan mengungkapkan agar para penggemarnya siap menantikan musik dengan vibe Joan Jett, artinya kita mungkin akan mendengarkan beberapa musik yang murni rock and roll. Miley juga lanjut menjelaskan bahwa, “Jika 2019 adalah tentang patah [hati], maka 2020 adalah tentang pematah [hati].”



    Saat ia tampil di The Zach Sang Show bulan Agustus lalu, Miley menjelaskan bahwa arah musik rock untuk Plastic Hearts bukanlah niatannya sedari awal. Ia bilang:

    “Saya awalnya membuat album ini sebagai ancaman untuk tim saya. Setelah album terakhir saya, saya bilang ini, ‘Dengar, aku akan mencoba menghasilkan satu karya lagi dan jika aku merasa aku tak bisa tidur sambil mendengarkannya, maka aku akan membuat album rock.’ Dan mereka bilang, ‘Lalu, kenapa kamu harus menunggu untuk mengerjakannya, kamu ‘kan tak pernah menunggu, kerjakan saja sekarang,’ dan saya pun tersadar, ‘Kalian benar. Aku tak tahu, aku tak tahu kenapa aku, seolah-olah, mengancam kalian dengan album berbeda padahal sepertinya ini adalah langkah baru yang tepat untukku.’ Saya pun sempat berpikir lagi, mungkin seharusnya saya tetap melanjutkan bikin lagu pop karena semua pengetahuan saya ada di situ, tapi itu bukanlah diri saya yang sebenarnya, jadi akhirnya, saya memberanikan diri dan mulai membuat lagu rock.”


    Dengan siapa saja Miley mengerjakan album ini?

    Miley bekerja sama dengan beberapa produser untuk Plastic Hearts. Sejauh ini yang kita tahu terdapat:


    Mark Ronson

    Di Twitter, akun yang kerap membagi kabar tentang Miley menyebutkan bahwa Mark memproduseri lagu Miley yang berjudul High. Mark pun membalas cuitan tersebut dan menuliskan, “Lagu ini akan bikin kalian menelepon kembali setiap mantan yang kalian punya. Vokal Miley di sini adalah 11/10.”



    Miley dan Mark pernah bekerja sama sebelumnya untuk lagu Nothing Breaks Like a Heart, yang SANGAT bagus sampai Cosmo bisa bilang bahwa itu adalah salah satu dari 25 lagu terbaik Miley.


    Mark juga dikenal untuk karyanya pada Rehab, lagu milik Amy Winehouse, juga lagu Shallow yang dinyanyikan Lady Gaga dan Bradley Cooper, Cold Shoulder milik Adele, Uptown Funk milik Bruno Mars, dan masih banyak lagi. Jadi, pada dasarnya semua yang ada sentuhan Mark akan jadi karya emas.


    Max Martin

    Kamu mungkin tak mengenal nama Max Martin, tapi ia adalah LEGENDA di musik pop. Karier Max dalam bidang penulisan lagu dan produksi lagu meraih puncaknya di era ‘90an, setelah ia menulis lagu Baby One More Time untuk Britney Spears, It’s Gonna Be Me untuk NSYNC, dan I Want It That Way untuk The Backstreet Boys.


    Sejak itu, Max sudah ikut andil dalam menulis beberapa lagu seperti God Is a Woman milik Ariana Grande, Beauty and a Beat milik Justin Bieber feat. Nicki Minaj, 4ever milik The Veronicas, Love Me Like You Do milik Ellie Goulding, Stupid Love milik Lady Gaga, Blinding Lights milik The Weeknd, Shake It Off milik Taylor Swift, What the Hell milik Avril Lavigne, I Kissed a Girl milik Katy Perry… oke, Cosmo akan berhenti di sini.


    Oh, dan ia memenangkan penghargaan ASCAP Songwriter of the Year Award sebanyak 11 kali!!


    Andrew Watt

    Mungkin kamu pun belum mengenali nama Andrew. Pada tahun 2013, ia adalah anggota pendiri sekaligus pemain gitar dari band California Breed. Dua tahun kemudian, Andrew mengejar karier musik solo, dan sekarang ini, ia memakai nama panggilan “watt.”


    Sejak saat itu, ia unggul di bidang penulisan lagu dan produksi lagu, seperti untuk Post Malone, Camila Cabello, Cardi B, Lana Del Rey, Dua Lipa, dan banyak lainnya. Kita juga sudah mencicipi kemampuannya karena ia salah satu penulis untuk Midnight Sky.




    Andrew Wyatt

    Oke, Cosmo janji Andrew yang satu ini berbeda dari Andrew yang sebelumnya. Andrew Wyatt membantu menulis empat dari enam lagu di album pendek Miley, She Is Coming, dan membantu produksi dua lagunya. Ia juga membantu Lady Gaga dan Bradley Cooper dalam menulis Shallow, dan membantu Bruno Mars untuk When I Was Your Man dan Grenade.


    Apakah sudah ada single yang diluncurkan?

    Sampai sekarang, kita sudah bisa mendengarkan Midnight Sky dan Prisoner. Dan kedua lagu tersebut sangat hot!



    Apakah album baru Miley akan rilis dalam waktu dekat???

    Tandai kalender kamu, Smilers – Plastic Hearts akan rilis pada 27 November. Awalnya, Miley tak ingin merilis album ini dalam waktu dekat karena ia ingin menunggu hingga bisa pentas IRL dan mempromosikannya secara layak.


    “Saya sungguh berpikir bahwa album ini saya buat untuk acara-acara festival, atau untuk acara tur. Jadi bagi saya, saya sebenarnya ingin menunggu sampai saya bisa pentas kembali,” ujarnya dalam wawancara Zach Sang. “Live performance sebenarnya adalah jantung dari musik saya. Karena itulah yang selalu jadi milik saya: saya dan band saya. Itulah yang saya ingin lakukan dalam waktu dekat, tapi saya adalah orang yang cukup sabar. Meski penampilan saya seperti orang tak sabaran, tapi saya cukup bisa bersabar, kok, jadi saya rasa saya akan menunggu sampai kita semua bisa terhubung lagi untuk perilisan suatu karya yang utuh.”


    Ada beberapa bonus informasi untuk kamu: Miley awalnya ingin merilis album lewat wujud tiga album pendek, tapi ia akhirnya memutuskan untuk tak melakukannya. Ketika COVID-19 merebak, Miley bilang bahwa “tak masuk akal” jika ia harus melanjutkan mengerjakan dua proyek album pendek tersebut.


    “Saya rasa kita semua bisa setuju bahwa tahun ini sudah berjalan dengan cara yang paling tak bisa diduga, dan mungkin jadi hal yang paling tak pernah kita rencanakan atau seharusnya kita coba waspadai sedari lama, tapi ini juga terasa seperti lagu-lagu saya yang akan hadir nanti, jadi lagi-lagi, saya rasa sudah tak masuk akal kalau saya harus lanjut mengerjakan dua proyek lagi,” ujarnya dalam wawancara dengan Zane Lowe di Apple Music.


    She Is Coming tadinya adalah satu dari tiga album pendek yang akan dirilis, tapi saya merasa, untuk hidup saya, dengan evolusi yang ada, dan perubahan yang muncul secara cepat, lalu juga seberapa cepat saya berubah, dan betapa publik juga mengalami perubahan yang sama, jadi tak masuk akal bagi saya jika harus mencoba menyelesaikan proyek hanya dengan lagu yang sedikit dan dengan rekaman yang seadanya, jadi saya selalu lebih senang menelurkan single ketimbang album utuh karena hal ini bisa membuat saya berbincang dengan penggemar saya di waktu yang riil,” tambah Miley.


    Adakah bocoran daftar lagu dalam album akan seperti apa?

    YA! Miley sudah mengumumkan daftar resmi track dalam albumnya lewat Instagram miliknya pada bulan November. Daftar lagunya secara berurutan adalah sebagai berikut:

    1. "WTF Do I Know"
    2. "Plastic Hearts"
    3. "Angels Like You"
    4. "Prisoner (feat. Dua Lipa)"
    5. "Gimme What I Want"
    6. "Night Crawling (feat. Billy Idol)"
    7. "Midnight Sky"
    8. "High"
    9. "Hate Me"
    10. "Bad Karma (feat. Joan Jett)
    11. "Never Be Me"
    12. "Golden G String"



    Karena Smilers cukup cermat, jadi ada beberapa lagu dari daftar resmi tersebut yang bocor sebelum dirilis. Rumornya pun, Win Some Lose Some dan Victoria gagal masuk ke dalam album, namun bisa ditemukan bertebaran di YouTube. (Hei, jangan bilang kamu tahu tentang ini dari Cosmo, ya??)


    Kabar baiknya, Miley punya banyaaak opsi akan jadi seperti apa edisi deluxe dari album ini. Dalam wawancaranya di Zach Sang, ia mengungkapkan bahwa ia punya 20 lagu yang ditulis untuk album tersebut… artinya ada delapan lagu yang bertebaran di internet (ehm, maksudnya di hard drive miliknya)! 


    Itulah sejumlah informasi tentang Plastic Hearts, tetap ikuti perkembangan berita tentang album terbarunya, ya!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Instagram @mileycyrus / Starr Bowenbank)