Better You

5 Tips Jitu untuk Mengatasi Rasa Lelah pada Media Sosial!

  by: Giovani Untari       25/11/2020
    • Sering merasa lelah pada media sosial, tetapi pekerjaanmu selalu berurusan dengannya?
    • Ini 5 tips jitu untuk mengatasi rasa lelah pada media sosial!


    Media sosial tak bisa dipungkiri terkadang bisa membuat kita merasa overwhelming karenanya. Dan hal ini tentu saja ikut berdampak pada kesehatan mental kita. Saran terbaik untuk mengatasi rasa ini sebenarnya cukup sederhana: berhenti total atau beristirahat sejenak dari bermain media sosial.

    Well... mungkin saran tersebut terasa mudah untuk dilakukan oleh beberapa orang. Tapi bagaimana dengan mereka yang pekerjaannya mengharuskan untuk selalu berurusan dengan media sosial? Seperti contohnya para community manager, editor, konten kreator, dan beberapa profesi lainnya yang harus berurusan dengan Instagram, Facebook, dan Twitter setiap harinya. Tentu saja mereka tidak bisa berhenti begitu saja dari segala urusan di media sosial, bukan?



    Jika pekerjaanmu saat ini masuk dalam kategori di atas, Cosmo punya kabar baik untukmu! Sekarang kamu bisa mencoba beberapa tips jitu ini untuk mengatasi rasa lelah pada media sosial yang mulai menganggu pikiran dan perasaanmu, babes! Berikut 5 tips jitu untuk mengatasi rasa lelah pada media sosial:


    1. Matikan notifikasi saat weekend

    Ini akan membantu kamu terhindar dari rasa anxiety dan lelah saat melihat notifikasi yang muncul di layar ponsel. Otak akan memproses dan terus bekerja saat melihat tulisan seperti “LIKE” atau “Comment” yang muncul dari panel notifikasi. Sama seperti tubuh, pikiranmu juga berhak dan butuh beristirahat, dear!


    2. Mute dan unfollow

    Self-preservation is the key! Berhenti membenci dan mengikuti akun-akun (termasuk akun milik anggota keluarga dan teman) yang tidak membawa efek positif dalam hidupmu. Tentu saja kita berhak menentukan batasan dalam circle media sosial pribadi kita.






    3. Follow akun media sosial yang membuat kamu bahagia

    Setelah “membersihkan” list pertemanan di media sosial, follow sejumlah akun yang memang bisa membantu kamu lebih bahagia. Mulai dari akun hewan-hewan menggemaskan sampai akun berisi quotes penuh motivasi, Instagram dan Twitter punya banyak pilihan akan hal ini!


    4. Atur limit waktu penggunaannya

    Jika kamu memang harus tetap mengecek media sosial, berikan dirimu limit waktu penggunaannya sehingga kamu tidak akan kebablasan saat men-scrolling beberapa informasi. Kamu juga bisa membuat aturan untuk tidak bermain ponsel di beberapa tempat di rumah seperti di atas ranjang dan meja makan. Lakukan juga beberapa aktivitas yang membuatmu berhenti sejenak bermain smartphone seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau membereskan kamar.


    5. Buat sebuah finsta aka akun rahasia

    ICYDK, finsta atau fake Instagram adalah tempat di mana kamu bisa bebas mengunggah apapun tanpa filter di dalamnya. Istilah ini juga kita kenal dengan sebutan second account. Kamu bisa mengunggah semua hal yang kamu suka dan mencari hal yang kamu butuhkan. Kamu juga bebas untuk tidak mem-follow siapapun di akun ini. Think of it as a dumpsite of feelings.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Andrea Piacquadio from Pexels, Tenor.com)