Beauty

Cara Menata Curtain Bangs, Model Poni yang Lagi Tren!

  by: Kissy Aprilia       30/11/2020
    • Model poni curtain bangs menjadi tren di sepanjang tahun 2020.
    • Potongan yang satu ini menyerupai huruf V terbalik, pendek di sisi tengah dan memanjang di sampingnya.
    • Curtain bangs dapat diterapkan untuk berbagai macam penampilan.


    Maaf, tapi apakah Cosmo melewatkan catatan penting bahwa curtain bangs menjadi tren rambut nomor satu di tahun 2020? I mean, setiap Cosmo melihat feed Instagram atau TikTok, potongan poni wispy ini terlihat dimana-mana, mulai dari Ariana Grande sampai teman kecil yang bahkan sudah tidak pernah bertemu lagi sejak SMA. Dan tidak seperti tren lainnya yang muncul saat pandemi (ahem, soap brows), gaya rambut curtain bangs bertahan cukup lama—bahkan hingga akhir tahun ini!

    Ada satu hal yang masih belum Cosmo pahami tentang curtain bangs: seberapa mudah, sih menata rambut dengan gaya poni ini? Karena itu, Cosmo mencari tahu semua hal tentang curtain bangs dari hairstylist profesional, dan berikut jawabannya. 






    Apa itu curtain bangs?

    First, model poni ini membentuk huruf V; tidak seperti poni yang lurus, curtain bangs memiliki sisi yang lebih pendek di bagian tengah dan memanjang di sampingnya. Biasanya, model poni ini terbelah tepat di tengah dan menciptakan efek seperti tirai yang membingkai di wajah dengan sampurna. 

    “Curtain bangs cocok untuk semua orang,” ungkap Josh Liu, hairstylist Ariana Grande. Dan karena model poni ini memiliki tekstur yang lembut dan berbulu, Liu mengatakan bahwa kamu dapat menatanya dengan sangat mudah, bahkan dalam berbagai gaya yang berbeda; blowouts, beach waves, curls, or whatever you like!



    Tidak ada ketentuan khusus untuk model poni curtain bangs, it’s a super customazable look. Hal ini juga diungkapkan oleh Stephen Thevenot, Senior stylist di salon David Mallet di New York, bahwa “apapun gaya rambut yang kamu inginkan, 80’s, French girl, atau punk, selalu ada variasi curtain bangs.” Artinya, kamu tidak perlu lagi ragu untuk segera menjadwalkan appointment dengan hairstylist langganan.


    Apakah Sulit Merawat Curtain Bangs?

    Ini hal baiknya: karena cenderung panjang, curtain bangs suprisingly mudah dirawat—setidaknya dibandingkan dengan model poni lainnya. “Kalau poni lurus harus dijepit, curtain bangs masih cukup panjang jika ingin diikat pony tail, plus… tetap terlihat keren jika kamu mengurainya,” jelas Liu. “Model poni ini juga tidak perlu dipotong setiap dua atau tga minggu, karena sisi layer-nya akan membingkai wajah lebih sempurna.”



    Jadi, Bagaimana Cara Menata Curtain Bangs?

    Easy. Pertama-tama, kamu harus tau hasil tampilan akhir yang diinginkan. Akan tetapi, kamu wajib memiliki sisir bulat dan hairdryer untuk mendapatkan tatanan yang sempurna. Flat irons, curling irons, dan texturizing sprays juga diperlukan untuk menambahkan sentuhan tektur pada poni. Ingin tau caranya lebih jelas? Keep scrolling!




    Cara menata curtain bangs dengan flat iron


    Cara menata curtain bangs dengan hair dryer


    Cara menata curtain bangs dengan curling iron


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Kissy Aprilia / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/ Allthingshairbr, Salsalhair)