Better You

8 Cara Alami Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

by: Kezia Calesta       28/11/2021
  • Apakah tubuh kamu menunjukkan adanya gejala batuk atau tenggorokan gatal? Secara umum, batuk adalah hal yang normal, yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti reaksi alergi, perubahan cuaca, polusi udara, atau kondisi medis tertentu. Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan. Sebelum mencari obat di apotek, sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba beberapa cara alami untuk meredakan batuk dan tenggorokan gatal.

1. Perbanyak konsumsi air putih

First things first, drink more water! Air putih bisa membantu mencairkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tetap terhidrasi. Seperti yang ditunjukan pada penelitian tahun 2008 dalam Rhinology International Journal, minum banyak cairan dapat membantu meredakan batuk, pilek, dan bersin. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan per hari dengan minum air putih setidaknya 7 hingga 8 gelas setiap harinya.

2. Mandi air panas

Mandi dengan air panas dianggap dapat membantu meredakan gejala batuk. Hal ini karena, uap yang terkumpul saat mandi air panas bisa meredakan batuk dengan menambahkan kelembapan ke udara. Saat kamu menghirupnya, ini akan membantu melembapkan tenggorokan, sehingga dapat mengurangi gejala batuk dan sakit tenggorokan ringan.

3. Air garam

Garam bisa menjadi salah satu obat alami untuk meredakan gejala batuk yang dapat dengan mudah kamu temukan di rumah. Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2005 yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine, berkumur air garam dapat membantu mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas. Penelitian lain tahun 2019 dalam Scientific Report, berkumur dan nasal irrigation menggunakan air garam hangat terbukti dapat mengurangi gejala pilek dan batuk. Ini karena, air garam dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan dan bisa membantu mengencerkan dahak yang menggumpal di tenggorokan, sehingga gejala batuk bisa berkurang. Kamu hanya tinggal mencampurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, lalu aduk hingga larut. Kemudian berkumurlah dengan menggunakan larutan ini.

4. Madu

Banyak riset telah membuktikan bahwa madu efektif mengobati batuk. Salah satunya, penelitian tahun 2007 dalam jurnal JAMA Pediatrics, madu dinilai lebih efektif untuk mengobati batuk dibandingkan dengan obat batuk yang mengandung dekstrometorfan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan air hangat atau dengan perasan lemon. Yummy!

5. Lemon

Ya, buah-buahan juga dapat bermanfaat untuk meredakan gejala batuk secara alami, salah satunya adalah lemon. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau bakteri penyebab batuk. Selain bisa mencampurkan air perasan lemon ke dalam teh madu, kamu juga bisa mengonsumsi lemon secara langsung dengan sedikit tambahan garam, untuk membantu meredakan batuk.

6. Teh Madu + Lada Hitam

Bila kamu memiliki batuk berdahak, coba resep ini: Campurkan satu sendok teh lada hitam dan dua sendok makan madu ke dalam segelas air panas. Biarkan selama 15 menit, saring, lalu minum! Lada akan membuat sirkulasi semakin lancar dan madu akan melegakan tenggorokan gatal.

7. Jahe

Selain dapat meredakan mual dan nyeri, jahe juga terbukti dapat meredakan gejala batuk kering, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Satu penelitian tahun 2013 yang dipublikasikan di American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology, beberapa senyawa anti-inflamasi, seperti antihistamin dan dekongestan, dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, sehingga dapat mengurangi batuk. Kamu bisa menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama 20 menit, lalu tambahkan sedikit madu dan lemon. Voila!

8. Makanan tinggi probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, namun probiotik dapat membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal, bakteri yang hidup di usus. Dengan kata lain, probiotik tidak secara langsung meredakan gejala batuk, tetapi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri di usus, yang memungkinkan tubuh melawan infeksi atau alergen penyebab batuk.

Salah satu jenis probiotik, bakteri yang disebut Lactobacillus, terbukti dapat mengurangi gejala batuk dan flu biasa, menurut penelitian tahun 2013 dalam Korean Journal of Family Medicine. Beberapa makanan kaya probiotik, antara lain: Miso soup, natural yoghurt, kimchi, kombucha, dan tempe.

(Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)