Better You

Ternyata Ini 3 Manfaat Mengonsumsi Karbohidrat di Malam Hari!

  by: Giovani Untari       4/11/2021
  • Kamu pasti pernah mendengar soal mengonsumsi karbohidrat di malam hari bisa membuat berat badan naik. Tentu saja hal ini bukan sebuah hal yang baru bagi kita semua, terutama saat ada banyak aturan makan yang menyarankan kita untuk mengonsumsi karbohidrat di siang hari dan lebih memilih menu kaya protein (dibanding karbohidrat) di malam hari.


    Ruchi Sharma, seorang nutrisionis dan konsultan wellness di India mengatakan: "Pada dasarnya semua orang itu unik: apa yang bekerja pada X belum tentu efektif bagi Y. Dan semua orang merespons asupan gizinya dengan cara yang berbeda, bahkan tergantung faktor lingkungannya. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri memang ada begitu banyak mitor terkait konsumsi karbohidrat di malam hari. Banyak dari mereka yang merasa hal tersebut memicu kenaikan berat badan karena mengonsumi karbohidrat di malam hari akan mengubah kalori menjadi lemak. Tetapi sebenarnya tubuh manusia serta sistem metabolisme tidak bekerja seperti itu," tutur Ruchi.






    Ruchi juga mengungkap sejumlah alasan mengapa mengonsumi karbohidrat di malam hari ternyata tidak seburuk yang dibayangkan selama ini. Berikut sejumlah manfaatnya:


    1. Membuat rutinitas diet jadi lebih menyenangkan

    Kebanyakan pilihan makanan kita mengandung karbohidrat, terlebih karbohidrat merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. "Apabila Anda menghentikan mengonsumsi nasi, roti, atau segala hal yang mengandung karbohidrat saat diet, ada kemungkinan penurunan berat badan Anda tidak akan bertahan lama. Anda juga akan lebih cepat bosan. Itu karena kita tumbuh besar dengan mengonsumsi karbohidrat. Dengan menghilangkan karbohidrat dari menu makanan akan membuat tubuh sedikit kebingungan. Dan sebenarnya beberapa sumber karbohidrat juga terasa enak," ujar Ruchi.


    Sang nutrisionis lebih menyarankan saat diet kita lebih mengatur jumlah karbohidrat yang dikonsumsi, ketimbang tidak mengonsumsinya sama sekali. Hitung asupan kalori harian yang didapatkan dari karbohidrat. Cara ini akan membuat kamu lebih mudah saat menjalani diet.


    2. Kualitas tidur lebih baik 

    Segala hal yang kamu konsumsi jelas berpengaruh pada tubuh. Mengonsumsi karbohidrat di malam hari sebenarnya ikut membantu siklus tidur dan bangun tubuh secara lebih baik karena membuat tubuh menghasilkan serotonin.


    "Proses ini menggunakan "tryptophan", sebuah asam amino penting dan karbohdirat berperan penting untuk menjaga siklus tidur kita semua. Mengonsumsi sumber tryptophan dengan karbohidrat di malam hari akan membantu mensintensis serotonin dengan membantu tryptophan menuju ke otak di mana tryptophan diubah menjadi serotonin. Serotonin juga mengubahnya menjadi melatonin dan hormon inilah yang menstimulasi siklus tidur-bangun seseorang," terang Ruchi.




    3. Membantu mengurangi stres

    Karbohidrat juga bisa membantu membatasi rasa stres dengan cara mengurangi keinginan untuk makan dan memperbaiki tidur menjadi lebih baik. Selain itu, karbohidrat juga dapat membantu menjaga kesehatan tiroid.



    "Sebaiknya Anda tidak mengurangi sumber makanan secara ekstrim saat diet. Itu artinya Anda tetap bisa makan kok karbohidrat di malam hari apabila menginginkannya. Cara ini akan membantu menjaga pola nutrisi dan membuat Anda tidak cepat menyerah saat menjalani diet. Ingat, tujuan Anda tidak hanya sekadar mengurangi lemak tetapi juga menjaga tubuh tetap sehat!," saran Ruchi.


    Jangan lupa babes untuk selalu berkonsultasi dahulu kepada dokter atau ahli gizi sebelum menjalani diet, supaya kamu mendapat hasil yang maksimal dengan cara yang sehat. 




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Divani (Diva) on Unsplash, mahdi chaghari on Unsplash, Becca Tapert on Unsplash).