Fashion

Sopan & Modis! Ini Tips Cara Berpakaian Ketika Menghadiri Pemakaman

  by: Astriana Gemiati       5/11/2021
  • Bertanya pada diri sendiri apa yang akan dikenakan untuk acara ke pemakaman adalah dilema pakaian yang tidak pernah kamu inginkan, kan? Jadi, ketika kamu benar-benar menemukan diri dalam posisi yang tepat itu, ini bisa terasa agak berlebihan. Mempersiapkan untuk menghadiri pemakaman adalah pengalaman emosional baik itu untuk orang yang dicintai, anggota keluarga dekat, teman, mentor atau rekan kerja yang telah meninggal; menemukan gaun pemakaman selalu merupakan hal terjauh dari pikiran kamu. Panduan ini dirancang untuk membuatnya sesederhana dan bebas stres sebisa mungkin.


    Kamu juga mungkin tidak punya waktu untuk membeli sesuatu yang baru untuk hari itu, terutama jika pemakamannya tidak terduga, dan berkeliaran di sekitar toko bukanlah tempat yang kamu inginkan saat berduka. Jadi, alih-alih, lemari pakaian kamu adalah tempat yang baik untuk memulai. Saat memilah-milah gantungan, carilah pakaian yang sopan sambil memastikan kamu juga tetap merasa nyaman.




    Pakaian apa yang pantas untuk dikenakan ke pemakaman?

    Sebagian besar pemakaman memiliki aturan berpakaian serba hitam, dengan banyak pelayat pilihlah pakaian yang pantas, nyaman, dan respectful.



    Pemakaman juga bukan tempat untuk menampilkan LBD (little black dress) kamu yang mini atau atasan tipis, jadi hemline harus tetap berada di sekitar atau di bawah lutut dan hindari spaghetti straps. Sebagai gantinya, pilih gaun tanpa lengan, sebahu atau lengan panjang, atau pasangkan turtle neck atau shirt dengan celana panjang flare warna hitam.






    Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

    Coba bawa semacam jaket atau mantel dan kamu dapat menggunakan saku untuk menyimpan tisu tanpa harus merogoh tas.


    Pastikan untuk memakai sepasang sepatu yang rapi namun tetap nyaman, untuk menghindari permukaan jalan bergelombang atau tidak rata. Ini bukan berarti kamu harus menggunakan sepasang sepatu brand favorit kamu atau sandal bertali yang lucu. Saran Cosmo: coba kenakan round or pointed toe heels datar, atau flat shoes yang simpel dan gaya, namun juga nyaman. Dan. jika kamu tahu ada kemungkinkan berjalan di atas rumput, ada baiknya tinggalkan sepatu stiletto di rumah.



    Jika ini adalah pemakaman yang sangat tradisional, coba gunakan kerudung, topi, atau headbands bisa menjadi sentuhan yang bagus, pastikan untuk menjaga proporsinya dalam skala yang lebih kecil, tidak ada yang menginginkan topi besar di depan mereka saat kebaktian.


    Hal-hal yang harus dihindari

    Meskipun kamu umumnya harus menghindari warna-warna cerah dan motif print, hal lain yang harus dihindari termasuk pakaian yang sangat terbuka atau terlalu kasual, adalah jeans robek, sheer tops, atau potongan dengan detail potongan yang tidak pantas.


    Gunakan aksesori yang simpel dan sederhana. Tote bag favorit kamu sementara dapat tinggal di rumah kali ini, coba pilih clutch atau tas tangan yang lebih kecil.


    Hal yang sama berlaku untuk perhiasan —tetap klasik dan sederhana. Gunakan kalung rantai sederhana atau sepasang anting hoops klasik dengan pilihan warna silver atau gold.


    Salah satu aksesori yang sering digunakan di pemakaman adalah kacamata hitam. Ini bisa jadi solusi untuk menutupi kesedihan atau mata sembap kamu sehabis menangis.


    Apakah kamu harus selalu mengenakan pakaian berwarna hitam di pemakaman?

    Sudah menjadi kebiasaan untuk mengenakan pakaian warna hitam ke pemakaman, ini merupakan pilihan yang aman untuk digunakan. Namun, jika kamu biasanya berpenampilan penuh warna dan tidak ingin tampil serba hitam, pastikan untuk berpakaian dengan warna yang lebih gelap (seperti cokelat tua, biru tua, atau hijau tua) dan hindari sesuatu yang 'terlalu berlebihan'. untuk menghindari menyinggung pelayat lainnya.


    Pada kesempatan langka, beberapa keluarga mungkin meminta kamu untuk mengenakan warna untuk merayakan kehidupan almarhum, yang dapat membuat hari yang tidak wajar dan aturan berpakaian jadi sedikit lebih fleksibel.




    Black funeral dresses

    Jika kamu masih kesulitan dengan apa yang harus dikenakan, Cosmo telah mengumpulkan beberapa gaun hitam klasik untuk pembelian di menit-menit terakhir:

     


    Chiffon Maxi Dress, H&M



    Gaun leher tinggi, Bershka


    Black Leriva, Cotton Ink



    Calf-length Dress, H&M


    Ulma Loose Dress Black, Berrybenka



    Draped Velvet Dress, Zara








    (Artikel ini disadur www.cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Pinterest, Dok. Zara, Dok. H&M, Dok. Bershka, Dok. Berrybenka, Dok. Cotton Ink )