Beauty

Tips Blow Dry Untuk Tipe Rambut Lurus, Ikal, Hingga Keriting!

  by: Astriana Gemiati       16/11/2021
  • Jika kamu kesulitan dalam mengeringkan rambut, bahkan sudah menggunakan hair dryer seringan mungkin, dan kenyataannya tampilan rambut tidak sesuai ekspektasi dan malah mendapatkan rambut rontok sepanjang tahun, ya, artinya kamu harus belajar cara mengeringkan rambut di rumah. Dan, di sinilah Cosmo akan memandu kamu.


    Dengan beberapa trik yang akan membantu kamu merampingkan prosesnya, bersama dengan beberapa tutorial video yang berguna untuk menunjukkan cara menyulap semua alat, Cosmo akan berikan tips cara mengeringkan rambut kamu seperti pro dalam waktu singkat. Teruslah membaca dan ikuti pandauan langkah demi langkah bagaimana cara mengeringkan untuk rambut lurus, ikal, keriting, dan kribo!




    Cara blow dry untuk rambut lurus

    Dikarenakan tipikal rambut lurus sudah cukup lurus saat mengering, kamu mungkin ingin menggunakan blow dry untuk menambahkan efek bervolume di seluruh rambut atau di sepanjang akan kamu. Berikut caranya:



    • Step 1: Semprotkan heat protectant ke seluruh rambut (jika kamu memiliki rambut halus, lewati akarnya), lalu tunggu sampai rambut kamu kering 50 hingga 80 persen sebelum mengeluarkan hair dryer. Kemudian pastikan untuk bekerja dalam beberapa bagian saat kamu mengeringkan, mulai dari bawah dan lepaskan bagian dari atas saat kamu melakukannya.
    • Step 2: Pegang sisir sikat bundar secara vertikal dan gulung menjauh dari wajah kamu. Saat kamu menggulung sikat ke ujung rambut, gulung kembali sikat ke atas dan ulangi sampai bagian tersebut kering. Rambut tidak tahan ikal? Setelah bagian kering, gulung kembali di sekitar sikat dan biarkan hingga dingin (seperti roller panas darurat).
    • Step 3: Setelah bagian benar-benar kering, putar rambut dengan sisir saat kamu menariknya keluar, daripada membuka bungkus rambut dari sisir. Ini akan memberikan rambut ikal kecil yang bagus untuk kesan tampilan bouncy blowout.
    • Step 4: Untuk membuat kesan volume dan mengangkat di ubun-ubun kepala kamu, pegang sisir secara horizontal dan angkat lurus ke atas saat kamu mengeringkan bagian tersebut ke belakang. Gunakan jari kamu untuk menyelesaikannya.



    Cara blow dry untuk rambut ikal

    Jika kamu menyukai tekstur ikal dan ingin mempertegas, serta menghaluskannya dengan pengering rambut, cobalah teknik super sederhana ini:


    • Step 1: Peras dan kerutkan rambut basah kamu dengan handuk microfiber (untuk mengurangi rambut kusut), lalu aplikasikan heat protectant pada rambut ikal kamu. Biarkan rambut mengering hingga 80 persen sebelum mengambil pengering rambut kamu.
    • Step 2: Di sinilah hair dryer curler bisa menjadi BFF baru kamu. Bekerja dengan bagian rambut tiga inci pada satu waktu dan mulai dari akar, sikat, bungkus, dan lakukan semua itu dalam kondisi rambut kamu yang sedikit lembap.
    • Step 3: Setelah bagian tersebut kering dan kamu telah melepaskannya dari hair dryer curler, putar bagian yang hangat di sekitar jari kamu untuk mendorong ikal dan biarkan dingin dalam bentuk itu sebelum menyapunya.
    • Step 4: Setelah kamu sudah menatanya di setiap bagian, ratakan, kemudian aplikasikan hair oil pada rambut kamu untuk mengacak-acak ombak dan menghaluskan semua rambut yang sulit diatur serta kusut.



    Cara blow dry untuk rambut keriting

    Air-drying curls membutuhkan banyak waktu yang terkadang tidak kamu miliki. Jika kamu ingin membantu mempercepat proses tanpa merusak pola ikal kamu, coba gunakan pengering rambut untuk menyebarkan ikal agar tampak lebih bervolume dan berdefinisi. Menemukan rutinitas dan produk difusi terbaik untuk rambut keriting memang membutuhkan beberapa percobaan dan kesalahan, tetapi jika kamu memerlukan sedikit panduan, tonton video ini:


    • Step 1: Menggunakan jari-jari kamu, aplikasikan styling cream atau milk melalui rambut ikal dalam kondisi basah kuyup.
    • Step 2: Balikkan rambut dan kerutkan dengan T-shirt atau handuk rambut mikrofiber untuk menghilangkan kelebihan air, lalu ratakan dengan gel cream dan gosok perlahan untuk meratakan.
    • Step 3: Saat rambut kamu masih terbalik, mulailah mengeringkannya melalui diffuser, dan dengan lembut menutup bagian ikal kamu di mangkuk yang menyebar, tahan selama 10-15 detik, lalu ulangi di bagian lain.
    • Step 4: Saat rambut kamu mengering, balik perlahan dari satu sisi ke sisi lain tanpa menyentuhnya atau memisahkannya. Aplikasikan styling gel dengan daya rekat yang lebih kuat untuk mengangkat dan mempertegas ikal jika kamu membutuhkannya saat rambut masih lembap.
    • Step 5: Setelah rambut kamu 95 persen kering, lepaskan lampiran diffuser dan gunakan pengering rambut biasa pada pengaturan kecepatan rendah untuk mengeringkannya hanya pada akar serta menambahkan sedikit volume.





    Cara blow dry untuk rambut kribo secara alami

    Saat mengeringkan rambut kribo, kamu bisa menggunakan diffuser (seperti yang di atas) atau hood attachment untuk mengeringkan rambut kamu. Atau, untuk meregangkan gulungan rambut kamu, coba pengering rambut dengan lampiran sisir yang dikombinasikan dengan metode tegangan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:


    • Step 1: Aplikasikan leave-in conditioner dan heat-protectant spray ke rambut, lalu putar dua helai ke seluruh kepala kamu, dan buat bagian empat inci.
    • Step 2: Setelah kamu selesai memutar, buka satu bagian dan jepit sisa lilitan ke atas. Dengan menggunakan metode ketegangan dan pengering rambut, pegang ujung helai rambut kamu dengan satu tangan serta perlahan keringkan bagian tersebut dari akar hingga ujungnya.
    • Step 3: Untuk mempercepat prosesnya, kamu juga dapat menambahkan alat tambahan sisir ke ujung pengering rambut dan menyisir untaian saat kamu mengeringkannya, mulai dari ujung dan terus ke atas untuk mengurangi kusut dan simpul.
    • Step 4: Setelah kamu menyelesaikan satu bagian, putar dua untai lagi dan lanjutkan proses dengan bagian berikutnya sampai semua rambut kamu diregangkan serta dikeringkan.
    • Step 5: Lepaskan setiap bagian dan gunakan telapak tangan kamu untuk menghaluskan hair oil ke seluruh rambut kamu.




    ( Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected] / Dok. YouTube )