Celebrity

Exclusive Interview: B.I Comeback dengan Album & Single Baru Cosmos

  by: Alvin Yoga       19/11/2021
  • B.I lagi-lagi memanfaatkan waktunya sebaik mungkin, seperti biasanya. Ia memulai debutnya sebagai seorang penyanyi solo di tahun yang penuh tantangan ini; di sela-sela kesibukannya untuk belajar bersama para penggemarnya (secara online, tentu saja), membuat video mokbang, dan juga rebahan sambil membaca komik dan menonton film. Dan itu belum semuanya. Baru-baru ini, pelantun "Illa illa" tersebut merilis album baru, "COSMOS", yang mana, saya yakin, kamu akan menyukainya. Bagaimanapun, pria yang terlahir dengan nama Kim Hanbin ini merupakan seorang seniman yang luar biasa, dan ya, ia tak akan berhenti berkarya. Simak wawancara eksklusif Cosmo dengan sosoknya berikut ini!


    Untuk artikel dalam bahasa Inggris dan foto-foto eksklusif, klik link berikut.



    NOTES: For exclusive photos and translated article in English, please click this link.



    Cosmo: Hi, B.I! How has 2021 been treating you so far?

    B.I: Hello, Cosmo! Ada hal-hal baik dan buruk, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi sejauh ini semua berjalan dengan baik! Karier musik saya yang baru dimulai pada 2021, jadi tahun ini memiliki makna yang luar biasa pada saya.


    Apa yang Anda rindukan selama comeback pertama ini, mengingat kita masih berada dalam situasi pandemi?

    Yang paling saya rindukan adalah tampil secara langsung di hadapan para penggemar. Saya merindukan energi dan semangat di atas panggung. Akan sangat menyenangkan apabila saya bisa tampil di hadapan fans saya lagi.


    Bisakah Anda jelaskan lebih banyak mengenai konsep dibalik album terbaru Anda, "COSMOS"?

    Album ini, "COSMOS", adalah tentang pertentangan dan cinta, perasaan yang hanya Anda rasakan ketika masih muda. Di samping itu, saya juga berusaha untuk menampilkan berbagai aspek mengenai masa muda yang berbeda dalam MV dan musik saya.


    Pesan apa yang ingin Anda sampaikan pada para penggemar lewat album ini?

    Pesan yang ingin saya sampaikan adalah jika kamu masih muda, maka nikmatilah momen tersebut, namun jika kamu tak lagi muda, maka jangan lupakan perasaan yang pernah kamu miliki ketika kamu muda dulu.


    Lalu, bagaimana dengan single terbaru, "COSMOS"?

    Lagu utama saya, "COSMOS", adalah mengenai cinta abadi. Saya ingin para pendengar mendapatkan pesannya sesimpel mungkin. Satu cerita lucu dibalik lagu ini: Ketika saya merekam bagian chorus, saya mengajak teman-teman saya ke studio dan merekam lagu tersebut bersama mereka. Hal ini cukup menyenangkan tapi juga sedikit rumit karena mereka tak dapat mengikuti arahan saya seratus persen.


    Saya rasa saya bisa membayangkannya. Lantas, adakah bagian tertentu dari lagu tersebut yang ingin Anda tekankan secara spesifik?

    Bagian ini: “Don’t fall like the petals on flower.” Secara personal, saya ingin menekankan bagian tersebut.


    Selain lagu utama, adakah lagu lain dalam album tersebut yang menjadi favorit Anda?

    Jika saya bisa memilih satu lagu dalam album ini selain single utamanya... Saya akan memilih "NINETEEN". Bukan karena ini merupakan lagu favorit saya—seluruh lagu dalam album ini merupakan favorit saya—tapi karena lagu ini menyampaikan pesan yang ingin saya berikan lewat album ini dengan sangat baik.


    Cosmo melihat Anda sebagai seorang seniman yang menulis lirik secara jujur dan acuh tak acuh, dan kejujuran dalam lirik Anda adalah sesuatu yang dipuja banyak orang. Bagaimana Anda menemukan ide dalam menulis lirik tersebut?

    Saya mendapatkan inspirasi dari segala hal, namun kebanyakan datang dari film-film yang saya tonton, dari orang-orang di sekitar saya, dan dari percakapan yang saya lakukan. Ini adalah hal-hal yang paling menginspirasi saya. 


    Anda tadinya banyak menulis lagu yang bercerita mengenai cinta, namun belakangan ini lagu-lagu Anda lebih banyak bercerita mengenai self-acceptance. Apakah hal ini menunjukkan bahwa Kim Hanbin telah tumbuh menjadi pribadi yang berbeda?

    Hmm, saya rasa ini karena apa yang saya khawatirkan dan apa yang ada dalam pikiran saya belakangan ini berbeda dari masa lampau. Saya tidak benar-benar berpikir bahwa saya telah tumbuh menjadi seseorang yang berbeda, namun saya mulai merasakan dan memikirkan lebih banyak hal.


    Kami penasaran, adakah sosok artis yang ingin Anda buatkan lagu?

    Saya memiliki begitu banyak artis yang ingin saya ajak bekerja sama, dan saya sudah banyak menyebutkan nama mereka. Namun untuk saat ini, saya rasa LEE MOON SAE. Ia adalah salah satu penyanyi terbaik di Korea dan saya sangat menghormatinya.


    Sebagai seorang solois, gaya musik apa yang menurut Anda paling menggambarkan diri Anda?

    Saya belum ingin mendefiniskan diri saya sebagai artis solo. Saya ingin menunjukkan sebanyak mungkin warna yang saya miliki, dan saya mungkin akan memilih gaya tertentu di masa depan.


    Apa tantangan terbesar dalam melakukan promosi sebagai seorang solois?

    Ini mungkin terlihat sangat jelas, namun tantangan terbesarnya adalah saya harus melakukan segalanya seorang diri. Tentu saja adalah tim saya yang selalu mendampingi dan kami bekerja bersama sepanjang waktu, namun dalam aspek menciptakan musik, saya harus bernyanyi dan rap dan menari sendirian.


    Anda sempat berkolaborasi bersama seorang penyanyi asal Indonesia, Afgan, dalam lagu Anda "Lost at Sea". Bisakah Anda menjelaskan kisah di balik kolaborasi ini?

    Ini karena saya tertarik untuk berkolaborasi bersama artis-artis internasional dan saya pribadi adalah penggemar beratnya. Ia memiliki suara yang begitu menakjubkan. Saya sangat menikmati bekerja bersamanya.




    Sebagai seorang musisi, Anda ingin diingat sebagai sosok yang bagaimana?

    Saya ingin diingat sebagai seorang artis yang mengembalikan rasa cinta yang saya dapatkan dari para penggemar.


    Mari bicara lebih banyak mengenai diri Anda secara pribadi. Menurut opini Anda, apa perbedaan antara sosok B.I dan Kim Hanbin?

    B.I dan Kim Hanbin sebenarya mirip, namun juga sedikit berbeda. B.I berusaha untuk terlihat keren, lebih dari Kim Hanbin. Sebagai Kim Hanbin, saya lebih introver. Saya senang berada sendirian di rumah, membaca buku-buku komik dan menonton film. Namun sebagai B.I, saya menulis lagu dan bernyanyi dan rap dan menari. Jadi yeah, mereka bisa sangat berbeda.


    Kalau Anda tidak menjadi seorang musisi, kira-kira apa yang akan Anda lakukan?

    Saya tak pernah berpikir untuk tidak menjadi seorang musisi, namun saya pikir saya akan benar-benar hebat dalam melakukan sesuatu atau justru tidak melakukan apa-apa.


    Anda dikenal sebagai pria yang penuh dengan karisma, baik di atas panggung maupun di balik layar. Adakah sisi lain dari diri Anda yang Anda harap disadari orang lain juga?

    Saya tidak yakin jika saya adalah seorang pria yang berkarisma. Saya masih sangat malu untuk menunjukkan sisi seksi, atau sisi romantis, atau sisi imut saya. Rasanya masih sangat canggung untuk melakukannya.


    Anda juga berperan sebagai direktur eksekutif IOK, apakah berat untuk menjadi musisi sekaligus seorang director di waktu yang sama?

    Tentu sulit untuk melakukan keduanya sekaligus, baik sebagai musisi dan director. Namun ada orang-orang di sekeliling saya, dan juga rekan kerja saya yang mendukung saya apapun yang terjadi. Mereka lah alasan mengapa saya bisa melakukan kedua peran tersebut. Tanpa mereka, kalau boleh jujur, saya rasa hal ini akan mustahil untuk dilakukan.


    Sebagai seorang pribadi, pernahkah Anda meragukan diri sendiri dalam satu fase kehidupan Anda?

    Tentu saja ada saat-saat di mana saya meragukan diri saya sendiri. Tapi selalu ada orang-orang baik di sekitar saya: teman-teman saya, keluarga saya, dan ID yang telah mendukung saya sejauh ini. Jadi kapan pun saya menghadapi momen sulit, saya mengingatkan diri sendiri bahwa saya memiliki mereka dalam hidup saya. Dan saya harap mereka juga merasakan hal yang sama.


    Kalau Anda bisa memiliki spirit animal, seperti apakah sosoknya?

    Saya suka semua jenis binatang, tapi saya rasa saya akan memilih anjing sebagai spirit animal saya. Saya suka anjing. Anjing itu lucu dan cantik dan polos dan tidak berbahaya, mereka adalah makhluk yang luar biasa.


    Ketika Anda tidak sibuk dengan jadwal Anda, apa yang Anda lakukan di waktu luang?

    Saya biasanya menonton film atau membaca buku komik atau hanya berbaring tanpa melakukan apa-apa ketika saya memiliki waktu luang.


    Baru-baru ini Anda melakukan aktivitas "Study with Me". Apa yang membuat Anda memutuskan untuk belajar bersama para penggemar, dan bagaimana rasanya ketika Anda melakukan sesuatu di luar bermusik?

    Saya melakukannya karena ada banyak sekali penggemar yang masih pelajar atau sedang belajar, jadi saya ingin berbagi sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan mereka. Rasanya menyenangkan karena saya hanya melakukannya dalam waktu yang singkat, namun jika saya harus belajar dalam kurun waktu yang sama seperti para penggemar saya, saya rasa itu tidak akan menyenangkan lagi. Jika ada kesempatan lainnya, saya ingin melakukannya lagi.


    TMI time! Satu hal mengenai rutinitas pagi Anda yang belum diketahui orang lain?

    Saya bukan seorang morning person, dan saya rasa para penggemar saya mengetahuinya.


    Satu hal yang ingin Anda lakukan begitu pandemi ini berakhir?

    Saya ingin pergi ke berbagai negara dan melihat penggemar saya secara langsung.


    Kalau Anda bisa mengunjungi Indonesia, adakah makanan tertentu yang ingin Anda coba?

    Saya pribadi suka sekali dengan mi goreng dan nasi goreng. Ketika saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi Indonesia, saya pasti akan menikmatinya setiap hari.


    Terakhir, adakah pesan untuk ID dan Cosmo babes di Indonesia?

    Hello ID dan Cosmo babes, ini B.I. Terima kasih telah membaca wawancara ini. Saya selalu menghargai cinta dan dukungan kalian. Saya harap saya bisa melihat kalian sesegera mungkin. Sampai waktu tersebut tiba, tetaplah semangat! Saya sangat merindukan kalian semua!


    (Alvin Yoga / Image: Dok. 131 Label / Production coordinated by: MAXPERIENCE / MPE)