Love & Sex

Menurut Ahli, Ini 11 Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta!

  by: Giovani Untari       21/11/2021
  • Okay, jatuh cinta tidak seperti ilmu sains yang bersifat pasti- er, maksud Cosmo ya memang jatuh cinta juga memiliki sisi sains di mana saat kamu sedang bahagia karena cinta maka kadar hormon oksitosin dalam tubuh tentu akan meningkat. Tetapi jatuh cinta tentu saja adalah sesuatu yang bisa begitu berbeda dari satu orang ke orang lainnya.


    "Bahasa tubuh atau body language tidak secara umum menjadi tolak ukur terbaik untuk mengetahui apakah seseorang sedang jatuh cinta," ujar Louis Laves-Webb, seorang psikoterapis asal Austin. Dan karena itu pula, bukan berarti saat seseorang memegang bahu atau menepuk-nepuk kepala Anda itu karena mereka juga mencintai Anda. 




    Jadi sebenarnya tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar jatuh cinta pada kamu. Maaf jika pernyataan ini terdengar cliché, tetapi kebanyakan kita akan mengetahuinya secara alami atau ketika mengatakan yang sejujurnya pada orang yang kamu sukai.



    Tapi, kalau kamu membutuhkan sejumlah tanda untuk mengetahui apakah kamu benar-benar sedang jatuh cinta tanpa terlihat canggung di hadapan si dia (yang mungkin saja membuat kamu sekarang merasa terjebak dalam situationship), ini dia sejumlah tanda bahwa kamu sedang jatuh cinta:



    EFEK FISIK


    1. Menurut studi, jatuh cinta bisa mengurangi rasa sakit fisik sebanyak 40%. Ini merupakan bukti bahwa berada di sekitar orang yang kamu cintai selama menjalani prosedur medis mampu membuat rasa sakit mudah teratasi dan membantu kondisi fisik penderitanya," ujar Adina Mahalli, seorang relationship expert bersertifikat dari Maple Holistics.


    2. "Meniru perilaku dan kerap menganggukan kepala dianggap sebagai sebuah bentuk ketertarikan dan tanda menyukai seseorang di budaya Barat," tukas R. Matthew Montoya, seorang associate professor or psychology, sosok yang juga memimpin riset di University of Dayton tentang daftar perilaku non-verbal yang ditunjukkan saat sedang menyukai seseorang.


    3. "Apabila rasa stresmu meningkat, ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kamu sedang jatuh cinta. Hal tersebut terjadi karena otak memompa hormon stres yang bernama kortisol," terang Ross Grossman, pemilik Affinity Therapy Service. "Jika setiap pesan atau hal sederhana lainnya bisa membuatmu 'menggila', kamu berarti sedang jatuh cinta."


    4. "Saat tidak ada seseorang yang harus kamu perhatikan maka tentu saja, kamu tidak akan selalu melihat ponselmu saat sedang bekerja. Apabila kamu melakukannya, ini menjadi pertanda bahwa kamu sedang tertarik atau bahkan sudah jatuh cinta pada seseorang," ujar relationship expert bernama Michelle Fraley, sekaligus pemilik dari Spark Matchmaking.


    5. "Apabila kamu bisa menahan untuk bertatapan dengan seseorang paling tidak selama empat detik, kontak mata tersebut dapat menjadi alat berkomunikasi dari seseorang untuk menyampaikan rasa cintanya," tambah Fraley.


    6. "Saat kamu jatuh cinta, kamu juga bisa berkeringat, merasa sakit, bahkan mual karena adanya peningkatan kortisol dalam tubuh," tukas Audrey Hope, seorang relationship expert di Season's Malibu.





    EFEK MENTAL


    7. "Sebelum seseorang menemukan The One-nya, mereka akan terus mencari. Bahkan saat mereka berkencan, seseorang yang belum terlalu mencintai pasangannya juga bisa saja akan terus mencari sosok lain yang tepat untuknya. Namun saat jatuh cinta, kamu akan berhenti mencari orang lain. Pasanganmu akan menjadi satu-satunya yang mencuri perhatian kamu," ujar Mahalli.


    8. "Indikator terbaik untuk mengetahui apakah kamu jatuh cinta dengan seseorang adalah saat kamu bersedia membagi rasa sedihmu dengannya. Dengan membiarkan seseorang secara fisik dekat denganmu, adalah salah satu tanda kamu mencintai mereka. Dan membiarkan seseorang mengetahui sisi emosionalmu adalah pertanda dari rasa cinta itu sendiri," tukas Laves-Webb.


    9. "Saat jatuh cinta dengan seseorang, sains menunjukkan bahwa kita akan meletakkan mereka di atas diri kita sendiri. Mereka akan menjadi prioritas kita," ujar Emily Lyons, CEO dari Lyons Elite Matchmaking.


    10. "Saat kamu mengkhawatirkan keamanan atau berusaha agar mereka selalu berada dalam keadaan aman dan nyaman, itulah cinta," terang Grossman.


    11. "Apabila kamu rela memilih terkena cipratan kotoran di bagian dress-mu dibanding pasanganmu yang kena, ya.. itulah cinta," tambah Grossman lagi.



    So yeah, sebenarnya ada beberapa sinyal dari bahasa tubuh yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui apakah kamu sedang jatuh cinta. Tapi mari kita jujur, di tahun 2021 ini: tanda seperti kamu memasukkan foto bersama si dia meski tidak sesuai dengan tone warna Instagram aesthetic kamu, now that's love.




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Toa Heftiba on Unsplash, Priscilla Du Preez on Unsplash).