Lifestyle

Edward Hutabarat Living, Pameran Budaya Peradaban Indonesia

  by: Redaksi       22/11/2021
  • Setelah dikenal sebagai desainer dengan karya-karyanya yang mengimplementasikan budaya dan peradaban Indonesia, Edward Hutabarat kini hadir dengan Edward Hutabarat Living. Sebuah platform kurasi dan rebranding produk-produk unggulan UMKM dari seluruh Indonesia. Sebuah bukti perjalanan Edward Hutabarat yang telah mengelilingi Indonesia selama 20 tahun lebih untuk mencampurkan segala unsur budaya menjadi sebuah karya.

    “Produk UMKM adalah benda Peradaban. Mengapa? Karena sebagian besar dari barang-barang tersebut, direncanakan, didesain, dibuat, di-finishing, disimpan untuk melengkapi sebuah seremoni atau memperkhidmat upacara religi hingga perayaan perjalanan fase kehidupan. Setiap produk diciptakan dengan istimewa, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan baik terhadap adat, agama, atau leluhur, dengan pemikiran bahwa benda tersebut dapat menjadi medium konektor dalam setiap prosesi seremoni,” jelas Edward Hutabarat sendiri.

    Edward Hutabarat Living ini juga merupakan bentuk kolaborasi Edward bersama para seniman dan pelaku UMKM. Edward memiliki pandangan yang luas untuk UMKM ini sendiri bukan hanya berperan dalam berkontribusi membangun pertumbuhan ekonomi, tapi juga sebagai gambaran nyata atas pertumbuhan nilai kebudayaan dan peradaban Indonesia.




    “Ada empat poin agar UMKM go global, yaitu identitas, kreativitas, kualitas dan simplisitas. Bagaimana mengkombinasikan empat ini adalah dengan melakukan perjalanan yang benar-benar menggali identity, creativity, quality, dan simplicity sehingga menyatu. Let the product talks," tutur Edward. 


    Dengan bertemakan “UMKM Go Global”, Edward Hutabarat Living bekerja sama dengan dia.lo.gue membuat sebuah display pada ruang seni umum. Display tersebut memamerkan karya-karya kolaborasi antara Edward Hutabarat dan berbagai pelaku UMKM di penjuru Indonesia. Seperti Batik Megamendung untuk selimut, vintage tapestry, patchwork lurik Klaten yang dibuat menjadi kimono, tas anyaman untuk ke pantai, kipas dengan aplikasi perak perak, hingga keranjang Lombok untuk tanaman hias.




    Edward Hutabarat Living ini diharapkan bisa menjadi ruang berbagi dan platform inspirasi yang bisa membawa masyarakat umum agar dapat menikmati keindahan nilai peradaban bangsa Indonesia. 

    (Tri Yuliati/ VA/ Image: Dok. Edward Hutabarat Living)